Shichibukai adalah sebutan untuk para bajak laut yang beraliansi dengan pihak Pemerintah Dunia dalam cerita One Piece. Mereka dikenal memiliki kekuatan yang luar biasa dan juga kewenangan besar yang membuat mereka menjadi salah satu kekutan terbesar, selain Yonko yang menghuni New World. Jumlah dari Shichibukai sendiri adalah tujuh orang, sesuai dengan namanya.

Semua para bajak laut ini memiliki kekuatan buah iblis. Namun, tidak semuanya buah iblis dari para Shichibukai tersebut terbukti ampuh dan efektif dalam pertarungan. Meskipun begitu kekuatan buah iblis para Shichibukai ini sangatlah unik. Berikut adalah buah iblis yang dimiliki oleh para mantan Shichibukai dalam cerita One Piece.

Buggy si Badut – Bara Bara no Mi

Buggy, seperti yang kita tahu, merupakan salah satu karakter yang paling populer dan merupakan salah satu karakter yang muncul di awal cerita One Piece. Buggy dulu merupakan kru bajak laut Roger, bersama dengan Shanks sebelum kemudian kru Roger bubar dan mereka pun berpisah. Sebelum sistem Shichibukai dibubarkan, Buggy adalah tambahan terakhir dalam sistem ini.

Buggy sendiri mengkonsumsi buah iblis Bara Bara no Mi, dimana semua anggota tubuhnya bisa berpisah dalam jangkauan tertentu. Sayangnya, meskipun kekuatannya ini terdengar luar biasa Buggy justru digambarkan sebagai karakter yang lucu dan penuh dengan unsur komedi. Buggy juga diperlihatkan tidak mampu untuk menggunakan kekuatan buah iblis tersebut secara maksimal, terlepas dari kemampuan bertarungnya yang kurang. Buggy selalu berusaha terlihat tangguh, tapi nyatanya dia terlihat sangat konyol.

Gecko Moria – Kage Kage no Mi

Gecko Moria merupakan mantan penguasa di Thriller Bark, dan merupakan mantan Shichibukai. Sebagai salah satu Shichibukai, memang kekuatannya tidak bisa diremehkan. Tapi, jika harus dibandingkan dengan Shichibukai lainnya, kekuatan Moria sebenarnya tidak terlalu signifikan. Bahkan, bisa dibilang dia merupakan Shichibukai yang paling lemah dibanding yang lain.

Meskipun dia handal dalam bertarung, Moria lebih sering menggunakan buah iblis miliknya, Kage Kage no Mi, untuk mencuri bayangan milik orang lain dan memasukannya ke zombie yang sudah dia siapkan. Seperti yang diperlihatkan di arc Thriller Bark, dengan kekuatan Kage Kage no Mi ini juga dia bisa menyerap bayangan milik orang lain.

Donquixote Doflamingo – Ito Ito no Mi

Doflamingo adalah salah satu bajak laut yang sudah lama memegang jabatan Shichibukai. Dan selain menjadi Shichibukai, dia juga menjadi penguasa di wilayah Dressrosa. Dofy adalah salah satu Shichibukai terkuat, dengan buah iblis miliknya Ito Ito no MI. Namun, buah iblis ini adalah buah iblis yang sulit untuk dikendalikan sehingga butuh waktu yang banyak bagi Dofy untuk menguasai kekuatan ini.

Ito Ito no Mi merupakan buah iblis bertipe Paramecia, yang dimiliki oleh Donquixote Doflamingo. Buah iblis ini memberikan kemampuan kepada penggunanya untuk mengendalikan apapun dengan menciptakan sebuah tali pengatur yang tipis yang berasal dari awan. Senar atau tali yang diciptakan ini sangatlah kuat dan tajam, bahkan mampu untuk memotong meteor yang datang tanpa hambatan.

Crocodile

Salah satu mantan Shichibukai, Crocodile ditangkap dan dilempar ke Impel Down setelah peristiwa mengerikan di Alabasta, dimana dia mencoba merebut kekuasaan keluarga Nefertari. Menjadi bajak laut yang sangat berbahaya, Crocodile dikurung di penjara level 6. Dengan kekuatan tipe Logia Suna Suna no Mi, Crocodile merupakan ancaman besar bagi hampir semua orang yang ada levelnya.

Buktinya Luffy pernah sampai dua kali dikalahkan oleh Crocodile, ketika di arc Alabasta. Crocodile juga bisa saja menghabisi musuhnya dengan mudah. Air adalah satu-satunya kelemahan dari buah iblis Crocodile ini. Jika tubuhnya terkena air, maka kemampuan pasirnya akan berkurang, seperti halnya pasir di dunia nyata yang mana akan menggumpal jika basah ataupun terkena air.

Bartholomew Kuma

Bartholomew Kuma adalah sosok yang misterius dan masih banyak pertanyaan terkait dengan karakter ini. Dia dikenal sebagai Shichibukai paling setia, mau mendengarkan perintah apapun dari Pemerintah Dunia. Namun, ternyata dia juga bagian dari pasukan revolusi. Kuma memiliki kekuatan dari buah iblis Nikyu Nikyu no Mi, dimana dia mampu menahan serangan musuh dengan mudah. Dengan kekuatan ini juga Kuma bisa “mengirim” orang kemanapun yang dia inginkan.

Nilai buruannya dahulu adalah 296 juta Belly, dan dulu dia dikenal sebagai seorang bajak laut yang sangat mengerikan. Masih menjadi misteri mengapa kemudian dirinya mau menjadi bahan percobaan dari Dr. Vegapunk, yaitu Pacifista. Terlepas dari hal itu Kuma terbukti sangat kuat dengan bisa mengalahkan seluruh kru Topi Jerami sendirian sebelum time-skip terjadi.

BERSAMBUNG KE HALAMAN 2

1
2
Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.