Darksaber adalah senjata yang sangat kuat. Tak seperti Lightsaber yang hampir selalu digunakan oleh Sith ataupun Jedi, Darksaber malah bisa digunakan oleh semua orang. Darksaber tidak memiliki hubungan dengan the Force, tetapi Darksaber dapat memiliki respons emosional terhadap penggunanya. Ketika pengguna menjadi lebih marah, cahaya dari Darksaber ini akan terlihat lebih bergerigi atau tidak stabil, dan itulah yang membuat Darksaber sangat menarik. Di dunia Star Wars sendiri, ada beberapa karakter yang pernah menggunakan Darksaber. Siapa saja mereka? Simak dibawah ini Geeks!

Tarre Vizsla

Orang pertama yang menggunakan Darksaber adalah Tarre Vizsla. Tarre Vizsla merupakan Mandalorian pertama yang bergabung dalam Jedi Order. Seperti semua Jedi pada umumnya, Tarre Vizsla diberikan kebebasan untuk membuat lightsabernya sendiri, hingga pada akhirnya ia membuat Darksaber. Tarre Vizla menggunakan Darksaber selama ia menjadi Jedi dan pemimpin bagi rakyatnya. Namun ketika Tarre Vizla meninggal, Darksaber disimpan di Kuil Jedi hingga jatuhnya Old Republic. Setelah klan Vizsla terlibat konflik dengan Jedi di Coruscant, Darksaber kemudian menjadi milik klan Vizsla.

Pre Vizsla

Selama peristiwa Clone Wars, Darksaber digunakan oleh Pre Vizsla, seorang gubernur Concordia dan pemimpin kelompok Death Watch. Setelah operasi rahasianya terungkap oleh Obi-Wan Kenobi, Pre Vizsla kemudian berduel dengan Obi-Wan menggunakan Darksaber. Bahkan Pre Vizsla juga menggunakan Darksaber untuk bertarung melawan Ahsoka Tano. Pre Vizsla masih menyimpan Darksaber setelah ia berhasil menguasai Mandalore sekali lagi. Namun waktunya bersama Darksaber berakhir setelah Pre Vizsla dan Darth Maul berduel sampai mati, dan pertarungan tersebut dimenangkan oleh Maul dengan mudah.

Darth Maul

Setelah membunuh Pre Vizsla dalam sebuah pertarungan, Maul mengambil alih Darksaber milik Pre Vizsla. Mantan Sith ini kemudian berkuasa dan mulai memerintah Mandalore. Maul kemudian menggunakan Darksaber dalam sebuah duel dengan mantan tuannya, Darth Sidious. Tetapi kemudian Maul kalah, dan ia ditahan oleh Sidious. Kemudian setelah terbebas dan mendapatkan Darksaber kembali, Maul menggunakan Darksaber dalam sebuah duel melawan Jenderal Grievous. Setelah peristiwa tersebut, Darksaber disimpan di Dathomir, dan Maul kembali ke Mandalore tanpa Darksaber di hari-hari akhir Republic.

Ezra Bridger dan Kanan Jarrus

Baik Ezra Bridger dan Kanan Jarrus, mereka berdua sama-sama tidak pernah memiliki Darksaber sepenuhnya. Mereka hanya menggunakan Darksaber sebentar sebelum diberikan kepada pengguna sebenarnya, di hari-hari terakhir Empire. Masih bersembunyi di Dathomir selama masa pemerintahan Empire, Maul lantas membawa Ezra ke tempat persembunyiannya dengan harapan menyelesaikan ritual yang akan membawanya ke musuh bebuyutannya, Obi-Wan Kenobi. Selam ritual tersebut, keduanya diserang oleh roh Nightsisters, dan Ezra pada akhirnya menggunakan Darksaber untuk menghancurkan Nightsisters.

Setelah kejadian itu, Sabine Wren secara singkat mengambil alih Darksaber. Ia mempelajarinya dan mempertanyakan apakah dia benar-benar layak untuk menggunakannya. Kemudian Sabine Wren menyerahkan Darksaber ke Kanan untuk digunakan. Tetapi Kanan hanya menyimpan Darksaber tersebut sambil menunggu hingga Sabine Wren siap untuk menggunakan Darksaber sepenuhnya.

BERSAMBUNG KE HALAMAN 2