Mengapa Shichibukai Menjadi Partner?

Shichibukai adalah para bajak laut yang kuat, yang mana mereka dimanfaatkan untuk menangkap bajak laut kuat lainnya. Jika pihak pemerintah bijak, seharusnya mereka tidak perlu dijadikan rekan atau menjadi bagian dari sebuah sistem besar mereka. Seperti halnya dalam dunia spionase, para bajak laut ini mungkin bisa menjadi sumber informasi berharga bagi pemerintah.

Misalnya, para Shichibukai bisa memberi tahu di mana lokasi bajak laut yang menjadi incaran pemerintah, agar pihak angkatan laut bisa bergerak menangkap mereka. Dengan posisi mereka sebagai bajak laut, tentunya mereka bisa dengan mudah melakukan penyusupan ke kelompok lain. Di sisi lain, hal ini juga bisa dimanfaatkan untuk mencari informasi ketika ada pihak angkatan laut yang berusaha membelot.

Mengapa Mereka Tidak Dibekali Peralatan?

Tujuan utama dibuatnya sistem Shichibukai adalah untuk mempermudah pihak Pemerintah Dunia menangkap bajak laut dengan buruan yang besar. Pihak pemerintah sendiri tentunya sudah memiliki daftar bajak laut yang harus ditangkap oleh para Shichibukai tersebut. Dengan menjadi bagian dari Pemerintah, mengapa kemudian Shichibukai tidak mendapatkan suplai seperti halnya pihak angkatan laut?

Pemerintah Dunia mungkin bisa menyediakan mereka berbagai peralatan yang mungkin bisa berguna dalam operasional, seperti batu laut atau kapal yang mampu menyebrangi Calm Belt dengan mudah. Mungkin pihak pemerintah berpikir bahwa para bajak laut ini sudah memlliki kekuatan dahsyat, sehingga tidak lagi memerlukan bantuan. Padahal, dengan peralatan yang memadai mereka bisa lebih baik dalam tugasnya.

Mengapa Hanya Ada Tujuh?

Inilah mungkin pertanyaan terbesar mengenai sistem Shichibukai. Seperti yang kita lihat dalam ceritanya, ada banyak sekali bajak laut yang memiliki kekuatan dan ketangguhan. Berdasarkan hal tersebut, mengapa kemudian pihak pemerintah hanya menyediakan tujuh kursi saja bagi sistem ini? Padahal, dengan banyaknya bajak laut yang bergabung, tugas atau beban mereka bisa sedikit berkurang.

Dengan jumlah bajak laut dari sistem ini yang sangat banyak, bukan tidak mungkin jika para bajak laut ini akan mampu mengatasi atau mengalahkan para penguasa samudra atau Yonko. Dan mungkin dengan cara seperti ini lautan akan sedikit lebih aman. Meskipun ada banyak bajak laut yang kemudian bergabung dengan sistemnya, pihak angkatan laut masih tetap harus mengendalikan mereka yang dianggap paling kuat.

Shichibukai menjadi jawaban dari Pemerntah Dunia untuk menghadapi para bajak laut yang kuat dan sulit untuk ditangkap. Meskipun di satu sisi ide ini menarik dan bagus, namun di sisi lain, ada banyak hal yang masih menjadi misteri dari sistemnya. Beruntung, sistem Shichibukai sendiri pada akhirnya dibubarkan, dan posisinya kini digantikan oleh Special Science Group (SSG).

1
2
Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.