Seri manga Boruto: Naruto Next Generation sempat memperlihatkan informasi mengenai masa lalu Amado yang sangat menyedihkan. Dalam salah satu chapter, disebutkan bahwa Amado harus kehilangan putrinya untuk alasan yang masih misterius. Karena itulah dia bisa memahami kepanikan Naruto yang ingin menyelamatkan Boruto. Namun, bagaimana jika pelaku dari pembunuhan anaknya adalah dirinya sendiri?

Amado merupakan sosok yang sangat misterius dalam cerita Boruto, yang sampai saat ini informasi mengenai karakternya masih belum banyak diketahui. Sejak pertama kali diperkenalkan, Amado muncul sebagai kepala penelitian dari organisasi Kara. Dialah otak dari berbagai macam peralatan canggih ninja, yang digunakan oleh para villain seperti Delta, Boro, Code, dan sebagainya.

Bahkan, dia juga yang menciptakan para cyborg tersebut. Hal itu membuat Amado menjadi salah satu sosok yang paling cerdas di franchise Naruto. Namun, di balik kecerdasannya tersebut Amado adalah sosok yang mengerikan. Dengan sikapnya yang pendiam, dan juga kecerdasan yang dia miliki – terutama untuk menyusun rencana – menjadi hal yang membuat sosoknya menakutkan.

ADVERTISING
amp-fx-flying-carpet height="300px">
ADVERTISING

Kita tidak pernah tahu apa yang sebenarnya ada dalam isi pikiran Amado, meski pun Amado mengungkapkannya. Kita tidak tahu apakah apa yang dia ucapkan memang fakta atau bukan. Berbicara mengenai bagaimana misteriusnya Amado, para fans sendiri mencurigai bahwa ada kemungkinan bahwa Amado sebenarnya merupakan sosok yang kuat.

Dalam artikel sebelumnya, dijelaskan bahwa ada kemungkinan bahwa Amado memiliki kemampuan Otsutsuki. Hal ini berdasarkan petunjuk bagaimana dia kemudian membuat Eida dan Daemon – serta Code. Eida dan Daemon diketahui memiliki kekuatan yang luar biasa, seperti mampu membuat semua orang jatuh cinta terhadap sosoknya, dan mampu melihat ke masa lalu dan masa sekarang.

Kecil kemungkinan sosok paling jenius di dunia pun mampu melakukannya, kecuali jika memang mereka memiliki kemampuan khusus. Dalam hal ini, Amado mungkin sudah memindahkan sebagian kekuatan Otsutsuki dalam dirinya kepada mereka berdua. Seperti yang kita ketahui, kekuatan Otsutsuki memang luar biasa dahsyat. Tetapi, di sisi lain hal ini membuat pemiliknya kehilangan kendali atas dirinya.

Berdasarkan hal tersebut, muncul sebuah teori yaitu jika Amado adalah pelaku pembunuhan anaknya sendiri. Dan pil buatannya yang dia berikan kepada Naruto, sebenarnya merupakan pil yang pada awalnya dia buat untuk dirinya sendiri. Geeks mungkin bertanya, bagaimana bisa Amado membunuh anaknya sendiri? Jawabannya adalah Isshiki Otsutsuki/Jigen.

Amado dan Isshiki sepertinya sudah saling mengenal sejak lama, bahkan mungkin sebelum Isshiki membentuk Kara. Pertemuan keduanya membuat Isshiki terkesan dengan sosok Amado dan juga kecerdasannya. Dan kemudian Isshiki memberikan separuh kekuatannya kepada Amado. Inilah mungkin rahasia yang membuatnya menjadi sosok cerdas di serinya.

Suatu hari Amado kehilangan kesadarannya dan kemudian bertindak di luar kendali, yang mana kemudian hal tersebut membuat putrinya terluka dan tewas. Menyadari hal tersebut, Amado kemudian mencoba mencari cara bagaimana untuk meredam dan bahkan menghilangkan pengaruh Otsutsuki dalam dirinya. Dan akhirnya dia pun berhasil menemukan pil yang mampu melakukan hal tersebut – yang kemudian diberikan kepada Naruto.

Hal inilah yang bisa jadi membuat Amado dendam terhadap Jigen/Isshiki. Seperti yang dijelaskan di ceritanya, bergabungnya Amado di kelompok Kara sebenarnya untuk memudahkannya menghabisi nyawa putrinya. Dan bergabung dengan Konoha bisa jadi merupakan salah satu rencana yang sudah dia buat sejak lama. Selain itu, hal tersebut juga yang mungkin merubah sikap Amado menjadi pendiam.

Isshiki sendiri pada akhirnya memang berhasil dikalahkan berkat Kawaki, Naruto, Sasuke, dan Boruto. Selain Amado sendiri yang melakukannya, ada kemungkinan bahwa Jigen atau Isshiki yang membunuh anak Amado. Mungkin Jigen memaksa Amado untuk menyerahkan anaknya, demi mencari siapa yang bisa menjadi wadah tepat bagi dirinya. Sayangnya, hal itu justru membuat nyawanya hilang dan akhirnya Amado pun dendam terhadap Jigen.

Sempat muncul sebuah teori di mana disebutkan bahwa Eida merupakan anak dari Amado yang tewas. Jika memang benar, rasanya mungkin masul akal jika kemudian dia membangkitkan kembali anaknya dan kemudian memberikan sebagian kekuatannya kepada Eida. Kita nantikan saja ya Geeks bagaimana kelanjutan ceritanya pada chapter yang akan datang.