Di chapter 1007 kemarin, Kozuki Oden diperlihatkan kembali dalam cerita. Dan kemunculan kembali Kozuki Oden ini memunculkan juga banyak sekali teori dan spekulasi, mengapa dan bagaimana kemudian Oden bisa kembali. Salah satu teori yang menarik adalah yang menyebutkan bahwa sosok Oden yang kembali muncul di hadapan Red Scabbards bukanlah sosok Kozuki Oden yang asli.

Lalu, jika bukan sosok asli, siapa sosok tersebut? apakah gambaran dari Kanjuro? Kozuki Oden yang muncul dalam chapter 1007 kemarin adalah sosok hantu dari Kozuki Oden. Hal ini ada kaitannya dengan pohon suci di Onigashima. Seperti yang diperlihatkan di chapter sebelumnya, bahwa terdapat satu pohon besar yang diikat oleh sebuah objek suci bernama Shimenawa, berupa tali yang melingkari pohon tersebut.

Bagi orang Jepang, Shimenawa adalah sebuah benda yang bisa melindungi sesuatu dari arwah jahat. Sering kali Shimenawa ini diikatkan kepada Yorishiro, objek yang dianggap mampu untuk menyimpan arwah yang ada (atau mampu menarik perhatian mereka). Sering kali, Yorishiro atau objek tersebut adalah pohon besar yang sudah tua. Salah satu alasan mengapa pohon tersebut diikat dengan Shimenawa adalah jika pohonnya dipotong, maka akan membawa kesialan.

Twitter.com

Jadi, berdasarkan penjelasan di atas bisa disimpulkan bahwa di dalam pohon suci di Onigashima ada banyak arwah yang tersimpan. Jika kemudian hal ini memang benar, maka Big Mom sudah membawa kesialan besar bagi Onigashima dan juga untuk pihaknya. Karena, dia sudah menghancurkan pohon suci tersebut di awal penyerangan.

Tema tentang arwah dan hantu ini juga direfleksikan melalui festival api yang diadakan di Flower Capital. Tujuan dari festival tersebut adalah untuk menghormati orang-orang yang sudah tewas. Disebutkan bahwa semakin meriah atau mewah festivalnya, diyakini bahwa emosi mereka terhadap mereka yang sudah tewas akan tersampaikan dengan baik.

Teorinya sendiri cukup simpel, arwah dari Oden (dan Toki) yang ada di dalam pohon suci Onigashima akhirnya terbebas dan kembali ke dunia setelah pohon tersebut dihancurkan oleh Big Mom. Dengan festival api yang sedang diselenggarakan sekarang, yang diadakan dengan sangat luar biasa meriah, maka arwah dari Oden bisa kembali muncul.

Aminoapps.com

Inilah yang kemungkinan menjadi alasan mengapa Oden tidak memiliki bekas luka di tubuhnya. Karena pada dasarnya dia adalah hantu. Ini juga yang kemudian menjadi alasan mengapa Oden baru muncul sekarang, karena sebelumnya dia masih terjebak. Baru setelah Big Mom menghancurkan pohonnya dia bisa kembali muncul – ditambah juga dengan adanya festival api.

Kozuki Oden sendiri kemungkinan akan menghilang atau kembali ke wujud asalnya setelah festival api berakhir. Artinya Oden memiliki jangka waktu yang terbatas untuk bisa berada di dunia ini. Kita nantikan saja ya Geeks apakah kemunculan dari Kozuki Oden ini akan bisa membantu aliansi Luffy memenangkan pertarungan melawan Kaido dan Big Mom.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.