Monkey D. Luffy merupakan karakter utama dalam seri karangan Eiichiro Oda yaitu One Piece. Luffy memiliki mimpi untuk bisa menajdi seorang raja bajak laut. Dalam petualangannya, Luffy bertemu dengan banyak sekali orang. Sebagian diantaranya ada yang kemudian bergabung dengan Luffy dan menjadi bagian dari krunya. Namun, ada juga yang justru menjadi musuh dari Luffy.

Luffy memang dikenal karena kemampuan dan juga kekuatannya yang dahsyat. Luffy juga memiliki determinasi yang tinggi dalam setiap pertarungan. Namun, meskipun begitu, bukan berarti Luffy bisa menang setiap waktu. Luffy pun pernah diperlihatkan kalah dalam pertarungan. Lalu, siapa saja karakter yang pernah berhasil mengalahkan Luffy?

Smoker

Luffy dan Smoker memiliki sebuah hubungan yang “unik” di sepanjang serinya. Di awal seri One Piece, diperlihatkan bagaimana Smoker merupakan angkatan laut pertama yang berusaha untuk menangkap Luffy. Smoker pun menjadi salah satu musuh pertama yang dihadapi Luffy sebagai bajak laut. Pertarungan Smoker dan Luffy sendiri terjadi di Loguetown.

Karena masih belum memiliki pengalaman atau pun pengetahuan tentang kemampuan buah iblis Gomu Gomu, serta bagaimana menghadapi musuh yang juga memiliki kemampuan buah iblis, Luffy pun akhirnya berhasil dikalahkan dengan mudah oleh Smoker. Jika bukan karena sosok Dragon yang muncul saat itu, mungkin Luffy sudah berhasil ditangkap dan ditahan oleh Smoker.

Crocodile

Pertarungan antara Luffy dan Crocodile masih menjadi salah satu pertarungan epik dan ikonik di seri One Piece. Ini merupakan pertarungan pertama dari Luffy, di mana dia harus benar-benar mengerahkan seluruh kemampuan dan juga tenaganya. Dan dalam pertarungan ini pun Luffy harus merasakan bagaimana pahitnya sebuah kegagalan dalam pertarungan.

Crocodile bukanlah Captain Kuro atau Smoker. Level kekuatan Crocodile berada jauh di atas keduanya dan juga Luffy. Crocodile sendiri saat itu masih menjadi bagian dari Shichibukai. Dalam pertarungan ini, Luffy bahkan bukan hanya berhasil dikalahkan sekali melainkan dua kali. Pertama, Luffy dibuat tidak berdaya dan hampir tenggelam di dalam pasir. Kedua, Luffy dibuat dehidrasi oleh Crocodile setelah cairan tubuhnya dihisap.

Rob Lucci

Selain pertarungan menghadapi Crocodile, pertarungan menghadapi Rob Lucci juga menjadi salah satu pertarungan epik dan paling dikenang. Apalagi, menurut polling penggemar, arc Enies Lobby menjadi salah satu arc yang paling populer dan fenomenal, selain arc Summit War. Rob Lucci menjadi lawan yang dihadapi Luffy dalam arc ini.

Dengan kekuatan yang dia miliki, Rob Lucci bukanlah sosok yang mudah untuk dikalahkan oleh Luffy. Dan Luffy sendiri harus mengakui bahwa kekuatan Lucci jauh di atas kekuatannya, bahkan jauh di atas Crocodile. Luffy juga sampai harus kalah dua kali saat berhadapan dengan Lucci, di mana pada akhirnya Luffy bisa menang.

Aokiji

Pertarungan melawan Aokiji atau Kuzan sebenarnya tidak bisa disebut sebagai pertarungan, karena terjadi begitu singkat dan pertarungan ini pun terjadi begitu saja. Luffy tidak mempersiapkan diri untuk pertarungan melawan Aokiji, tetapi apa yang dia lakukan berhasil membuat sang mantan admiral yakin untuk mengampuni nyawa Robin.

Seperti yang sudah bisa diduga, lagi-lagi Luffy harus menghadapi musuh yang jauh lebih kuat. Aokiji saat itu merupakan salah satu admiral angkatan laut, yang artinya level kekuatannya sangat sulit untuk disamakan dengan Luffy. Aokiji bahkan bukan hanya mengalahkan Luffy, melainkan juga seluruh kru Topi Jerami.

BERSAMBUNG KE HALAMAN 2

1
2
Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.