Sepertinya nasib dari Pemerintah Dunia dalam seri One Piece berada di ujung tanduk setelah rangkaian peristiwa yang terjadi sebelumnya. Bisa jadi, perlahan orang-orang akan mulai mengetahui fakta sebenarnya tentang Pemerintah Dunia. Dan ketika itu terjadi, seperti yang mungkin sudah diduga oleh orang-orang bahwa dunia akan terguncang oleh kebenaran tersebut.

Pemerintah Dunia menjadi otoritas tertinggi dalam keberlangsungan hidup orang-orang di seri One Piece. Merekalah yang membentuk semua aturan, hukum, dan juga yang mengatur semua hal. Pemerintah Dunia sendiri dibentuk sejak ratusan tahun lalu, yang terdiri dari 20 kerajaan yang ada. Kerajaan Alabasta adalah salah satu kerajaan yang ikut membentuk Pemerintah Dunia.

Setelah kemenangan aliansi 20 kerajaan tersebut atas Kerajaan Kuno, mereka kemudian membentuk Pemerintah Dunia seperti yang kita kenal saat ini. Sampai sekarang kita masih belum tahu apa yang kemudian menjadi alasan 20 kerajaan tersebut memutuskan untuk menyerang Kerajaan Kuno. Dan apa yang kemudian menjadi alasan mereka memutuskan untuk membentuk Pemerintah Dunia. Yang pasti mereka menyimpan rahasia gelap yang tidak ingin orang-orang ketahui.

Seperti yang sering dihadirkan dalam ceritanya, Pemerintah Dunia selalu berusaha untuk menutupi dan mencegah orang-orang yang berusaha menggali atau mencari tahu apa yang sebenarnya terjadi sebelum Pemerintah Dunia muncul. Salah satu bukti nyata dari hal ini adalah ketika mereka menghancurkan pulau Ohara, yang berusaha memecahkan misteri abad yang hilang yang ada di Poneglyph.

Berdasarkan penjelasan ceritanya, Pemerintah Dunia sudah berkuasa hampir 1000 tahun. Namun, mengapa baru sekarang nasib mereka berada di ujung tanduk? Apa yang kemudian membuat hal itu terjadi? Sebenarnya, rangkaian peristiwa yang menjadi petunjuk tentang nasib Pemerintah Dunia yang ada di ujung tanduk dimulai sejak arc Reverie.

Dalam arc tersebut kita melihat bagaimana Im berusaha menghabisi beberapa nyawa yang dianggap sebagai ancaman. Contohnya adalah Monkey D. Luffy, Vivi, Shirahoshi, bahkan Blackbeard. Kemudian, kita juga melihat bagaimana Gorosei menganggap salah satu kerajaan, yaitu kerajaan Alabasta yang dipimpin oleh keluarga Nefertari, dianggap sebagai pengkhianat.

Gorosei juga sempat menyinggung tentang “pembersihan kembali” yang masih belum diketahui apa maksudnya. Kemudian petunjuk lainnya bergeser pada kabar bergabungnya Kaido dan Big Mom. Hal ini membuat banyak kalangan khawatir tentang keseimbangan dunia yang terganggu. Termasuk banyak sosok legendaris seperti Issho dan Garp, yang khawatir akan hal tersebut.

Kemudian kita melihat bagaimana berbagai kejadian yang terjadi di waktu yang hampir bersamaan. Dalam chapter 956, surat kabar Morgan memberikan informasi tentang tiga hal besar yaitu penyerangan di kerajaan Alabasta, sesuatu yang buruk tentang Sabo, dan hancurnya sistem Shichibukai. Dan puncaknya adalah pada chapter 1036 kemarin CP-0 mengakui bahwa keseimbangan dunia memang benar-benar dalam bahaya.

Salah satu anggota CP-0 berkata kepada anggota lainnya yang baru saja berhasil mengalahkan X Drake dan Inbi, bahwa mereka harus segera keluar dari istana Kaido dan juga pulau Onigashima apalagi semua All-Stars sudah berhasil dikalahkan. Agen CP-0 tersebut menegaskan bahwa peluang menang para generasi baru ini memang tipis, satu juta banding satu. Tetapi, bukan berarti mereka mustahil untuk menang.

Jika kemudian kemenangan dari para generasi baru tersebut benar-benar terjadi, efeknya akan terasa ke seluruh dunia. Ditambah lagi dengan rangkaian peristiwa yang terjadi sebelumnya, maka bisa dipastikan era baru akan muncul dari pulau tersebut. Dan jika kemudian era baru dan para generasi baru ini berhasil “mengambil alih” sorotan dunia, maka nasib Pemerintah Dunia berada di ujung tanduk.

Mungkin inilah alasan Pemerintah Dunia mulai melakukan “pembersihan massal” dan juga berusaha menutup-nutupi apa yang terjadi di Alabasta. Momen kemenangan dari generasi baru ini bisa menjadi jalan terbongkarnya rahasia besar yang selama ini ditutupi Pemerintah Dunia, karena artinya mereka selangkah lagi menuju pulau Laugh Tale dan menemukan One Piece. Kita nantikan saja ya Geeks apakah hal tersebut akan benar-benar terjadi.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.