Salah satu hal menarik yang muncul di chapter 1008 kemarin adalah percakapan yang terjadi antara Momonosuke, Shinobu, dan Yamato. Seperti yang diperlihatkan sebelumnya, Momo bersama Shinobu dan Yamato masih berusaha untuk kabur dari kejarang para anak buah Kaido, setelah sebelumnya mereka bersembunyi di sebuah gudang penyimpanan yang tidak terpakai.

Sayangnya, MERYS berhasil menemukan keberadaan mereka. Karena itulah mereka kemudian memutuskan untuk kembali bergerak untuk mencari persembunyian lainnya. Di chapter 1008, Yamato mengkhawatirkan kondisi Luffy yang sedang bertarung melawan ayahnya di atap istana. Namun, Momonosuke kemudian melontarkan sebuah jawaban yang sangat mengejutkan.

Momo mengatakan bagaimana kondisi Luffy – yang mana dia kelelahan – tapi, dia masih memiliki semangat yang tinggi. Pada awalnya, Shinobu senang dengan jawaban tersebut sampai kemudian dia menyadari sesuatu. Bagaimana caranya Momonosuke mengetahui kondisi Luffy, yang berada jauh dari lokasi mereka? Ada beberapa spekulasi yang kemudian muncul.

Pertama, ada spekulasi bahwa kemampuan tersebut adalah Observation Haki Momo yang entah sudah lama ada atau baru saja muncul. Sejauh ini, memang tidak diketahui apakah Momo memiliki kemampuan Haki atau tidak. Namun, mengingat Momo adalah keturunan raja atau penguasa, banyak fans meyakini bahwa Momo memiliki Haki seperti halnya sang ayah.

Selain Haki, muncul juga sebuah spekulasi yang menyebutkan bahwa kemampuan Momo tersebut ada kaitannya dengan buah iblis buatan yang dia makan. Seperti yang kita ketahui, Momo sebelumnya memakan buah iblis yang diciptakan oleh Dr. Vegapunk. Dalam proses pembuatan buah iblis tersebut, Vegapunk menggunakan DNA dari Kaido, yang saat itu berhasil ditangkap oleh angkatan laut.

Jadi, logikanya adalah dengan Momo memakan buah iblis ciptaan Vegapunk tersebut, yang terdapat DNA Kaido di dalamnya, maka Momo secara tidak langsung “terhubung” dengan Kaido. Bagaimana kemudian keduanya bisa saling terhubung memang masih menjadi misteri, namun DNA tersebutlah yang mungkin menjadi perantaranya. Jika spekulasi ini terbukti, maka hal tersebut bisa menjelaskan mengapa dia bisa merasakan kondisi Luffy.

One Piece Momonosuke & Kaido's Confirmed Devil Fruit LinkJika Kaido bisa merasakannya, maka Momo pun bisa merasakannya. Kaido merupakan Yonko yang memiliki kemampuan untuk mengendalikan dan merasakan ketiga jenis Haki, jadi wajar jika dia bisa merasakan keberadaan musuh – dalam hal ini adalah Luffy. Mengingat buah iblis buatan dan buah iblis Kaido masih belum banyak dijelaskan, maka semuanya masih hanya sekedar spekulasi dan teori.

Apakah dengan Momo memiliki koneksi dengan Kaido menjadikannya kunci untuk mengalahkan Kaido? Bisa jadi. Mungkin Momo bisa memberikan informasi kepada Luffy atau yang lain tentang apa yang dirasakan oleh Kaido. Atau mungkin bahkan dia sendiri yang akan ikut bertarung melawan Kaido. Kita nantikan saja ya Geeks bagaimana kelanjutan ceritanya di chapter yang akan datang.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.