Jujutsu Kaisen adalah sebuah cerita shounen yang sangat lengkap. Selain menghadirkan cerita petualangan yang menarik dan juga ciamik, seri ini juga menghadirkan elemen horror di dalamnya. Elemen horror sendiri akhir-akhir ini menjadi salah satu hal yang banyak muncul dalam cerita yang terbit di Shonen Jump. Meskipun Halloween sudah berakhir, tapi kengerian dari Jujutsu Kaisen masih terus berlanjut. Bahkan, animenya sendiri menjadi salah satu anime musim gugur terpopuler.

Dengan mengangkat tema sihir, kutukan, dan berbagai unsur magis dan kengerian lainnya, wajar jika kemudian ada banyak kekuatan dan juga karakter-karakter diluar nalar yang muncul dalam cerita Jujutsu Kaisen. Berikut adalah beberapa teknik-teknik dahsyat dan juga rumit dalam cerita Jujutsu Kaisen.

Satoru Gojo: Limitless

Kekuatan dahsyat yang dimiliki oleh salah satu karakter utama dalam cerita, Satoru Gojo, adalah Limitless. Kekuatan ini sangat dahsyat, bahkan di level dasar sekalipun kemampuan ini sudah mampu memanipulasi ruang. Dengan kekuatan ini, Gojo mampu memperlambat benda atau serangan apapun yang mengarah kepadanya berkat adanya “infinity” diantara mereka. Singkatnya, semua hal tersebut menjadi berhenti.

Kemampuan Limitless sendiri menjadi sangat rumit karena memiliki “akar” dari kekuatannya dalam bentuk warna biru, merah, dan ungu yang masing-masingnya memiliki penjelasan yang rumit. Namun, pada intinya Gojo akan mampu menarik, mendorong, dan menghancurkan apapun yang dia inginkan. Kekuatan tersebut dikombinasikan dengan kemampuan “Six-Eyes” yang dia miliki, level Cursed Energy yang sangat tinggi, dan juga kemampuan lainnya seperti Innate Domain, itulah mengapa Gojo adalah sosok penyihir terhebat di serinya.

Yuji Itadori: Black Flash

Black Flash adalah sebuah kekuatan yang cukup aneh karena secara teknis ini adalah salah satu dari sekian banyak Cursed Technique langka yang orang lain bisa gunakan, sama halnya seperti Innate Domains, Binding Vows, atau Veil. Singkatnya teknik ini adalah kemampuan dari seporang penyihir untuk bisa melepaskan Cursed Energy dalam waktu yang sangat singkat ke arah musuh, dengan besaran kekuatannya 2.5x lebih kuat.

Black Flash adalah sebuah teknik untuk meningkatkan kekuatan dari sang karakter, sekaligus juga menjadi cara bagi sang kreator untuk memberikan dampak yang luar biasa kepada karakternya tanpa harus memberikan perubahan signifikan terhadap mereka. Meskipun begitu, nyatanya kemampuan ini masih membuat sebagian fans bingung karena ada beberapa hal yang belum disampaikan.

Shoko Ieiri: Reverse Curse Technique

Konsep dari kemampuan untuk “membalikan” sebuah teknik/sihir kutukan sangatlah rumit bahkan tidak semua dari penyihir di serinya mampu menggunakan kemampuan ini, karena mereka sangat sulit mencerna semuanya. Secara simpel, kita tentu tahu aturan dimana dengan mengalikan sebuah negatif dengan negatif lainnya maka akan menghasilkan sebuah positif. Itulah kurang lebih cara kerja dari Reversed Technique.

Kutukan dan para penyihir tersebut dikalikan dengan dua jenis Cursed Energy yang lain (yang mana kedua jenis Cursed Energy tersebut bisa dianggap negatif) maka jika semuanya disatukan maka akan terjadi sebuah reaksi positif. Jadi, ketika kekuatan yang tadinya digunakan untuk menghancurkan sekarang bisa digunakan untuk menciptakan sesuatu atau membangun sesuatu. Inilah alasan mengapa sosok Shoko Ieiri bisa menyembuhkan orang.

Kokichi Mota: Manipulasi Boneka

Kepala sekolah dari SMA Jujutsu, Masamigi Yaga, menciptakan sebuah boneka kutukan yang bisa mengikuti perintahnya, berfungsi sebagai bawahannya, dan memiliki “inti” yang bertindak sebagai otak dan jantungnya. Kokichi Muta adalah sosok yang mampu mengendalikan boneka dari jarang yang sangat jauh seperti yang dia lakukan bersama Mechimaru.

Secara teknik kedua teknik tersebut merupakan kemampuan untuk memanipulasi jenazah atau mayat, tapi dikarenakan kemampuan Heavenly Binding milik Muta memberikan begitu banyak kekuatan terhadap teknik ini, secara tidak langsung teknik mengendalikan boneka/mayat ini sudah menjadi keahliannya. Muta bisa mengendalikan berbagai jenis boneka atau ukuran dan kemudian “menghidupkan” mereka.

Haruta Shigemo: Miracles

Haruta Shigemo adalah sosok yang benar-benar gila dan senang untuk menantang seseorang yang jauh lebih lemah darinya dan dia selalu berhasil lolos dari berbagai situasi. Mengapa hal tersebut bisa terjadi? Hal ini dikarenakan sebuah teknik kutukan yang bernama Miracles.

Haruta sendiri pada awalnya tidak mengetahui bahwa dia memiliki teknik ini. Dan teknik Miracles sendiri mampu menyimpang semua keajaiban kecil yang terjadi dalam hidup si penggunanya (misalnya tidak sengaja melihat jam tepat pada angka 11:11 dan sebagainya) dan kemudian keberuntungan yang sudah disimpan tersebut digunakan ketika ada si penggunanya terjebak dalam sebuah situasi.

BERSAMBUNG KE HALAMAN 2

1
2