Para fans dari One Piece rasanya sudah sangat mengenal sosok Shanks. Shanks merupakan salah satu dari beberapa karakter yang populer dari seriesnya. Namun para fans sendiri masih penasaran mengenai seberapa besar sebenarnya kekuatan dari Shanks. Sejauh ini kita belum pernah melihat kemampuan Shanks secara penuh, dan penampilan dari kekuatan Shanks yang sebenarnya.

Banyak fans mencoba untuk berspekulasi mengenai kemampuan yang dimiliki oleh Shanks. Satu hal yang pasti adalah dia merupakan seseorang yang sangat ahli dalam berpedang. Namun, tentunya Shanks butuh dari sekedar kemampuan itu untuk menjadi seorang kaisar lautan atau Yonko. Dan kita juga tidak tahu apa sebenarnya tujuan dan motivasinya sebagai seorang Yonko.

Namun, yang menarik adalah jika kita melihat apa yang dia lakukan di sepanjang seriesnya Shanks selalu mengetahui apa akan terjadi di masa depan (bukan hanya beberapa minggu, bahkan mungkin dalam beberapa bulan atau bahkan tahun. Pada intinya, terdapat salah satu teori yang menyebutkan bahwa Shanks kemungkinan melihat ke masa depan, bukan hanya dalam waktu singkat.

Twitter.com

Ada beberapa bukti yang mendukung argumen tersebut. Pertama Shanks datang menemui Whitebeard untuk memperingatkannya agar menghentikan upaya Ace mengejar Blackbeard. Mungkin banyak yang beralasan bahwa Shanks melakukannya karena dia takut Ace terluka. Namun apakah Shanks harus menemui Whitebeard hanya untuk membicarakan hal tersebut?

Shanks sepertinya sudah mengetahui bahwa apa yang dilakukan oleh Ace akan memicu perang besar yang mana efeknya adalah menghancurkan keseimbangan dunia. Shanks bukan marah atau kecewa kepada Whitebeard, namun lebih kepada frustasi apa yang dia lihat di masa depan. Dan dia berusaha dengan sekuat tenaga untuk mencegah hal tersebut terjadi.

Bukti kedua adalah pertarungannya melawan Kaido. Dalam perang Marineford, Ace muncul untuk menghentikan perang tersebut. Yang membuat banyak angkatan laut kaget adalah beberapa hari sebelumnya diketahui bahwa Shanks sedang bertarung melawan Kaido. Dan hanya butuh satu hari bagi Shanks untuk kembali ke Marineford. Sayangnya, Oda Sensei tidak memperlihatkan pertarungan diantara mereka.

Hal ini kemudian memunculkan pertanyaan apakah mereka memang benar-benar bertarung? Pasalnya, tidak ada sama sekali bekas luka di tubuh Shanks akibat pertarungan tersebut. Pertanyaan lainnya adalah mengapa Shanks mencegah Kaido datang ke Marineford? Besar kemungkinan Shanks mengatakan pada Kaido bahwa dalam beberapa tahun kedepan dia akan menghadapi perang besar yang skalanya jauh lebih besar dari Marineford. Dan mendengar hal ini, Kaido pun memutuskan untuk mundur.

Twitter.com

Bukti ketiga adalah Shanks menyelamatkan Koby. Koby mempertaruhkan nyawanya untuk menghentikan serangan Sakazuki dan juga dia mencoba menghentikan peperangan tersebut. Sayangnya, Sakazuki tidak peduli dengan hal itu dan memutuskan untuk menghancurkan Koby. Beruntung, Shanks muncul tepat waktu dan menahan serangan Sakazuki.

Saat melakukan hal itu, Shanks kemudian mengatakan bahwa apa yang dilakukan oleh Koby, beberapa detik tersebut sangatlah berharga. Apa yang sudah dia lakukan benar-benar bisa mengubah dunia. Pertanyaannya, apakah artinya Shanks udah bisa melihat bahwa Luffy akan menjadi seorang bajak laut yang hebat? Shanks mungkin tahu bahwa dengan Luffy hidup akan membawa perubahan besar bagi dunia.

Bukti terakhir adalah Shanks yang memperingatkan Gorosei. Sebenarnya hal ini sama seperti yang dia lakukan terhadap Whitebeard. Shanks pergi ke Mary Geoise untuk bertemu dengan Gorosei dan membahas mengenai seorang bajak laut. Sampai saat ini, kita masih belum mengetahui siapa sosok yang dimaksud oleh Shanks tersebut. Dan sama seperti kasus Ace, mungkin Shanks mengetahui bahwa sesuatu akan terjadi di masa depan dan dia akan melakukan sesuatu untuk mencegah hal itu.

Mungkin inilah yang membuat Shanks banyak ditakuti oleh orang-orang. Inilah alasan mengapa Shanks banyak dihormati oleh semua pihak, bahkan pihak Pemerintah Dunia. Kita masih belum tahu apakah pihak Gorosei akan memberikan respon berbeda seperti Whitebeard. Kita nantikan saja kelanjutan ceritanya ya Geeks!

Featured image: gagasize.blogspot.com

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.