Harus diakui memang sosok Eustas Kid adalah salah satu bajak laut muda terkuat saat ini dalam cerita One Piece. Kid merupakan salah satu supernova yang ada di arc Wano dan juga ikut bertempur melawan  Kaido dan Big Mom dalam peristiwa pertempuran di Onigashima. Namun, sayangnya banyak orang yang “menganggap remeh” sosok Kid dalam arc ini.

Sosok Eustass Kid digadang-gadang menjadi rival dari Luffy, dalam impiannya untuk menuju Laugh Tale. Trafalgar Law juga sempat dianggap sebagai rival dari Luffy, namun seiring berjalannya cerita, Law kini lebih sering diperlihatkan sebagai sekutu dari Luffy. Hal ini dibuktikan dengan sering kali Law menyelamatkan nyawa Luffy.

Oda sendiri sebenarnya sudah membangun hype dari Eustass Kid sejak pertama kali dia diperkenalkan di arc Sabaody. Seperti yang diceritanya, Kid adalah sosok yang memiliki nilai buruan yang paling besar diantara Law dan Luffy. Hanya terpaut sedikit dari nilai buruan Luffy. Semua itu memang dikarenakan Kid lebih sering menghadirkan kekacauan.

Kemudian di saat ketiganya berada di depan pelelangan manusia, setelah Luffy menghajar kaum naga langit, Kid yang ada di posisi tengah. Pasca time-skip diketahui bahwa Luffy dan Kid memiliki tujuan yang sama untuk menjadi raja bajak laut. Kid melakukan apa yang juga dilakukan oleh Luffy. Misalnya, Luffy yang menjalin aliansi dengan Law, sedangkan Kid menjalin aliansi dengan Apoo dan Hawkins.

Keduanya juga berhasil masuk ke wilayah Big Mom yaitu Totto Land, menyerang komandannya, dan kemudian kabur. Rivalitas keduanya semakin diperlihatkan di arc Wano. Kid dan Luffy bahkan sama-sama dikalahkan oleh Kaido hanya dengan satu serangan dan mereka juga sama-sama dimasukan ke penjara tambang Udon. Mereka bahkan saling bersaing siapa yang akan mengalahkan Kaido.

Namun, dalam pertempuran Onigashima, kita diperlihatkan bahwa pada akhirnya mereka berdua menjalin kerja sama untuk mengalahkan Kaido. Situasi “rivalitas” dari Luffy dan Kid kembali diperlihatkan di chapter 1009, di mana mereka berdua dihajar oleh Kaido dan Big Mom secara terpisah. Berdasarkan dari hal tersebut, Kid diyakini juga akan mendapatkan fokus di arc Wano ini, seperti halnya Law di arc Dressrosa.

Have you ever wondered what it would be like if Kid and Luffy fused against Kaido? - One PieceAda beberapa hal yang mungkin akan dihadirkan di arc Wano ini yang berkaitan dengan Kid. Yang pertama adalah cerita masa lalu dari Kid. Kita sudah melihat cerita masa lalu dari Law di arc sebelumnya, dan sekarang giliran Kid yang dihadirkan cerita masa lalunya. Yang kedua adalah peningkatan kekuatan, sesuatu yang mungkin sudah sering dibahas.

Arc Wano memberikan beberapa karakter kunci dalam cerita One Piece kesempatan untuk lebih berkembang. Contohnya adalah Luffy. Setelah kalah dari Kaido, Luffy berusaha keras untuk berlatih. Dia bahkan mempelajari tingkatan lainnya dari Armament Haki di Wano, tepatnya bersama Hyougoro ketika berada di penjara Udon. Berkat hal itu, dia memiliki kemampuan untuk menghancurkan benda dari dalam.

Karakter lainnya yang kemungkinan akan mendapatkan peningkatan di arc ini adalah Eustass Kid. Salah satu dari Worst Generations ini merupakan sosok bajak laut yang kuat. Dia memiliki kekuatan buah iblis dimana dia bisa menarik seluruh benda-benda terbuat dari besi dan menjadi senjatanya. Tangannya seolah menjadi magnet. Dia juga mampu melemparkan atau menghalau objek berupa besi.

Pin by ARTHUR.B on One Piece | One piece chapter, Eustass kid, One piece animeJika Oda Sensei ingin memberikan peningkatan kekuatan kepada Kid, maka inilah saatnya. Dan seperti halnya Luffy, para fans pun banyak yang menunggu bagaimana awakening dari buah iblis miliknya. Terakhir adalah bagaimana Kid akan mengalahkan Big Mom dalam pertarungan di Onigashima.

Seperti yang kita ketahui, Kid mencuri sesuatu yang menjadi milik Big Mom. Sayangnya, kita masih belum mengetahui apa yang diambil oleh Kid. Kid mungkin adalah sosok yang kejam dan ceroboh, namun dia juga adalah sosok yang penuh kalkulasi. Kid sadar bahwa dia tidak akan menang melawan Kaido, karena itulah dia mengincar sosok Big Mom.

Sama halnya seperti Law. Berdua, mereka akan bisa menghabisi Big Mom dan hal itu akan menjadi bukti bahwa Eustass Kid merupakan salah satu karakter penting di arc Wano. Kita nantikan saja ya Geeks bagaimana kelanjutan kisah dari Kid ini pada chapter yang akan datang.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.