Perkembangan pesat dari segi kekuatan dialami oleh Luffy dan para kru topi jerami sejak awal mereka diperkenalkan, sampai dengan arc Wanokuni sekarang. Namun, diantara kru Topi Jerami lain, Luffy adalah sosok yang paling terasa perkembangan kekuatannya. Luffy berkembang dari awalnya dia hanya mengandalkan Gomu Gomu secara serampangan kini Luffy bisa mengaturnya sesuai keinginan.

Selain itu, Luffy juga sekarang memiliki teknik Haki level tinggi. Berbicara mengenai buah iblis Gomu Gomu, awalnya Luffy hanya mengandalkan Gear 1-3. Bahkan, untuk melakukan Gear 3 pun Luffy harus mengorbankan banyak stamina dimana dia akan berubah menjadi sangat pendek untuk sementara waktu. Tapi, sekarang permasalahan itu sudah tidak lagi dialami oleh Luffy dimana dia bebas mengakses seluruh Gearnya tanpa kendala atau masalah apapun.

Malah Luffy sekarang mendapatkan form baru yaitu Gear 4, dengan berbagai transformasinya seperti Snakeman atau Boundman. Dengan pertarungan besar di Onigashima dalam arc Wanokuni yang sudah dimulai, membuat banyak fans One Piece pun berspekulasi jika Luffy akan mengakses Gear 5. Menariknya, dalam kolom SBS Volume 98 kemarin, Oda Sensei memberikan petunjuk mengenai kemunculan Gear 5 untuk menghadapi Kaido.

Luffy Gear 5 - One Piece | Luffy gear 5, Luffy, One piece luffySalah seorang fan bertanya bahwa jika Gear 4 kemudian menjadi sesuatu yang luar biasa, apakah kemudian Gear 5 juga bisa menjadi sesuatu yang luar biasa. Oda sensei sendiri tidak menjawab pertanyaan tersebut dengan gamblang atau jelas, namun lebih kepada sebuah “pesan tersembunyi.” Menurut Oda, saat ini musuh yang sedang dihadapi adalah sosok paling kuat di dunia.

Karena itulah dunia membutuhkan sebuah transisi dari “4G” ke “5G.” “G” artinya ‘gear,’ bukan?” Jika dilihat dari jawabannya, Oda seolah sedang melakukan twist antara 5G jaringan koneksi internet dan juga Gear 5. Namun, berdasarkan hal tersebut artinya bukan tidak mungkin jika kemudian Oda akan memperkenalkan Gear 5 dalam pertarungan melawan Kaido ini.

Selain “5G”, kata kunci lainnya adalah “karena itulah dunia membutuhkan sebuah transisi…” yang mana artinya Oda sendiri menyadari bahwa harus ada perubahan yang nyata atau transisi untuk menghadapi makhluk paling kuat dan paling dahsyat di dunia saat ini. Berbicara mengenai Gear sendiri memang sangat menarik, karena kita masih belum tahu akan sekuat apa Luffy kedepannya.

Volume 98 SBS Question Corner – The Library of OharaBanyak teori atau spekulasi yang berkembang mengenai Gear ini. Salah satu yang menarik mungkin adalah ketika Luffy akan memiliki 6 Gear di akhir ceritanya nanti. Hal tersebut terinspirasi dari transmisi kendaraan roda empat yang kemungkinan menjadi inspirasi bagi Oda Sensei. Transmisi kecepatan kendaraan mobil sendiri diketahui memiliki sampai enam gear atau gigi enam.

Lalu, bagaimana kekuatan dari Gear 5 ini jika memang Luffy bisa mengaksesnya? Pertama, mungkin Luffy akan memiliki kemampuan untuk mengeraskan tubuhnya dengan Armament Haki sehingga tubuhnya bisa tahan terhadap beberapa serangan – terlepas dari Luffy yang merupakan manusia karet. Sama seperti Gear 4 dimana Luffy bisa menggunakan kekuatan elastisitas (elastic force) untuk menembakan tenaganya, Gear 5 juga melakukan hal itu dengan sebagian tubuhnya atau seluruhnya.

Atau mungkin Luffy nanti akan mampu merubah tubuhnya menjadi apapun yang dia inginkan, mirip seperti Green Lantern yang bisa menghadirkan apa saja dengan membayangkannya. Luffy pun sama, dengan membayangkannya, tubuh karetnya kemudian akan mewujudkannya. Misalnya merubah lengannya menjadi kapak atau palu raksasa. Hal ini tentunya akan membuat jarak serangan Luffy meningkat.

BERSAMBUNG KE HALAMAN 2

1
2
Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.