Dua halaman yang berfokus pada percakapan antara Yamato dan Momonosuke serta diskusi para anggota CP-0 tentang buah iblis buatan Momonosuke di chapter terbaru manga One Piece, mungkin adalah bagian menarik dari chapter tersebut dari sudut pandang naratif. Dalam chapter tersebut kita melihat bagaimana Momonosuke mengungkapkan apa yang dia rasakan di depan Shinobu dan Yamato.

Momo menyatakan bahwa dia merasa menjadi sosok yang lemah dan bukan sosok yang diharapkan oleh banyak orang selama ini. Dan yang menarik adalah dibalik semua ekspresi tersebut Momo kemudian tiba-tiba berubah ke form naganya. Di sisi lain, CP-0 sedang berdiskusi tentang buah iblis buatan. Mereka mencoba mengkonfirmasi beberapa informasi yang ada.

Contohnya adalah buah iblis buatan tersebut dibuat oleh Vegapunk dan bukan Caesar. Buah iblis buatan kedua ilmuwan tersebut juga sangat berbeda. Dan yang juga menarik adalah buah iblis buatan Vegapunk dianggap sebagai buah iblis buatan yang gagal. Yang menjadi perhatian dalam dialog tersebut adalah CP-0 tersebut terlihat senang, bukan hanya karena yakin buah iblis buatan tersebut hancur, tapi juga risetnya gagal dan buah iblisnya juga dianggap gagal.

PANDAMAN ルフィ #東京ワンピースタワー (@Amanomoon_) | Twitter
Twitter.com/Amanomoon_

Seperti yang kita ketahui, Dr. Vegapunk bekerja untuk pihak Pemerintah Dunia dan angkatan laut. Riset tentang buah iblis buatan yang DNA-nya diambil dari Kaido saat dia ditangkap, juga sebenarnya akan dipersembahkan kepada Pemerintah Dunia. Mengapa kemudian pihak Pemerintah Dunia – yang diwakili oleh CP-0 – merasa senang bahwa buah iblis buatan tersebut gagal?

Inilah yang kemudian menjadi pertanyaan besar saat ini. Ada kemungkinan bahwa CP-0 ada kaitannya dengan buah iblis naga Kaido. Mungkin alasan mengapa Vegapunk membuat buah iblis tersebut adalah untuk menyaingi buah iblis yang sekarang ada di tubuh kaido. Kaido sendiri tidak bisa dibunuh atau dilukai, sehingga mereka mencari cara untuk bisa menandingi buah iblis tersebut.

Dan cara yang mereka pilih adalah membuat buah iblis buatan lainnya. Tapi, ini juga memunculkan pertanyaan lainnya. Mengapa kemudian CP-0 merasa senang bahwa kaum naga langit, pihak yang mereka lindungi selama ini, tidak memiliki akses terhadap kekuatan tersebut? Bukankah seharusnya CP-0 merasa marah atau kurang senang bila riset tersebut gagal?

Mangascouts.blogspot.com

Bisa jadi jalan pikiran mereka sama dengan Vegapunk. Dalam artikel sebelumnya, disebutkan bahwa ada kemungkinan bahwa Vegapunk memang sengaja menggagalkan proyek riset tersebut. Hal ini dilakukan sebagai bentuk perlawanan Vegapunk terhadap Pemerintah Dunia. Vegapunk juga tidak ingin kaum naga langit bertambah kuat, dengan pasukan buah iblis naga. Dan hal ini juga mungkin yang dipikirkan oleh para CP-0.

Mereka memang bertugas untuk melindungi kaum naga langit dan bergerak sesuai dengan perintah mereka. Namun, bagaimana jika kemudian CP-0 sebenarnya tidak senang dan merasa terancam jika kemudian Pemerintah Dunia semakin bertambah kuat. Untuk saat ini, semua yang berkaitan dengan buah iblis buatan Momonosuke masih menjadi spekulasi dan teori saja. Mudah-mudahan saja Oda Sensei bisa membeberkan informasi lebih detail lainnya mengenai hal ini di chapter yang akan datang.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.