Episode terbaru dari seri animasi What If…? mengungkapkan keseluruhan plot yang serinya sudah bangun sejak awal. Setelah Thor membuat rencana pesta, dia dan the Watcher terkejut dengan kemunculan tiba-tiba dari para robot milik Ultron. Muncul dari sebuah portal misterius, Ultron pun muncul dengan menggunakan tubuh milik Vision dan dibalut dengan armor yang sempat dia gunakan dahulu.

Episode tersebut kemudian ditutup dengan situasi di mana bahkan sosok yang mengetahui segalanya, the Watcher, bingung dengan apa yang terjadi. Situasi yang seharusnya berakhir dengan bahagia justru harus diakhiri dengan sebuah tragedi lainnya. Hal inilah yang kemudian membuat banyak pertanyaan di kalangan fans, salah satunya adalah apa arti kemunculan Ultron tersebut bagi multiverse.

Ada beberapa hal yang bisa kita ambil dari kemunculan tiba-tiba sosok Ultron terbaru ini. Ultron berhasil mewujudkan mimpinya yang dia ungkapkan di film Avengers: Age of Ultron dengan cara menanamkan kesadarannya ke tubuh baru. Masih belum ada konfirmasi apakah James Spader akan kembali mengisi suara Ultron. Spader sendiri tidak mengisi suara Ultron dalam Avengers: Damage Control VR dan mungkin sudah tidak lagi menjadi bagian dari franchisenya. Spader sendiri saat ini sedang sibuk dengan proyek film The Blacklist.

Satu hal yang epik dari sosok Ultron baru ini adalah dia memiliki keenam Infinity Stones yang menempel di keenam armor miliknya. Meski pun terlihat epik, seharusnya Ultron tidak akan bisa merasakan efek apa pun mengingat tubuhnya bukanlah tubuh organik atau tubuh asli. Hal ini juga bisa menjadi petunjuk bahwa Ultron berhasil menjatuhkan Sokovia dan menghancurkan seluruh bumi.

Seperti yang kita ketahui, dalam film Age of Ultron, setelah dia memiliki tubuhnya sendiri dan mengetahui apa yang sudah dilakukan oleh manusia, dia pun berencana untuk menghabisi semua orang. Dia ingin bumi menjadi tempat tinggal bagi para robot atau cyborg. Momen kemunculan Ultron ini mungkin terinspirasi dari cerita komik Annihilation: Conquest di mana Ultron menjadi pemimpin dari ras alien Phalanx.

Dengan Ultron yang sudah berhasil mendominasi galaksi ini, Ultron pun mulai mengincar multiverse Marvel. Ultron benar-benar menjadi mimpi buruk yang selama ini ditakutkan oleh Tony Stark dan Ultron sendiri yakin bahwa dia bisa mengendalikan masa depan. Berdasarkan hal tersebut, ada kemungkinan bahwa Ultron memiliki target untuk menggantikan posisi the Watcher.

Salah satu momen yang mendukung teori tersebut adalah ketika Vision dalam balutan armor Ultron, terlihat melayang di angkasa. Ada kemungkinan bahwa di episode selanjutnya, kita akan melihat Ultron benar-benar akan menggantikan posisi the Watcher dan akan menjadi narator dari episode terakhir ketika the Watcher mengumpulkan semua kekuatan terkuat dari seluruh multiverse untuk menghabisi Ultron.

Jika kemudian Ultron berhasil mengambil alih posisi the Watcher, bukan tidak mungkin dia akan menghancurkan seluruh alam raya Marvel. Kita tidak pernah tahu apa yang akan Ultron lakukan dengan kekuatan sebagai pengawas dari seluruh alam raya. Jika dia berhasil menang, maka tidak akan ada tempat di seluruh multiverse yang aman. Apakah Ultron akan berhasil dihentikan? Kita nantikan saja kelanjutan ceritanya ya Geeks!

Source: Murphysmultiverse.com