Selain tema bajak laut, salah satu tema yang selalu dipegang dalam cerita One Piece adalah “mewarisi tekad” yaitu dimana salah satu karakter akan mewarisi tekad atau mimpinya dari satu generasi ke generasi lainnya. Simbol yang paling nyata dari konsep tersebut adalah topi jerami yang digunakan oleh Luffy, dimana topi tersebut sudah diwariskan dari Gol D. Roger kepada Shanks.

Shanks kemudian memberikan topi tersebut kepada Luffy di awal cerita One Piece. Selain topi jerami yang dikenakan oleh Luffy, ada juga hal lainnya yang bisa menjadi warisan untuk generasi selanjutnya yaitu rivalitas antar karakter. Seperti yang kita ketahui, Whitebeard alias Shirohige dan Gol D. Roger merupakan rekan sekaligus rival di masa jayanya.

Banyak para fans beranggapan bahwa Monkey D. Luffy merupakan pewaris tekad dari Roger, yang dibuktikan oleh berbagai hal seperti halnya topi jerami. Lalu, siapa karakter yang akan menjadi rekan sekaligus rival untuk Luffy? Ada banyak teori yang menyebutkan siapa sosok karakter yang bisa menjadi rekan sekaligus rival dari Luffy. Dua nama yang banyak disebut adalah Trafalgar Law dan Charlotte Katakuri.

Aminoapps.com

Meskipun Law memang saat ini menjadi sosok yang “dekat” dengan bergabung bersama Luffy, namun kemungkinan kecil bahwa Law akan menjadi sosok Whitebeard bagi Luffy. Artinya Charlotte Katakurilah yang berpeluang besar menjadi sosok Whitebeard bagi Luffy. Apa alasannya? Pertama, musuh yang dihormati. Rasanya Geeks semua sudah mengetahui dan melihat pertarungan epik antara Luffy dan Katakuri.

Secara teknis, Katakuri memang menang. Hal ini dilihat dari bagaimaan Luffy terus bangkit meskipun dia sudah berkali-kali terkena serangan Katakuri dan terjatuh. Sampai kemudian akhirnya Katakuri menyerah dan mengakui determinasi dari Luffy. Di akhir pertarungan kita melihat bagaimana Katakuri mengakui kekuatan dari Luffy, dan mengatakan bahwa dia adalah sosok yang kuat.

Sama halnya dengan Luffy terhadap Katakuri. Mereka diperlihatkan saling mengormati satu sama lainnya. Mereka sama-sama merupakan musuh yang sulit ditaklukan, seperti halnya Roger dan Whitebeard. Mungkin adegan yang sama dulu antara Roger dan Whitebeard bisa kembali terjadi dengan Luffy, dimana ketika dia sudah menyelesaikan mimpinya dia akan kembali bertemu dengan Katakuri dan meminum sake bersama.

Reddit.com

Kedua adalah keluarga. Alasan lainnya mengapa Katakuri sangat mirip dengan Whitebeard adalah keluarga. Bagi Whitebeard, keluarga adalah segalanya. Meskipun anak buahnya bukanlah anak kandungnya ataupun bagian dari keluarga utamanya, Whitebeard tetap menganggap mereka sebagai “anak-anaknya” dan juga kelompok Whitebeard dia anggap sebagai sebuah keluarga besar.

Meskipun pengertian keluarga mungkin berbeda – bagi Whitebeard – namun, pada intinya tetap sama, jika ada siapapun yang berani macam-macam dengan keluarga Whitebeard, dia akan menghancurkan sosok tersebut. Jika ada yang bermain-main atau melukai keluarga dari Katakuri, maka dia akan menghabisi nyawa sosok tersebut. Itulah yang dilakukan oleh Katakuri, saat Luffy mencoba menculik dan melukai Smoothie.

Twitter.com

Ketiga, adanya kesamaan latar belakang. Suka atau tidak, sengaja atau tidak, Whitebeard memiliki latar belakang yang sama dengan Katakuri. Whitebeard digambarkan sebagai sosok yang sangat kuat, yang ditakuti oleh semua orang karena kekuatan dan juga intimidasi, tidak peduli apa yang orang lain pikirkan tentangnya, dan dia rela melakukan apapun untuk melindungi keluarganya.

Jika diperhatikan maka penjelasan tersebut juga sama dengan Katakuri. Seperti yang disebutkan di atas, salah satu tema utama yang muncul di One Piece adalah “mewarisi tekad.” Atau bisa dibilang juga “sejarah yang kembali terulang.” Luffy memang bukan Roger, dan dia juga tidak berusaha untuk bisa seperti Roger. Namun, harus diakui bahwa latar belakang mereka sama. Katakuri memang bukan Whitebeard, dan juga tidak pernah berusaha untuk bisa seperti Whitebeard. Namun, cerita tentang mereka memiliki kesamaan. (Featured Image: twitter.com)

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.