Karma merupakan kekuatan yang biasa digunakan oleh klan Otsutsuki dalam seri Boruto: Naruto Next Generation. Kemampuan Karma ini mampu membuat seorang Otsutsuki untuk “menyegel” tubuh seseorang yang mana kemudian tubuh tersebut menjadi wadah selanjutnya bagi sang Otsutsuki setelah proses perubahannnya selesai. Uzumaki Boruto adalah contoh nyata dari hal ini.

Bahkan, bisa dibilang Boruto bukan hanya mewarisi satu kekuatan Otsutsuki saja melainkan dua Otsutsuki sekaligus. Sampai sejauh ini, Masashi Kishimoto memang masih belum memberikan secara gamblang mengenai Karma dan semua hal yang berkaitan dengan Karma. Namun, perlahan-lahan informasi tersebut mulai terungkap. Contohnya adalah di chapter 63 kemarin tentang apa makna sebenarnya dari segel Karma.

Dalam chapter tersebut kita melihat bagaimana Boruto bertarung melawan Code. Boruto datang untuk menyelamatkan Kawaki yang berusaha mengorbankan dirinya kepada code untuk melindungi Konoha. Namun, Boruto pun datang dan pertarungan melawan Code menjadi tidak terhindarkan. Code yang memiliki Karma putih yang merupakan warisan tekad dari Isshiki ternyata masih terlalu kuat bagi Karma Boruto.

Code menuturkan bahwa Boruto masih belum paham tentang apa arti sebenarnya dari Karma. Menurut Code, Karma bukan hanya sekedar data-data dari sosok seorang Otsutsuki melainkan juga tentang pengalaman bertarung yang sudah pernah mereka lewati. Dengan umur mereka yang mungkin sudah ribuan bahkan jutaan tahun, pengalaman bertarung Otsutsuki tentu sangat luar biasa.

Inilah alasan mengapa mereka yang memiliki segel Karma akan mengalami peningkatan kekuatan dan kemampuan. Dan juga mereka akan mampu menggunakan berbagai kemampuan dari sang Otsutsuki. Contoh nyatanya adalah Jigen yang mampu menggunakan seluruh kemampuan Isshiki. Berdasarkan hal tersebut artinya saat ini Boruto memiliki atau mewarisi dua kekuatan dari Otsutsuki; Momoshiki dan Kinshiki.

Bagaimana hal tersebut bisa terjadi? Sebelum Momoshiki tewas, dia sempat memakan buah chakra yang merupakan “pengorbanan” dari Kinshiki Otsutsuki yang rela dirinya diserap kekuatannya oleh Momoshiki untuk meningkatkan kekuatannya. Sayangnya, meskipun begitu Momoshiki tetap saja kalah dari Boruto. Dan akhirnya Momoshiki pun masuk ke tubuh Boruto dan meninggalkan jejak segel Karmanya.

Ketika Boruto mengaktifkan segel Karma, ada beberapa kemampuan yang bisa dia lakukan yang merupakan kekuatan dari Momoshiki dan juga Kinshiki – atau bahkan Otsutsuki lainnya. Contoh pertama adalah Penyerapan Chakra. Boruto sempat diperlihatkan menyerap chakra Kurama dari tubuh Naruto ketika dia dikendalikan oleh Momoshiki.

Hal ini sebenarnya pernah juga dilakukan oleh Momoshiki terhadap Naruto sebelumnya, sebelum dia menyatu dengan tubuh Boruto. Selain pernah menyerap chakra Kurama dari Naruto, Momoshiki juga diperlihatkan pernah menyerap chakra Killer B dengan menggunakan teknik yang sama. Kemudian teknik lainnya adalah regenerasi atau penyembuhan.

Momoshiki bisa menyembuhkan dirinya setelah memakan pil chakra yang sudah dia persiapkan. Kemudian teknik lainnya adalah penyerapan ninjutsu. Salah satu kemampuan yang membuat Momoshiki menjadi lawan yang mengerikan adalah bagaimana dia mampu menyerap teknik ninja yang berbasis chakra alias ninjutsu. Untuk kemampuan lain yang berasal dari elemen asli tidak mampu diserap oleh Karma.

Hal ini terbukti ketika Sasuke dan Kawaki bertarung menghadapi Momoshiki yang bangkit dalam diri Boruto. Momoshiki menyerap teknik api yang diarahkan kepadanya, yang mana hal itu mampu membuat Boruto kembali tersadar dan akhirnya bisa mengambil alih lagi tubuhnya. Berdasarkan penjelasan di atas, rasanya wajar jika kemudian kemampuan Karma Boruto berubah menjadi sangat dahyat karena dia memiliki dua kekuatan Otsutsuki.

Hanya saja permasalahannya sekarang adalah Boruto masih belum benar-benar bisa mengendalikan kemampuan Karmanya. Artinya Boruto masih belum bisa menggunakan secara penuh kemampuan atau pengalaman bertempur dari Momoshiki maupun Kinshiki Otsutsuki. Menarik tentunya melihat akan seperti apa Boruto kedepannya ketika dia sudah mampu menguasai secara penuh kemampuan Karma tersebut. Mungkin dia akan mampu menghancurkan desa Konoha seperti yang diperlihatkan di awal serinya.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.