Hampir setiap bajak laut dalam cerita One Piece pasti ingin menemukan keberadaan harta karun One Piece. Hal itu seakan sudah menjadi tujuan utama para bajak laut tersebut. Namun, menuju ke pulau terakhir, Laugh Tale, dan menemukan keberadaan One Piece tentunya bukan hal yang mudah. Akan ada banyak halangan dan rintangan yang membentang di depan mata yang siap menyambut mereka.

Hampir setiap bajak laut dalam cerita One Piece pasti ingin menemukan keberadaan harta karun One Piece. Hal itu seakan sudah menjadi tujuan utama para bajak laut tersebut. Namun, menuju ke pulau terakhir, Laugh Tale, dan menemukan keberadaan One Piece tentunya bukan hal yang mudah. Akan ada banyak halangan dan rintangan yang membentang di depan mata yang siap menyambut mereka.

Mereka berspekulasi tentang siapa saja yang bisa bergabung dengan kru Topi Jerami, atau berpeluang bergabung. Berbicara mengenai siapa yang akan menjadi kru Topi Jerami selanjutnya, para fans sendiri sempat memunculkan beberapa nama yang berpeluang besar bergabung dengan Luffy. Beberapa diantaranya adalah Yamato, Momonosuke, dan Marco.

Marco dianggap memiliki peluang lebih besar untuk bergabung dengan Topi Jerami, selain Yamato. Kemungkinan Marco untuk bisa bergabung dengan Luffy, semakin diperkuat dengan apa yang dia ungkapkan di chapter 992 kemarin. Marco sempat menjelaskan kepada Big Mom, yang menganggap bahwa sisa-sisa anak buah Whitebeard tidak banyak melakukan hal “berguna”.

Namun, Marco membantah dan menegaskan bahwa kru Whitebeard tidak pernah terikat oleh ucapan sang kapten. Marco juga menjelaskan bahwa setiap masing-masing kru, berhak untuk melakukan apapun yang mereka inginkan. Mereka diberikan kebebasan untuk menjadi apapun atau melakukan apapun.

Artinya, Marco bisa saja bergabung dengan kru Topi Jerami jika memang kemudian itu yang dia inginkan. Lagipula, Whitebeard sendiri sudah memberikan perintah terakhirnya untuk menjaga agar Luffy tetap hidup. Marco bisa menjadi simbol atau perwakilan dari kru Whitebeard yang akan menyaksiksan sebuah transisi dari era lama ke era baru, seperti yang sudah diprediksi oleh Whitebeard sebelum menemui ajalnya.

Kemunculan Marco di Wano seolah memberikan petunjuk besar, bahwa Marco akan lebih sering atau lebih banyak muncul dalam cerita untuk kedepannya. Sebagai seorang yang jauh lebih berpengalaman di kru tersebut – selain Jinbei dan Brook – Marco mungkin akan bisa mengajarkan Luffy dan kru yang lain berbagai macam hal.

Kita mungkin akan melihat bagaimana perkembangan hubungan antara Marco bersama Luffy dan Marco dengan kru Topi Jerami. Marco bahkan bisa jadi mentor selajutnya bagi Luffy. Alasan lainnya Marco bergabung dengan Luffy, selain karena menjaga agar Luffy tetap hidup, adalah karena pulau Sphinx sudah aman. Marco memang merupakan satu-satunya dokter di sana, namun dia berjanji akan kembali ke sana setelah membantu menyelesaikan petualangan luffy.

Future Events - Marco will join the Big Mom Fight with Kidd, Law and a few Others. | WorstgenSebenarnya, kita bisa melihat pola yang sama dari sosok Jinbe. Kita bisa lihat bagaimana dekatnya Jinbe dan Luffy. Bahkan, Jinbei sendiri sudah mengenal Luffy sebelum mereka bertemu, berkat sosok Ace. Dan setelah bertemu, mereka kemudian menjalin hubungan yang baik dan pada akhirnya Jinbei pun bergabung dengan Luffy.

Jinbe pun sama seperti Marco, yaitu diberikan “amanah” untuk menjaga Luffy. Terlepas dari itu semua, bergabungnya Marco ke kru Topi Jerami bisa saja dikarenakan karena dia ingin, tanpa ada alasan khusus apa pun. Kita nantikan saja ya Geeks apakah kemudian Marco memang akan bergabung dengan Luffy.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.