Tidak diragukan lagi bahwa Attack on Titan adalah salah satu seri yang paling populer di dunia saat ini. Baik manga ataupun animenya, seri ini sama-sama memiliki banyak penggemar. Saat ini, serinya sendiri sudah mendekati akhir dengan cerita manganya yang sudah 99% dan animenya yang sudah memasuki musim terakhir. Masih belum diketahui apakah akan ada sekuelnya atau tidak.

Namun, Hajime Isayama mungkin bisa memulai sebuah spin-off yang lebih ringan dibandingkan dengan cerita utamanya. Attack on Titan sendiri memang sudah memiliki beberapa judul spin-off seperti No Regrets ataupun Lost Girls. Meskipun begitu Isayama bisa saja kembali dengan spinoff yang baru, dari salah satu karakter yang muncul di ceritanya. Lalu, siapa saja yang dirasa cocok untuk dibuatkan spinoffnya?

Falco Grice

Falco Grice adalah salah satu karakter “baru” dalam ceritanya. Dia baru muncul di akhir cerita serinya. Yang menarik adalah meskipun dia merupakan salah satu karakter baru, namun Falco sudah banyak mendapatkan sorotan. Falco sendiri adalah pemilik dari kekuatan Jaw Titan saat ini, setelah dia memakan Porco Galliard. Falco berperan penting di cerita akhir serinya ini.

Inilah 4 Pemilik Kekuatan Jaw Titan di Attack on Titan!Cerita dari spin-offnya sendiri mungkin bisa mengangkat peristiwa apa yang terjadi pada kehidupan Falco dan penduduk dunia, pasca peristiwa besar yang mengancam keberadaan mereka. Melalui spin-off ini para fans akan mengetahui apakah akan ada Titan di masa depan, apa yang terjadi kepada Marley dan Eldian, dan sebagainya. Selain sebagai spin-off mungkin cerita tentang Falco ini bisa juga digunakan sebagai epilog.

Para Kadet Muda Marley

Dalam versi animenya Falco, Gabi, Udo, dan Zofia (serta Colt) merupakan para kadet muda dari pasukan khusus Marley, Warrior Unit. Mereka adalah para tentara muda Marley yang penuh dengan semangat. Dalam perang di Fort Slava di episode pertama seri animenya, kita melihat bagaimana semangat dan determinasi mereka dalam memenangkan pertarungan.

Falco Grice | Tumblr | Attack on titan, Profile picture, AnimeSama halnya seperti di anime, di manganya pun mereka adalah para tentara muda yang sangat menarik dan enerjik. Tentunya akan sangat menarik melihat sisi lain dari para kadet muda tersebut, melihat bagaimana mereka berkembang, dan sebagainya. Tentunya ini bisa menjadi hal baru yang menarik dalam serinya.

Fritz

Geeks mungkin sudah tahu tentang sosok Fritz, raja/penguasa pertama dari bangsa Eldia. Dalam chapter 122 diperlihatkan bagaimana Fritz memimpin Eldian, yang masih merupakan suku kecil, pada 2000 tahun yang lalu. Sebenarnya Eldian merupakan suku yang cukup besar dan teroganisir. Namun, dengan Fritz yang harus kekuasaan akhirnya dia memaksa Titan Ymir untuk bertarung deminya, memperluas daerah kekuasaan Eldian.

Attack on Titan: 10 Fakta Mencengangkan Keluarga Fritzi! | GreensceneNamun, kita tidak pernah tahu bagaimana bangsa Eldian dibangun sedari awal, dari mana mereka berasal, dan mengapa Fritz saat itu ditunjuk sebagai penguasa. Apakah Fritz memang orang yang membangun Eldia? Atau merupakan keturunan dari orang yang membangun Eldia? Mungkin Hajime Isayama bisa menceritakan tentang apa yang terjadi dulu.

Historia

Ketika pertama kali diperkenalkan dalam ceritanya, Historia dianggap sebagai salah satu anggota 104th Cadet Corps yang paling lemah. Namun, Historia kini berubah menjadi sosok karakter yang luar biasa. Banyak peristiwa terjadi dalam hidupnya seperti dia menjadi pemimpin Paradis, membunuh sang ayah, Rod Reiss, yang ternyata adalah Titan, dan yang paling baru adalah Historia kini sedang hamil.

Para fans sendiri banyak berteori siapa yang menjadi ayah dari anak yang dikandung Historia. Dan kehamilan Historia erat dikaitkan dengan akhir dari cerita Attack on Titan. Banyak teori yang menyebutkan bahwa anak tersebut adalah sosok Ymir yang kembali dilahirkan. Jika spinoffnya dibuat mungkin kita akan melihat bagaimana Historia sebagai ibu, dan apa yang kemudian terjadi dalam kehidupannya.

Mikasa Ackerman

Attack on Titan memang sebelumnya sudah merilis sebuah spinoff yang berfokus pada Mikasa Ackerman, yaitu Attack on Titan: Lost Girls. Mikasa adalah salah satu karakter yang populer selain Eren Yaeger, dan juga Mikasa adalah sosok yang sudah mengenal sosok Eren sejak lama. Sampai chapter 135 kemarin pun Mikasa masih tetap menjadi salah satu karakter sentral dalam ceritanya.

Attack on Titan Teases Mikasa's Last-Ditch Plan for ErenHal ini membuktikan bahwa memang membahas tentang Mikasa tidak akan pernah membosankan. Mungkin spinoffnya nanti bisa mengangkat cerita tentang pasca peristiwa Rumbling, dari sudut pandang Mikasa. Kita juga melihat bagaimana perasaanya kepada Eren, meskipun sebelumnya dia sudah mengucapkan salam perpisahan. Kita juga bisa melihat apa peran Mikasa selanjutnya di Survey Corps.

Ymir

Ymir atau Ymir Fritz adalah karakter yang memulai semua peristiwa ini. Seperti yang disebutkan dalam ceritanya, Ymir adalah manusia pertama yang kemudian mendapatkan kekuatan Titan. Kekuatan tersebut kemudian dipergunakan untuk memperluas kerajaan Eldia selama berabad-abad. Ymir sendiri kemudian tewas setelah melindungi Fritz, dan dia pun hidup di dunia Path selama hampir 2000 tahun.

Selama ini, kemunculan Ymir hanya sedikit dan tidak banyak cerita yang disampaikan. Pada awalnya, kehidupan Ymir hanya diliputi oleh kesedihan. Ymir jarang sekali berbicara, yang sering diperlihatkan dalam ceritanya adalah Ymir dengan tatapan marah, kosong, dan terkadang menangis. Mungkin spinoffnya nanti bisa menghadirkan cerita lain dari Ymir – misalnya jika Ymir bukan budak, maka apa yang akan terjadi atau apa yang akan terjadi jika Ymir tidak memiliki kekuatan Titan sedari awal.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.