Fakta mengenai buah iblis Gomu Gomu yang terungkap di chapter terbaru One Piece kemarin sepertinya masih menjadi topik pembahasan hangat di kalangan fans. Banyak dari para fans terkejut bahwa buah iblis yang selama ini digunakan oleh Luffy ternyata buah iblis yang menjadi incaran dari Pemerintah Dunia. Yang kemudian menjadi pertanyaan, mengapa mereka mengincar buah iblis Gomu Gomu?

Banyak spekulasi yang kemudian bermunculan terkait hal tersebut, salah satu yang menarik adalah ada kemungkinan bahwa Pemerintah Dunia berencana untuk berperan melawan Yonko (atau Sanko karena Shanks belum menjadi penguasa samudera saat itu). Mengapa kemudian mereka merencanakan peran melawan para Yonko? Karena Pemerintah Dunia merasa ketakutan.

Seperti yang kita ketahui, Gol D. Roger berhasil pergi menuju Laugh Tale yang merupakan pulau terakhir yang ada di Grand Line. Hal tersebut tidak pernah terpikirkan sebelumnya oleh Pemerintah Dunia. Dan yang membuat mereka gusar juga adalah Roger mengetahui tentang rahasia besar yang selama ini ditutupi oleh mereka. Dan hal itu tentunya membuat Pemerintah Dunia merasa harus melakukan sesuatu, seperti yang mereka lakukan dahulu terhadap penduduk Ohara.

Namun, pada saat itu Roger tiba terlalu dini dan dia harus menyerah karena penyakit. Dia tidak bisa melakukan apa pun, dan Pemerintah Dunia berhasil “selamat” dari kehancuran. Meskipun begitu, tetap saja mereka ketakutan. Pasalnya, masih ada sosok lainnya yang juga memiliki potensi untuk menghancurkan Pemerintah Dunia. Siapa mereka? Mereka tidak lain adalah para penguasa samudera.

Salah satu contohnya adalah Whitebeard. Kemungkinan Pemerintah Dunia tertarik dengan Gomu Gomu no Mi karena mereka berpikir buah iblis karet tersebut mampu meredam kemampuan getaran dari Gura Gura no Mi. Seperti yang disebutkan oleh Sengoku, Gura Gura no Mi memiliki potensi yang besar untuk menghancurkan dunia. Dan karet mampu meredam getaran tersebut.

Di Jepang sendiri, karet digunakan dalam setiap bangunan untuk melawan efek gempa yang sering terjadi di negara itu. Karet bertugas untuk menyerap getaran dan mengurangi kehancuran. Buah iblis Gomu Gomu mungkin akan digunakan oleh Pemerintah Dunia untuk melindungi wilayah suci mereka, Mary Geoise, dari serangan Whitebeard. Mereka mungkin akan membangkitkan buah iblisnya untuk semakin meningkatkan efek kekuatannya.

Mengapa Shanks Terlibat Dalam Semua Hal Ini?

Ada kemungkinan Shanks mengetahui rencana besar yang dibuat oleh Pemerintah, untuk berperang menghadapi para penguasa samudera. Karena itulah, dia dan kelompok bajak lautnya kemudian menyerang kapal yang membawa Gomu Gomu. Dia ingin menghentikan Pemerintah Dunia yang berencana berperang melawan para penguasa samudera, yang berpotensi menghancurkan dunia.

Ada dua skenario yang terjadi jika kemudian perang besar tersebut benar-benar terjadi. Pertama, Pemerintah Dunia menang dan menghabisi seluruh 3 penguasa. Namun, mereka akan kewalahan setelah mereka semua tewas, karena gelombang bajak laut baru akan jauh lebih besar. Mereka semua berusaha untuk mendapatkan popularitas dan menjadi pengganti bagi ketiga penguasa samudera – mirip seperti yang dilakukan Blackbeard.

Skenario kedua, Pemerintah Dunia kalah dan mereka hancur. Jadi, dari kedua skenario di atas tidak ada yang bisa menguntungkan Pemerintah Dunia. Shanks mencoba meyakinkan hal tersebut kepada mereka. Dia mengatakan pada mereka bahwa tidak akan membiarkan siapa pun untuk bisa lebih berkuasa. Shanks meminta Pemerintah Dunia untuk bekerja sama, demi menjaga apa yang sudah ada sekarang. Dan Shanks sendiri berharap bahwa Luffy yang akan menjadi raja bajak laut selanjutnya.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.