Bartholomew Kuma

Sama seperti pertarungan melawan Aokiji, sebenarnya pertarungan melawan Kuma bukanlah sebuah pertarungan pada umumnya Dengan waktu yang sangat singkat dan tidak ada sama sekali persiapan, membuat Luffy akhirnya kalah dengan mudah. Bahkan, sleuruh kru Topi Jerami pun bisa dikalahkan dengan mudah oleh Kuma. Yang menarik adalah kekalahan ini ternyata memiliki tujuan tersembunyi.

Kuma diketahui memiliki hubungan dengan Pasukan Revolusi. Banyak yang menduga bahwa apa yang dilakukan oleh Kuma dengan mengirim Luffy dan yang lain ke berbagai tempat memiliki tujuan tertentu, yaitu meningkatkan kemampuan mereka. Kuma sendiri pada saat itu merupakan salah satu Shichibukai seperti halnya Crocodile sehingga wajar jika Luffy pada akhirnya kalah dalam pertarungannya.

Magellan

Pertarungan Luffy melawan Magellan di penjara Impel Down merupakan salah satu pertarungan yang menarik. Magellan diperlihatkan mampu menandingi kemampuan dari Luffy, karena Luffy tidak bisa bergerak dengan leluasa. Luffy menyadari bahwa dia tidak bisa terkena racun yang dikeluarkan oleh Magellan. Pada akhrinya, pertarungan tersebut selesai dan Luffy kalah ketika Magellan menggunakan teknik Hydra Posion, yang membuat Luffy kritis.

Nyawa Luffy benar-benar hampir melayang, karena menurut Magellan hampir tidak ada orang yang bisa selamat dari serangan tersebut. Namun, keajaiban kemudian muncul setelah Bon Clay menemukan lantai 5.5 dan juga bertemu dengan Emporio Ivankov. Dengan menggunakan kemampuan hormonnya, Luffy pun akhirnya bisa sembuh dalam waktu puiuhan jam dengan semua racunnya berhasil dikeluarkan.

Kaido

Pertarungan Luffy menghadapi Kaido merupakan pertarungan yang paling epik yang pernah dihadapi Luffy sampai sejauh ini. Dan bahkan, pertarungannya sendiri masih berlangsung sekarang. Pertarungan antara Luffy menghadapi Kaido terjadi di arc Wano Country. Dalam arc ini diperlihatkan bagaimana Luffy menghadapi salah satu penguasa samudra yang memiliki titel makhluk paling kuat di dunia.

Pada awalnya, Luffy begitu percaya diri dalam menghadapi Kaido, di mana yang terjadi justru sebaliknya. Luffy berhasil kalah hanya dengan satu serangan saja. Sempat kembali berlatih, Luffy pun kemudian kembali bertarung menghadapi Kaido dalam pertempuran di Onigashima. Tetapi, lagi-lagi Luffy berhasil dikalahkan oleh Kaido, bukan hanya sekali tetapi dua kali. Dan saat ini, pertarungan Luffy melawan Kaido masih berlangsung.

Kekalahan yang dialami oleh Luffy sebenarnya bukanlah sebuah pertanda buruk. Justru sebaliknya, ini menjadi pertanda baik bagi Luffy. Seperti yang diperlihatkan dalam ceritanya, saat Luffy berhasil dikalahkan, dia akan kembali berlatih agar menjadi lebih kuat. Dan hal tersebut tentunya sangat baik untuk perkembangan karakter Luffy kedepannya.

1
2
Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.