Chapter 1007 kemarin mengkonfirmasi salah satu hal yang selama ini banyak diperbincangkan para fans, yaitu buah iblis naga. Buah iblis ini bisa kita temukan di dalam diri Momonosuke yang memakan buah iblis buatan dari Vegapunk. Entah karena Vegapunk tidak ingin memberikannya kepada pihak Pemerintah Dunia atau memang Vegapunk mengatakan hal yang sebenarnya, bahwa buah iblis buatan tersebut adalah buah iblis gagal.

Meskipun masih sekedar spekulasi, namun ada kemungkinan bahwa buah iblis Momonosuke memiliki mekanisme atau sistem kerja yang sama dengan buah iblis Kaido. Eiichiro Oda sering kali mengejutkan para fans, dengan membunuh salah satu karakter dan kemudian menghadirkannya kembali dalam “bentuk” yang lain. Entah dalam bentuk “warisan semangat” atau melalui karakter dengan sifat yang sama.

Berdasarkan hal tersebut, muncul sebuah spekulasi yang menarik di kalangan para fans, yaitu artinya apapun buah iblis atau kemampuan yang dimiliki oleh sosok pendahulu, Oda pasti akan memindahkannya/memberikannya kepada pengguna baru. Ada beberapa poin yang bisa menjadi argumen untuk spekulasi ini. Pertama, Oda membunuh Ace di Marineford.

Neverwatchedonepiece.tumblr.com

Oda kemudian menghadirkan kembali saudara Luffy lainnya yaitu Sabo. Sabo memiliki kemiripan dengan Ace – pengguna buah Mera Mera dan sama-sama orang nomor 2 di organisasinya. Kedua, Oda membunuh Whitebeard. Buah iblisnya kemudian berpindah tangan menjadi milik Blackbeard.  Ketiga, Oda membunuh sosok Oden. Seorang penggemar fanatik Oden, yaitu Yamato, kemudian muncul dengan “warisan semangat” dari Oden.

Keempat, Oda membunuh Ryuma – bertahun-tahun yang lalu – dan kemudian memperkenalkan Roronoa Zoro sebagai reinkarnasi atau “penerus” dari Ryuma. Atau bisa juga dibilang sebagai Ryuma kedua. Kelima, Oda membunuh Absalom, yang mana kemudian buah iblis Suke Suke miliknya sekarang berada di tangan salah satu anak buah Blackbeard, Shiryu.

Teorinya adalah dengan adanya koneksi antara Momonosuke dan apa yang dibicarakan oleh Cipher Pol, bagaimana mereka percaya atau berharap buah iblis buatan yang “gaga” tersebut hancur, padahal sebenarnya buah iblis tersebut masih ada dan dimakan oleh Momonsuke yang kelak akan menjadi Shogun di wilayah Wano. Lalu, apa kaitannya dengan Kaido?

Mangascouts.blogspot.com

Pada intinya, teorinya menyebutkan bahwa dalam cerita One Piece dua hal yang sama tidak bisa berada di satu tempat. Eiichiro Oda membedakan kemampuan, buah iblis, dan karakteristik dari para individual tersebut, meskipun secara garis besar ada kesamaan diantara mereka. contohnya, pengguna dua pedang dulu adalah sosok Oden. Namun, di masa sekarang adalah Vista. Dan di masa yang akan datang adalah Red Scabbards.

Para karakter yang muncul dalam cerita One Piece bukanlah cerminan dari karakter lama, meskipun mereka mungkin terinspirasi dari karakter-karakter legendaris tersebut. Setidaknya mereka tidak bisa di satu era atau masa yang sama. Buah iblis Kaido mirip dengan buah iblis Momonosuke – meskipun sebenarnya masih menjadi pertanyaan juga bagaimana buah iblis ikan bisa menjadi naga.

CP-0 mengatakan bahwa dulu dia adalah subyek ekspresimen bagi Vegapunk. Intinya, Momo dan Kaido tidak bisa berada di satu masa yang sama. Salah satu dari mereka harus ada yang tewas. Dan kemungkinan tersebut akan jatuh kepada sosok Kaido. Bagaimana menurut kalian mengenai hal ini, apakah kalian setuju dengan teorinya Geeks?

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.