Dracule Mihawk atau biasa juga disebut sebagai Mihawk si mata elang, adalah ahli pedang terkuat di dunia One Piece dan merupakan sosok legendaris yang sangat penting di serinya. Mihawk sendiri dulu merupakan bagian dari Shichibukai atau tujuh bajak laut penguasa laut yang bekerja sama dengan Pemerintah Dunia. Namun, dengan sistem Shichibukai yang telah dibubarkan, sekarang dia tidak lagi menjadi bagian dari kelompok tersebut.

Dengan kekuatan yang dia miliki, Mihawk tanpa diragukan lagi adalah salah satu orang paling menakutkan di serinya. Sama halnya dengan beberapa karakter hebat lain, Mihawk sangat jarang muncul di cerita. Karena itulah mungkin banyak diantara para fans yang kurang begitu mengenal sosok Mihawk. Berikut adalah beberapa hal yang perlu kalian ketahui tentang sosok Mihawk.

Kemunculan Pertamanya

Dracule Mihawk muncul pertama kali di awal seri One Piece. Hal ini merupakan sesuatu yang unik karena jarang sosok karakter sekuat Mihawk muncul di awal cerita, dalam arc Baratie. Mihawk sendiri adalah sosok yang sangat ingin dikalahkan oleh Roronoa Zoro. Hal ini demi memenuhi janjinya kepada Kuina, dimana dia akan menjadi ahli pedang terbaik di dunia. Namun, mengalahkan Mihawk tentunya bukanlah tugas yang mudah. Di manga One Piece sendiri Mihawk pertama kali muncul di chapter 49 dan episode 23 untuk versi anime. Kemunculan Mihawk ini sepertinya memberikan kesan mendalam bagi para fans.

Bisa Menghancurkan Sekelompok Bajak Laut

Kekuatan Dracule Mihawk memang dikenal sangat dahsyat dan hal ini dirasakan oleh Don Krieg dan Gin saat di arc Baratie. Dalam ceritanya diperlihatkan Mihawk memusnahkan seluruh armada bajak laut yang dikenal sebagai kelompok bajak laut terbesar di East Blue tersebut dengan mudah. Mihawk bahkan menghancurkan kapal utama mereka, Dreadnaught Sabre.

Yang mengerikan dari hal ini adalah Mihawk menghancurkan semua 50 kapal armada Don Krieg hanya untuk bersenang-senang karena dia tidak memiliki kegiatan lain. Ini tentunya menjadi sedikit bukti seberapa kuat sosok Mihawk. Namun, kita sendiri masih belum diperlihatkan sampai sejauh mana level kekuatan Mihawk yang sebenarnya.

Shichibukai Pertama yang Diperkenalkan

Yang tidak kalah menarik tentang Mihawk adalah dia adalah Shichibukai pertama yang diperkenalkan dalam cerita. Pada awalnya, Shichibukai hanyalah sebuah rumor dimana kita belum tahu siapa saja anggota dari Shichibukai. Saat Mihawk muncul di ceritanya tidak ada yang mengetahui bahwa itu adalah Mihawk dan juga dia adalah bagian dari Shichibukai.

Johnny dan Yosaku kemudian menyebutkan nama Shichibukai lainnya yaitu Jinbe, namun Jinbe sendiri belum sempat dimunculkan di awal cerita. Crocodile menjadi Shichibukai ketiga yang muncul dalam cerita.

Lebih Tua Dari Shanks

Sudah mendapatkan gelar Shichibukai di awal serinya, menjadi bukti bahwa kedahsyatan dari Mihawk sudah terkenal sejak lama. Mihawk sendiri hadir dalam eksekusi Gol D. Roger di Loguetown, hari dimana seluruh dunia justru terbakar semangatnya oleh kata-kata terakhir Roger. Selain Mihawk, bajak laut dari generasinya pun ikut hadir dalam eksekusi tersebut seperti Crocodile, Shanks, Buggy, dan Moria.

Mihawk sendiri memiliki sebuah hubungan yang unik dengan Shanks, dimana mereka dikenal sebagai rival abadi. Shanks diketahui selalu menerima tantangan bertarung dari Mihawk. Pertarungan mereka diakui oleh Whitebeard sanggup menggetarkan seluruh Grand Line. Yang menarik adalah ada perbedaan usia yang tidak terlaly jauh diantara keduanya. Shanks sendiri sekarang berusia sekitar 39 tahun sedangkan Mihawk adalah 44 tahun.

Sudah Terkenal Sejak Lama

Dracule Mihawk bukanlah nama yang begitu saja muncul di dunia bajak laut. Seperti yang sudah disebutkan di poin atas, kepopulerannya sudah sejak lama diketahui oleh semua pihak, bahkan oleh Pemerintah Dunia. Mihawk diketahui sudah terkenal di seluruh dunia jauh sebelum era Great Pirate, yang mana hal ini sangat mengesankan. Mihawk diyakini sudah menantang semua ahli pedang paling kuat dan mengalahkan mereka semua sampai dia kemudian mendapatkan titel ahli pedang terbaik.

BERSAMBUNG KE HALAMAN 2

1
2
Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.