Naruto merupakan salah satu karakter terkuat di seri Boruto saat ini. Dia juga merupakan seorang shinobi yang sangat dahsyat, di mana Naruto menguasai berbagai teknik ninja hebat. Contohnya adalah bagaimana Naruto menguasai Sage Mode. Teknik ini merupakan teknik hasil latihan Naruto yang dia lakukan sejak lama. Belum lagi teknik shinobi lainnya yang membuat Naruto ditakuti.

Namun, dalam pertarungan melawan Isshiki Otsutsuki kemarin Naruto harus kehilangan sumber kekuatannya. Dia harus kehilangan Kurama yang tewas setelah dia mengorbankan seluruh energi kehidupannya, demi mengaktifkan Baryon Mode. Baryon Mode sendiri adalah transformasi terkuat dari Naruto sejauh ini, yang digunakan untuk mengalahkan Isshiki. Setiap kali Isshiki terkena serangan ini, jatah kehidupannya berkurang drastis.

Dengan Naruto yang sekarang tidak memiliki lagi sumber kekuatan terbesarnya, banyak fans yang kemudian berandai-andai mengenai sosok Naruto. Contohnya adalah bagaimana jika Naruto memiliki segel Karma seperti halnya Boruto. Bisa dipastikan nasib Naruto tidak akan seperti saat ini. Mungkin Naruto akan mengalami banyak penderitaan seperti yang diperlihatkan oleh Kawaki dan Boruto.

Seperti yang mungkin Geeks ketahui, meskipun perlahan Masashi Kishimoto sudah mulai menjelaskan tentang konsep Karma, namun masih ada berbagai misteri yang menyelimuti konsep segel Karma ini. Salah satunya adalah persyaratan untuk menjadi wadah bagi Otsutsuki. Selama ini, kita tidak pernah tahu dan tidak pernah ada informasi mengenai apa yang menjadi syarat bagi seseorang untuk bisa menjadi wadah bagi seorang Otsutsuki.

Jika melihat dari apa yang dilakukan Jigen, sepertinya syarat utama untuk bisa menjadi wadah bagi Otsutsuki dan mendapatkan segel Karma adalah memiliki kekuatan fisik yang dahsyat. Hal ini dikarenakan tubuh tersebut akan menerima banyak sekali kekuatan dahsyat milik Otsutsuki. Dalam kasus Isshiki, kita melihat bagaimana tubuh Jigen yang dianggap ringkih sehingga Isshiki tidak bisa mengerahkan semua kekuatannya.

Naruto sendiri merupakan keturunan dari klan Uzumaki dan juga merupakan reinkarnasi dari Asura. Klan Uzumaki sudah terbukti memiliki kemampuan chakra yang dahsyat serta menguasai berbagai teknik segel. Artinya bukan hal yang mustahil bagi Naruto untuk kemudian menjadi wadah bagi seorang Otsutsuki, dan mendapatkan segel Karma seperti halnya Kawaki atau Boruto.

Mungkin, hilangnya atau tewasnya Kurama di tubuh Naruto bisa menjadi jalan bagi Naruto untuk menyelamatkan Boruto. Seperti yang dijelaskan oleh Kawaki, bahwa salah satu jalan untuk menyelamatkan Boruto adalah menemukan wadah lainnya yang pas untuk segel Karma tersebut. Sehingga, ketika Momoshiki 100% bangkit di tubuh Boruto dan dia tewas, Boruto pun masih bisa melakukan reinkarnasi.

Dengan Naruto yang sekarang sudah kehilangan Kurama, ini bisa menjadi kesempatan bagi Kawaki dan Boruto untuk kemudian menanamkan segel Karmanya di tubuh Naruto dan menjalankan rencana seperti yang disebutkan di atas. Dari segi narasi, hal ini tentunya akan sangat menyentuh karena Naruto secara tidak langsung sudah mengorbankan tubuhnya untuk kebangkitan sang anak.

Dan hal ini pun sesuai dengan apa yang diucapkan oleh Naruto di seri animenya, di mana dia mengatakan bahwa seorang ayah akan melakukan apa pun demi anaknya. Naruto mengorbankan diri untuk mendapatkan segel Karma Boruto adalah contoh nyatanya. Selain akan menarik dan emosional dari segi narasi, hal ini pun bisa dipastikan akan banyak menjadi bahan perbincangan para fans.

Mungkin untuk saat ini tidak ada lagi Otsutsuki yang muncul ke bumi, dan kemudian menanamkan segel Karmanya kepada Naruto. Namun, Naruto tetap bisa menjadi wadah bagi Otsutsuki atau mengorbankan diri untuk menjadi wadah bagi sang anak pada masa depan. Bagaimana menurut kalian Geeks?

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.