Kelompok bajak laut Red Hair atau Rambut Merah adalah kelompok bajak laut pertama yang muncul di seri manga One Piece dan kedua di seri animasinya, setelah kelompok bajak laut Alvida. Kelompok bajak laut Rambut Merah adalah pengaruh besar terhadap perjalanan dan petualangan dari Luffy dan Usopp – Luffy terinspirasi oleh Shanks sedangkan Usopp terinspirasi dari ayahnya Yasopp.

Menjadi salah satu kelompok bajak laut paling kuat di lautan, mereka cukup berbeda dibandingkan kelompok bajak laut pada umumnya. Inilah kemudian yang menjadi salah satu hal kelompok Rambut Merah banyak disegani oleh banyak orang. Meskipun masih banyak misteri yang menyelimuti kelompok ini, ada beberapa fakta menarik yang sudah muncul di ceritanya. Apa saja?

Memiliki Kru Terkuat

Jika di masa lalu, kelompok bajak laut yang disegani dan ditakuti adalah Rocks D. Xebec, tapi di masa sekarang kelompok Rambut Merah yang menggeser posisinya. Jika biasanya kelompok bajak laut memiliki banyak bawahan dan pasukan, kelompok Shanks hanya berjumlah puluhan orang saja. Namun, meskipun jumlahnya tidak banyak mereka semua adalah sosok yang sangat kuat.

Pinterest.com

Hal ini bahkan diakui oleh Sengoku sendiri, yang menyebutkan bahwa kelompok Rambut Merah adalah kelompok bajak laut yang paling seimbang dalam hal kekuatan. Hampir semua kru memiliki kemampuan yang sama kuatnya dengan Shanks. Ini juga diakui dalam databook One Piece, dimana disebutkan bahwa kelompok ini memiliki kemampuan yang merata.

Pernah Mengalahkan Makhluk Terkuat

Geeks semua mungkin sudah mendengar ceritanya, bahwa Shanks pernah menghentikan aksi Kaido dan sehari kemudian Shank sudah berada di Marineford untuk menghentikan pertempuran antara kelompok Whitebeard dan angkatan laut. Kaido sendiri dikabarkan akan bergabung dalam pertarungan tersebut, dan berniat membunuh Whitebeard. Namun, Shanks kemudian muncul dan mencegah hal tersebut.

onepiecetheories.com

Sayangnya, pertarungan ini tidak ditampilkan dalam ceritanya. Kita juga tidak pernah tahu mengenai detail pertempurannya. Ada beberapa kemungkinan terjadi. Pertama, Shanks berhasil mengalahkan semua pasukan Kaido dan mundur. Kedua, Shanks dan Kaido mungkin menjalin kesepakatan sehingga mereka tidak jadi berperang. Melihat bagaimana Shanks mampu bertarung dengan Kaido dan kembali ke Marineford tanpa luka dan dalam waktu singkat, sungguh sangat luar biasa.

Tidak Ada Pengguna Buah Iblis

Ini salah satu poin yang menjadi pembeda antara kelompok bajak laut Rambut Merah dan kelompok bajak laut lain. Jika kelompok lain memiliki kru pengguna buah iblis, maka kelompok Shanks sejauh ini diketahui tidak ada yang memiliki kemampuan buah iblis. Shanks sendiri juga bukanlah pengguna buah iblis. Ini menjadi menarik karena tanpa adanya bantuan buah iblis, kru bajak laut ini mampu menjadi salah satu yang terkuat.

http://www.outskirtsbattledomewiki.com/

Namun, kita sendiri masih belum mengetahui secara jelas mengenai kelompok Shanks. Oda Sensei masih belum memberikan secara detail informasi mengenai kelompok ini, sehingga masih belum diketahui apakah semua krunya memang bukan pengguna buah iblis atau ada salah satu dari mereka yang memiliki kekuatan buah iblis. Tapi, sejauh ini memang diketahui tidak ada krunya yang memiliki kekuatan tersebut.

Berasal Dari Berbagai Penjuru Lautan

Kelompok Rambut Merah memiliki empat kru utama: Shanks, Benn Beckman, Yasopp, dan Lucky Roo. Benn merupakan wakil kapten dan juga sosok yang pertama kali bergabung dengan kelompoknya. Sementara Yasopp dan Lucky Roo baru bergabung di kemudian hari. Yang menarik adalah keempatnya berasal dari empat penjuru lautan yang berbeda.

Twitter.com

Seperti yang diketahui, Shanks berasal dari West Blue. Benn Beckman sendiri berasal dari North Blue, Yasopp berasal dari East Blue, dan Lucky Roo berasal dari South Blue. Asal dari kru lainnya sendiri masih belum diketahui. Ini menjadi bukti bahwa Shanks memiliki keberagaman kru yang luar biasa, seperti halnya Luffy.

Tidak Memiliki Hirarki

Berbeda dengan kelompok lainnya, kelompok bajak laut Shanks ini tidak memiliki hirarki atau struktur kepemimpinan yang jelas. Namun, yang pasti Shanks dianggap sebagai kapten dan pemimpin kru. Di bawahnya ada tiga sosok kru senior yaitu Benn Beckman, Lucky Roo, dan Yasopp. Semuanya memiliki popularitas masing-masing. Sedangkan kru sisanya adalah kru bajak laut terkenal yang memiliki kepercayaan besar terhadap Shanks.

Aminoapps.com

Selain tidak memiliki hirarki, kelompok Shanks juga tidak memiliki jumlah kru yang banyak. Berbeda dengan kelompok Kaido atau Big Mom serta Whitebeard, yang memiliki jumlah kru mencapai ribuan, Shanks hanya memiliki kru berjumlah puluhan. Meskipun begitu, kekuatan dari kru bajak laut Shanks diakui oleh Pemerintah Dunia, bahkan Pemerintah Dunia khawatir terhadap kekuatan kelompok ini. (Featured Image: aminoapps.com)

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.