Kemunculan kembali nama Bardock dalam seri manga Dragon Ball Super membuat para fans dari franchise Dragon Ball bernostalgia. Monaito, Namekian terakhir dari planet Cereal, bertemu dengan sosok Bardock sekitar 40 tahun yang lalu. Monaito sendiri mengatakan kepada Vegeta bahwa Bardock berhasil menang dalam pertarungan melawan Gas. Hal ini tentunya memunculkan pertanyaan besar.

Pasalnya, seperti yang diungkapkan oleh Vegeta, bahwa Bardock adalah Saiyan yang berasal dari kelas terendah. Bagaimana kemudian Bardock bisa menang menghadapi salah satu anggota Heeters terkuat? Seri Dragon Ball Super masih terus melanjutkan tren untuk merubah cerita (retcon) dari karakter Bardock sejak karakternya kembali muncul di film Broly.

Perubahan cerita tersebut kemudian juga diaplikasikan dalam seri manga Dragon Ball Super, seperti yang diceritakan oleh Monaito. Menurut Monaito, Bardock adalah sosok Saiyan yang menyelamatkan nyawanya dan juga nyawa Granolah serta ibunya, Muezli. Untuk bisa melindungi mereka, Monaito mengungkapkan bahwa Bardock harus berhadapan dengan Gas, yang merupakan anggota terkuat Heeters.

Apa yang diungkapkan oleh Monaito membuat Vegeta terkejut. Vegeta mengenal sosok Bardock, dan menurut Vegeta, Bardock adalah Saiyan dari kelas rendah. Ketika Monaito hendak melanjutkan penjelasanya tentang bagaimana kemudian Bardock bisa menang melawan Gas, mereka kemudian dikejutkan oleh kemunculan Toronbo, dan juga kemunculan Gas yang saat ini menjadi sosok paling kuat di alam raya Dragon Ball.

Lalu, apa yang menjadi rahasia kemenangan Bardock atas Gas? Jawabannya mungkin terletak di kemampuan Bardock yang pernah diperlihatkan sebelumnya. Bardock sendiri pertama kali muncul pada era 1990an dalam film Bardock: The Father of Goku. Dia dihadirkan sebagai sosok Saiyan yang kita kenal: kejam, senang bertarung, dan mengerikan.

Kemudian dalam film Broly, Bardock tidak diperlihatkan seperti di film sebelumnya. Kita hanya diperlihatkan bagaimana Bardock saat berada di rumah bersama istrinya, Gine, dan juga anaknya, Kakarot. Dalam chapter “Bardock the Warrior” kemudian kita kembali melihat bagaimana sosok Bardock yang dahsyat dan juga kuat, layaknya seorang Saiyan.

Ada kemungkinan Bardock mampu menang menghadapi Gas karena dia memiliki kekuatan atau kemampuan yang mampu membuatnya unggul dari musuh-musuhnya. Dalam film The Father of Goku, seorang musuh sempat memberikan kutukan kepada Bardock di mana dia bisa melihat ke masa depan. Bardock diperlihatkan mampu melihat momen di mana Frieza menghancurkan planet tempat tinggalnya.

Berdasarkan informasi tersebut, Bardock kemudian melakukan tindakan untuk menyelamatkan anaknya dengan mengirim Goku ke bumi sebelum planet Vegeta hancur. Kemudian dalam film Broly, hal tersebut sedikit dirubah di mana kutukan dari musuh tersebut berubah menjadi intuisi dan juga ketakutan dari Bardock.

Bardock tidak bisa melihat ke masa depan di mana dia melihat Frieza menghancurkan planetnya. Bardock hanya bisa merasakan ada hal yang aneh akan terjadi, di saat Frieza menginginkan seluruh Saiyan untuk berkumpul. Padahal, Frieza bisa saja menghubungi mereka dengan cara mengirimkan pesan. Dan ternyata Frieza berencana menghancurkan seluruh Saiyan di planet Vegeta.

Berdasarkan hal tersebut, bisa jadi Dragon Ball Super akan kembali menghadirkan kekuatan tersebut dengan melakukan perubahan dengan kekuatan Bardock. Kemampuan untuk bisa membaca/mengetahui apa yang terjadi pada masa yang akan datang, digunakan oleh Bardock untuk bertarung melawan Gas. Bardock mungkin tidak terlalu kuat, tetapi dia bisa mengetahui arah gerakan Gas.

Dengan kemampuan ini, siapa pun lawannya tentu akan kesulitan ketika menghadapi Bardock. Karena, Bardock sudah terlebih dahulu tahu apa gerakan selanjutnya dari musuhnya. Dengan begitu, Bardock bisa mengatur strategi bagaimana kemudian dia bisa mengalahkan Gas. Jadi, meskipun Gas adalah sosok terkuat di Heeter Force, dia tidak akan bisa menang menghadapi Bardock karena Bardock sudah bisa membaca gerakannya.

Hal ini juga mungkin yang menjadi alasan mengapa kemudian Gas mengatakan bahwa dia sudah jauh lebih siap lagi, jika kemudian harus berhadapan dengan Bardock. Tetapi, ada kemungkinan juga bahwa serinya akan menghadirkan kekuatan atau kemampuan baru dari Bardock. Kita nantikan saja kelanjutan ceritanya pada chapter yang akan datang ya Geeks!