Para fans dari seri Naruto tentunya sudah tidak asing dengan berbagai teknik dahsyat yang ada di serinya mulai dari Rasengan, Chidori, Kagebunshin dan sebagainya. Berbagai teknik tersebut sering kali digunakan oleh para shinobi untuk membantu mereka mengalahkan musuh. Namun, terdapat salah satu teknik hebat lainnya yang juga sering muncul dalam cerita yaitu Kuchiyose n Jutsu.

Kuchiyose no Jutsu atau jutsu pemanggil merupakan sebuah teknik tingkat tinggi, di mana seorang shinobi mampu memanggil makhluk – yang biasanya berupa hewan – untuk keperluan mereka. Sebelum shinobi mampu menggunakan tekniknya, mereka harus membuat kontrak dengan hewan tersebut. Para hewan ini bisa digunakan untuk membantu mereka bertarung, menyembuhkan luka, atau mengumpulkan informasi. Berikut adalah hewan terkuat dari teknik Kuchiyose.

Manda

Manda merupakan hewan penguasa gua Ruchi, salah satu lokasi bertapa yang ada di serinya. Manda adalah ular raksasa yang menjadi hewan “rekan” dari Orochimaru. Manda sendiri sebelumnya juga pernah dibangkitkan untuk ikut bertarung dalam perang besar shinobi kedua, bersama Gamabunta dan Katsuyu.

Bila dibandingkan dengan Gamabunta dan Katsuyu, memang Manda harus diakui jauh lebih kuat. Gamabunta dan Katsuyu pernah bertarung bersama untuk mengalahkan Manda saat Jiraiya dan Tsunade bertarung melawan Orochimaru. Meskipun secara jumlah Manda kalah, namun pada kenyataanya Manda hampir berhasil mengalahkan kedua makhluk tersebut.

Gamabunta

Diantara semua katak yang ada di gunung Myoboku, Gamabunta adalah yang paling kuat. Dia merupakan pemimpin dari para katak di gunung tersebut. Gamabunta diketahui sudah sangat familiar dengan dunia shinobi karena dia sudah melayani tiga ninja terhebat yaitu Jiraiya, Minato, dan juga Naruto. Gamabunta merupakan salah satu dari tiga katak terkuat di gunung Myoboku selain Gamaken dan Gamahiro.

Gamabunta diketahui memiliki kemampuan yang sangat hebat, terutama dalam kemampuan bertarung dan kelincahan. Selain kemampuan bertarung, yang membuat Gamabunta menjadi salah satu hewa Kuchiyose terkuat adalah bagaimana dia bisa menggunakan Ninjutsu serta Senjutsu. Gamabunta juga mampu menembakan air atau minyak dari dalam tubuhnya yang membuat dia menjadi serbaguna.

Shima dan Fukasaku

Selain Gamabunta, katak lainnya yang menjadi hewa Kuchiyose terkuat adalah Shima dan Fukasaku. Pasangan hewan ini juga berasal dari gunung Myoboku. Diketahui keduanya sangat jarang keluar dari gunung Myoboku, dan mereka hanya keluar ketika ada misi atau tuan mereka memanggil. Yang menarik, Fukasaku dan Shima hanya melayani satu orang saja.

Sosok yang menjadi tuan bagi Fukasaku dan Shima hanyalah Jiraiya. Karena usianya yang sudah tua, serta pengalaman yang jauh lebih banyak, Shima dan Fukasaku memiliki kewenangan yang lebih dibandingkan sang penguasa, Gamabunta. Keduanya juga diketahui mampu menggunakan Senjutsu dan Genjutsu.

Katsuyu

Berbeda dengan katak dan ular dari gunung Myoboku dan juga gua Ryuchi, Katsuyu merupakan spesies hewan yang unik. Hutan Shikkotsu hanya memiliki satu hewan saja yang berada di wilayah Sage tersebut yaitu siput. Berbeda dengan para hewan lainnya yang dipanggil dalam teknik Kuchiyose, Katsuyu hanya memindahkan sebagian tubuhnya saja ketika Tsunade memanggil.

Sama halnya seperti Fukasaku dan Shima, Katsuyu juga hampir jarang sekali meninggalkan hutan Shikkotsu. Meskipun tidak terlalu ahli dalam hal menyerang, dalam kemampuan bertahan Katsuyu sangatlah luar biasa, apalagi dalam hal menyembuhkan orang-orang. Sudah tidak terhitung berapa banyak orang yang berhasil diselamatkan oleh Katsuyu dari kematian.

Ibuse

Ibuse merupakan hewan yang asal-usulnya tidak diketahui. Ibuse merupakan salamander besar dengan kekuatan bertarung yang dahsyat. Hanzo adalah shinobi yang menjalin kontrak dengan Ibuse. Ibuse diketahui mampu menghancurkan pepohonan, melumpuhkan musuhnya, dan bahkan menyelam ke wilayah perairan yang memiliki racun mematikan. Mengapa kemudian Ibuse menjadi salah satu hewan Kuchiyose terkuat, hal ini dibuktikan dengan Hanzo yang berhasil menang menghadapi ketiga Sannin legendaris dari desa Konoha.

Teknik memanggil hewan dalam seri Naruto menjadi salah satu hal yang luar biasa yang dimiliki oleh para shinobi. Hal ini dikarenakan tidak semua shinobi mampu melakukannya. Diperlukan kontrak khusus yang ditandai dengan cap jempol darah. Meskipun begitu, para hewan ini menjadi bukti kedahsyatan dari dunia shinobi dalam serinya.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.