Sabine Wren

Setelah Darksaber diberikan kembali oleh Kanan, Sabine Wren mulai memperlajari bagaimana cara menggunakan Darksaber. Menyadarai bahwa Darksaber mampu menyatukan kembali rakyatnya, Sabine menerima untuk menggunakan senjata itu. Dark saber pernah jatuh sebentar ke tangan Gar Saxon, anggota Death Watch yang melayani Emperor setelah melakukan pembantaian terhadap Jedi. Waktu bagi Gar Saxon untuk memegang Darksaber tidaklah lama, karena Sabine Wren berhasil mengalahkan Saxon dalam sebuah pertempuran menggunakan lightsaber Ezra. Pada akhirnya, Saxon dibunuh oleh Ursa Wren, ibu Sabine dan Sabine menjadi pemilik sejati dari Darksaber dan menjadi pemimpin Mandalore. Terlepas dari kemenangannya, Sabine memilih untuk tidak menyimpan Darksaber dan memberikannya kepada Bo-Katan Kryze.

Bo-Katan Kryze

Bo-Katan adalah ssok yang menghabiskan waktunya untuk membangun pemberontakan melawan pemerintahan Maul. Bo-Katan juga sempat menjadi pemimpin dari Mandalore, tetapi masa pemerintahannya berumur pendek karena adanya perang yang terjadi. Selama kebangkitan Empire, Bo-Katan- Kryze memimpin perlawanan terhadap mereka dengan menggunakan Darksaber. Tetapi setelah Mandalore berhasil dibebaskan dari Empire, Bo-Katan mempertanyakan apakah ia layak untuk memegang Darksaber, karena ia menggangap dirinya gagal. Tetapi pada akhirnya ia mau menggunakan lagi Darksaber setelah mendapatkan dukungan.

Nah ketika terjadi peristiwa Great Purge, Bo-Katan kehilangan Darksabernya, dan saat itu Darksaber dipegang oleh Moff Gideon. Saat ini, ia tengah membangun koalisi Mandalorian untuk merebut kembali Darksaber dari Gideon, dan menyatukan Mandalore di bawah perintahnya sekali lagi.

Moff Gideon

Bagaimana bisa cara Moff Gideon mendapatkan Darksaber masih belum diketahui secara pasti, namun yang jelas ia merebutnya dari Bo-Katan. Kemungkinan ada celah kecil saat peristiwa Great Purge terjadi, sehingga Gideon mendapatkan Darksaber tersebut. Gideon sendiri adalah karakter yang cukup misterius. Ia pernah menjadi perwira tinggi di Empire, dan dia pernah memalsukan kematiannya. Gideon saat ini berusaha untuk mengambil The Child, tetapi kisahnya masih belum diketahui secara jelas. Darksaber sendiri pertama kali terlihat digunakan oleh Gideon saat di akhir musim pertama Mandalorian. Sekarang, Bo-Katan akan berupaya mengambilnya kembali, dan mampukah ia berhasil? Kita tunggu aja ya Geeks di serialnya.

1
2
Restu
https://www.greenscene.co.id/author/restuprawira/