Monkey D. Garp adalah pria yang memiliki julukan pahlawan angkatan laut dan juga merupakan ayah dan kakek dari Monkey D. Dragon dan Monkey D. Luffy. Garp merupakan salah satu karakter legendaris dalam cerita One Piece, selain Roger, Shiki, dan juga beberapa karakter lainnya. Meskipun tidak terlalu banyak informasi tentang masa lalu Garp yang terungkap, namun dia tetap menjadi salah satu karakter favorit para fans.

Sosok Garp sendiri jarang muncul dalam cerita, dan hanya muncul sesekali saja. Misalnya ketika dia mengetahui kabar mengenai rencana aliansi Big Mom dan Kaido. Garp terlihat khawatir dengan kabar tersebut, karena dia tahu bahwa hal itu akan sangat buruk. Garp dahulu pernah menghadapi kelompok bajak laut Rocks, yang mana beberapa krunya adalah Kaido dan Big Mom.

Garp sendiri berhasil mengalahkan Rocks dengan bekerja sama dengan Gol D. Roger. Dan berkat pertarungannya melawan Rocks, Garp kemudian menerima titel sebagai pahlawan angkatan laut. Berkat hal ini, sebenarnya Garp sempat ditawari untuk menjadi seorang admiral. Namun, dia menolak tawaran tersebut karena Garp tidak ingin dia diperintah oleh kaum naga langit.

Selain berhasil mengalahkan Rocks, Garp juga sudah sering bertarung dengan Roger, sehingga wajar dia menjadi angkatan laut terkuat. Bukti kekuatan Garp lainnya adalah dia mampu mengalahkan Don Chinjao yang memiliki nilai buruan sebesar 500.000.000 Belly hanya dengan satu pukulan saja. Don Chinjao dikenal karena kemampuan Haki miliknya, yang mana diketahui dia mampu menghancurkan sebuah pulau hanya dengan menggunakan kepalanya.

Berdasarkan dari apa yang sudah diperlihatkan dalam cerita, Garp memang tidak memiliki kemampuan buah iblis. Namun, Garp diketahui memiliki kekuatan Haki yang luar biasa dahsyat. Garp diketahui menguasai ketiga jenis Haki, namun sejauh ini baru kemampuan Armament Haki Garp yang diperlihatkan dalam cerita. Hal inilah yang kemudian membuat para fans berspekulasi mengenai kekuatan Garp sebenarnya.

Sampai sejauh ini, memang Garp belum pernah diperlihatkan bertarung secara serius. Oda selalu memperlihatkan sekilas kekuatan Garp, tanpa memperlihatkan bagaimana jika Garp mengerahkan 100% kekuatannya. Inilah yang membuat para fans beranggapan bahwa bisa jadi Garp memiliki kemampuan Haki spesial, dalam hal ini, Garp mungkin menyembunyikan kemampuan Conqueror Haki miliknya.

One Piece: Para Lawan Kuat yang Pernah Dihadapi Garp! | GreensceneSeperti yang disebutkan di atas, Garp menguasai ketiga jenis Haki, namun belum semuanya diperlihatkan dalam cerita. Ketika Luffy menggunakan Conqueror Haki di Marineford, diketahui bahwa Conqueror Haki tersebut merupakan warisan dari keluarga Monkey D., yang artinya baik Dragon ataupun Garp memiliki Haki tersebut juga. Melihat bagaimana dahsyatnya sosok Garp, rasanya tidak aneh memang Garp memiliki Haki tersebut.

Banyak fans meyakini bahwa di akhir cerita nanti, Garp akan memperlihatkan kekuatannya yang sebenarnya. Dia akan ikut bergabung bersama Luffy dalam perang besar melawan angkatan laut dan Pemerintah Dunia. Garp adalah sosok yang akan menghadapi Sakazuki alias Akainu, sosok yang bertanggung jawab atas kematian Ace. Kita nantikan saja ya Geeks bagaimana kemampuan sebenarnya dari Garp pada masa yang akan datang.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.