Setelah empat episode menunggu, para fans dari Attack on Titan versi anime akhirnya mendapatkan kejutan yang luar biasa, yaitu kemunculan Eren Jaeger. Setelah credit episode 4 yang berjudul “From One Hand to Another,” fans mendapatkan sedikit post-credit scene yang mana membuat para fans terkejut. Di sebuah ruang bawah tanah, Falco meminta Braun untuk ikut bersamanya ke ruang tersebut.

Tanpa diduga, sosok veteran yang selama ini menjadi teman bicara Falco bukanlah sosok asing. Dia adalah Eren Jaeger. Selama musim pertama sampai ketiga, para fans disuguhkan dari perjuangan Eren untuk mengetahui apa sebenarnya yang ada di ruang bawah tanah milik ayahnya. Usaha panjang Eren akhirnya terbayarkan di akhir musim ketiga bagian kedua.

Di dalam laci milik Grisha, para pasukan Scout terkejut mengetahui fakta bahwa sosok jenius dan intelektual yang selama ini ada di wilayah mereka ternyata berasal dari luar tembok – Marley. Mulai saat itu, para pasukan tersebut menyadari bahwa para Titan sebenarnya bukanlah penyebab semua masalah. Mereka hanyalah sebuah alat dari masalah yang sebenarnya, keserahakan dan kejahatan hati manusia.

Dan sumber dari kejahatan manusia tersebut merupakan fokus utama yang diperlihatkan di musim keempat ini. Empat tahun setelah gagal menemukan keberadaan Founding Titan di Paradis Island, Reiner Braun, sang Armored Titan, akhirnya kembali ke Liberio. Yang tidak diketahui oleh Reiner adalah sosok Eren, yang selama ini dia latih dan bertarung bersama, ternyata ada di dekatnya.

Dengan rambut hitam panjang, sebelah kakinya hilang, serta matanya ditutupi oleh perban, Eren menyelundupkan dirinya sendiri ke rumah sakit dan kemudian berteman dengan Falco Grice, kadet dari kelompok Warrior Marley, yang bercita-cita untuk menjadi pewaris Armored Titan selanjutnya. Mungkin diantara Geeks ada yang tidak menyadari sosok Eren tersebut – baik dari mata ataupun suaranya.

Namun, nama yang dia berikan – yaitu Mr. Krueger – mungkin menjadi petunjuk jelas bahwa sosok tersebut adalah Eren Jaeger. Eren Krueger adalah nama dari The Owl, operasi penyamaran bagi para Eldian Restorationists yang bekerja sama dengan pihak polisi militer Marley. Dia mewariskan kekuatan Attack Titan kepada Grisha sebelum dia berubah menjadi Pure Titan sebagai hukuman karena dia menjadi pemimpin dari gerakan Restorasionist tersebut.

Di musim keempat ini, kita melihat bagaimana Eren meminta bantuan kepada Falco untuk mengirimkan surat ke “rumah” untuk memberi tahu bahwa kondisinya baik-baik saja. Masih belum diketahui apa yang sedang dia rencanakan dan apa yang dia tulisan di surat tersebut, karena status dari Survey Corps sendiri belum diketahui. Yang jelas Eren sepertinya mempersiapkan sesuatu yang sangat besar.

Hal ini dibuktikan dengan Eren yang meminta Falco untuk membawa Reiner menemuinya di ruang bawah tanah. Sementara di sisi lain, Willy Tybur juga sedang mempersiapkan sesuatu yang sangat besar untuk dirinya, dan juga untuk bangsa Eldian yang selama ini dituduh sebagai bangsa iblis. Dalam cuplikan singkat untuk episode lima, Eren mengatakan pada Reiner bahwa “aku sama denganmu” sambil matanya menyala.

Hanya ada satu arti dari hal tersebut yaitu transformasi Titan. Dengan bangsa Marley dan Eldian memiliki tujuannya masing-masing untuk memiliki Sembilan Titan Ymir, musim keempat yang sekaligus musim terakhir ini akan memperlihatkan bangsa mana yang akan mendapatkan keuntungan terlebih dahulu. Dengan Eren yang sudah memiliki dua kekuatan Titan, apakah kemudian dia akan memiliki kekuatan Titan yang ketiga? Kita nantikan saja ya Geeks kelanjutannya!

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.