Serial anime memiliki berbagai macam genre yang menarik, salah satu genre yang cukup populer adalah Mecha. Meski pembahasan mengenai robot, monster, mesin dan hal-hal sejenisnya tampak lebih menarik jika dalam bentuk live action, namun dalam bentuk animasi, mereka memiliki keunikannya sendiri, sehingga banyak penggemar yang akhirnya juga tertarik dengan format semacam ini. Setiap mecha dalam anime memang memiliki sistem yang berbeda satu sama lain. Berikut ini adalah beberapa mecha dengan sistemnya yang unik dan berbeda!

Pacific Rim

Awalnya waralaba Pacific Rim berbentuk film live action yang sangat laris di pasaran. Bahkan Pacific Rim sukses menayangkan dua film yang rilis pada tahun 2013 dan 2018. Meskipun sukses, tetapi mereka tidak cukup puas dengan bentuk live action saja. Baru-baru ini Pacific Rim telah hadir dalam bentuk animasi. Pembuat Pacific Rim berkerja sama dengan Netflix untuk menayangkan serial animasinya yang kembali menampilkan Mecha. Pacific Rim menggunakan konsep robot raksasa yang dikendarai oleh dua orang pengemudi, dan keduanya akan bertukar pikiran satu sama lain dan mereka akan “menjadi” otak kanan dan otak kiri bagi sang Robot. Masing-masing dari pilotnya akan mengemudikan separuh badan dari robot raksasa itu untuk melawan Kaiju yang menjadi masalah utama dalam serial maupun filmnya.

Rahxephon

Waralaba Rahxephon merupakan salah satu anime Mecha yang cukup populer. Bagi beberapa penggemar, waralaba ini mengadopsi gaya Neon Evangelion Genesis, namun ada pula yang menganggap bahwa Rahxephon memiliki keunikannya sendiri, sehingga waralaba ini tidak sepenuhnya dikatakan ‘meniru’ Evangelion.

Sistem mecha dari Rahxephon berbeda dengan Pacific Rim, mereka tidak menggunakan pikiran untuk mengoperasikan robotnya. Mereka malah menggunakan lagu dan instrument music untuk mengoperasikannya. Dalam serial ini, ada pembahasan yang cukup rumit mengenai sistem mecha yang digunakan, sehingga pembahasan itu menjadi salah satu keunikan dalam serial ini.

Mobile Fighter G Gundam

Waralaba Gundam memang merupakan salah satu legenda dalam dunia anime, khususnya genre Mecha. Pasalnya sejak awal perilisan hingga sekarang, Gundam masih sangat terkenal di kalangan penggemar dengan berbagai macam inovasi baru yang dihadirkan. Salah satu serial terkenal mereka adalah Mobile Fighter G Gundam yang rilis pada tahun 1994. Selain memiliki alur cerita yang menarik, mereka memiliki konsep mengenai Mecha yang juga tak kalah unik.

Dalam serial Mobile Fighter G Gundam, mereka mengendalikan robot raksasa dengan menggunakan alat pelacak gerak, sehingga siapapun bisa mengendalikan robot tersebut dengan mudah. Namun sisi negatifnya adalah, segala macam bentuk kerusakan yang terjadi pada sang Robot juga bisa diterima oleh penggunanya. Bahkan dalam serialnya juga terdapat The Ultimate Gundam/ Devil Gundam yang bisa mengkonsumsi manusia sebagai bahan bakar mesinnya.

Visions of Escaflowne

Jika genre Mecha biasanya identik dengan kemajuan teknologi yang sangat luar biasa, maka hal itu tidak berlaku bagi waralaba Visions of Escaflowne. Pasalnya mereka memiliki sistem sendiri yang tentu sangat berbeda dengan genre Mecha kebanyakan. Dalam serialnya yang rilis pada tahun 1996 mereka mengangkat tema Fantasi dan Mecha dalam satu proyek yang sama.

Kalian bisa melihat dua buah genre yang disatukan sehingga menjadi serial yang cukup menarik. Sistem Mecha yang mereka gunakan adalah menggunakan sejenis ritual, tulang naga dan juga jantung naga, sehingga jika kalian  biasa melihat Mecha sebagai teknologi canggih, maka dalam serial ini, kalian akan mendapati bahwa robot-robot tersebut dekat dengan hal-hal yang berbau ritual dan sejenisnya.

BERSAMBUNG KE HALAMAN 2

1
2