Sosok yang diperkirakan sudah tewas ternyata masih hidup. Sosok tersebut adalah Kurozumi Orochi, yang baru-baru ini diperlihatkan dalam keadaan bernyawa. Lantas apa yang sebenarnya terjadi kepada Orochi? Bagaimana kemudian sosok Orochi bisa dikalahkan? Apakah Orochi merupakan sosok yang abadi? Mungkin itulah berbagai pertanyaan dari para fans saat ini.

Sosok Kurozumi Orochi dikenal sebagai mantan Shogun Wano yang kejam dan jahat. Dia rela membunuh Kozuki Sukiyaki untuk menggeser posisinya, dan merebut kembali apa yang diyakini seharusnya menjadi miliknya. Untuk bisa mewujudkan hal tersebut, Orochi pun rela bekerja sama dengan Kaido, yang juga kemudian menjadi salah satu penguasa di Wano.

Namun, dalam pertempuran di Onigashima ini para fans sempat dikejutkan dengan tindakan yang dilakukan Kaido dengan memenggal kepala Orochi. Pasalnya, tidak ada yang menyangka bahwa Kaido akan membunuh Orochi setelah kerja sama yang mereka jalin selama 20 tahun. Angka tersebut tentunya bukan waktu yang sebentar untuk membangun sebuah kepercayaan diantara mereka.

One Piece - chapter 1026 - #15

Tetapi, kemudian terungkap bahwa semua itu hanyalah sandiwara. Kaido sebenarnya sedari awal sudah tidak pernah peduli terhadap Orochi. Yang dia pedulikan adalah bagaimana caranya mewujudkan tujuannya. Meskipun kematian Orochi sempat menggemparkan para fans, sebagian fans lainnya meyakini bahwa Orochi belum benar-benar tewas. Hal ini dikarenakan dia memiliki kemampuan buah iblis Zoan Yamata no Orochi, yang mana membuat Orochi memiliki lebih dari satu kepala.

Dan kemudian spekulasi mengenai Orochi tersebut terbukti di chapter 1008 kemarin, dimana Orochi diperlihatkan masih hidup. Di chapter 1009 diperlihatkan bahwa sisa dari Red Scabbards – Raizo, Nekomamushi, Kikunojo, Kinemon, Kawamatsu, dan Kyoshiro – berhasil menemukan keberadaan Orochi. Mereka langsung menebas hampir semua kepala dari bentuk Zoan Yamata no Orochi.

Momen itu membuat para fans yakin bahwa kali ini Orochi kemungkinan benar-benar tewas. Namun, yang terjadi justru sebaliknya Orochi diperlihatkan masih hidup di akhir chapter 1026. Bagaimana kemudian caranya sosok Orochi bisa dihabisi? Seperti yang Geeks ketahui, bahwa Zoan miliki Orochi diadaptasi dari makhluk mitologi Yamato no Orochi.

Seperti yang disebutkan dalam kisahnya, naga Yamata no Orochi merupakan ancaman besar bagi penduduk sebuah desa. Sampai kemudian munculah seseorang yang memiliki pedang Ame no Habakiri dan keberanian untuk memotong kepala hewan tersebut satu persatu, setelah makhluk tersebut dibuat tidak sadarkan diri akibat alkohol. Sehingga pada akhirnya hewan tersebut tewas.

One Piece, Chapter 955 - One Piece Manga Online

Berdasarkan hal tersebut, rasanya wajar jika kemudian Orochi masih hidup. Hal ini dikarenakan mereka tidak menggunakan senjata yang tepat untuk menghabisi Orochi. Geeks sendiri mungkin sadar bahwa selain Enma, masih ada satu pedang lainnya yang belum diperlihatkan memiliki “peran penting” di ceritanya, yaitu Ame no Habakiri. Pedang ini sekarang ada di tangan Tenguyama Hitetsu.

Pedang tersebut merupakan salah satu pedang Kozuki Oden, yang dia wariskan kepada anaknya, Momonosuke. Karena usia Momo masih kecil, akhirnya dia menitipkan pedang tersebut kepada Tenguyama sampai kemudian dia siap untuk menggunakannya. Oda Sensei tentu tidak akan menghadirkan sesuatu dalam ceritanya jika hal tersebut tidak memiliki koneksi dengan cerita.

Sejak awal diperkenalkan dan diwariskan kepada anak-anak Oden, pedang Ame no Habakiri lebih sering direferensikan dibandingkan digunakan dalam pertempuran. Karena itulah ada kemungkinan jika pedang Ame no Habakiri akan memiliki “perannya” di cerita One Piece, yaitu pada saat digunakan untuk menghabisi Orochi.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.