Monkey D. Luffy adalah nama yang cukup populer saat ini di dunia anime maupun manga. Semuanya berkat kepopuleran dari seri One Piece, yang sudah berjalan lebih dari 20 tahun. Luffy sendiri memiliki sebuah impian besar, yaitu menjadi raja bajak laut dan menemukan One Piece. Saat ini, Luffy masih terus berusaha untuk bisa mewujudkan mimpi tersebut.

Namun, dengan sudah 20 tahun berlalu, tentunya ada banyak cerita yang sudah ditampilkan dalam seri One Piece. Dan dengan ada banyaknya cerita yang ditampilkan, tentu tidak semuanya bisa dijelaskan secara detail. Akan ada beberapa misteri yang menjadi pertanyaan para fans. Hal ini juga berlaku terhadap sosok Luffy, dimana ada beberapa misteri yang terkait dengan karakter protagonis tersebut. Apa saja?

Dari Mana Tali Topi Jeraminya Berasal?

Di awal kemunculan serinya, Luffy memiliki kebiasaan untuk kehilangan topi jerami pemberian dari Shanks tersebut. Entah karena tertiup angin atau karena sebuah pertarungan yang dia lakukan, Luffy selalu kehilangan topi miliknya. Namun, setelah beberapa waktu kita melihat Luffy kini bisa menggantungkan topi jerami tersebut di lehernya. Dan hal itu kemudian memunculkan pertanyaan besar, kapan talinya dipasang di topi tersebut? Apakah Nami yang memasangnya? Atau justru Luffy yang akhirnya sadar bahwa dia bisa kehilangan harta paling berharganya?

Asal Usul Sang Ibu

Hal ini sudah menjadi topik pembahasan para fans sejak lama, apalagi setelah kita mengetahui bahwa Monkey D. Garp adalah kakeknya dan Monkey D. Dragon adalah ayahnya. Banyak yang kemudian bertanya, dimana ibu dari Luffy? Apakah dia masih hidup? Apakah dia seorang bajak laut atau pernah menjadi bajak laut? Apakah ibunya adalah bagian dari kaum naga langit?

Happy Mother's Day to the best mom in One Piece, Dadan! : OnePieceMelihat pola bahwa kakek dan ayahnya adalah sosok populer dan berpengaruh, ada kemungkinan ibunya Luffy pun begitu. Para fans banyak yang berteori bahwa Dadan adalah ibu dari Luffy, meskipun tidak ada konfirmasi mengenai hal ini. Namun, baru-baru ini Mayumi Tanaka, pengisi suara Luffy, menyebutkan bahwa Eiichiro Oda memang sengaja tidak menghadirkan sosok ibu Luffy karena tidak memiliki pengaruh terhadap jalan ceritanya. Tapi, jawaban dari Oda Sensei ini tetap tidak menjawab tentang siapa ibu Luffy dan apakah dia masih hidup atau tidak.

Mengapa Luffy Tidak Pernah Menyebut Nama Sabo?

Rasanya sedikit aneh melihat Luffy yang tidak pernah menyebutkan bahwa dia memiliki saudara lainnya kepada kru Topi Jerami. Luffy sendiri tidak pernah menyebutkan bahwa kakeknya adalah seorang perwira angkatan laut dan juga seorang legenda. Dan juga yang aneh adalah ketika Ace muncul di arc Alabasta, tidak ada satupun diantara mereka yang menyebutkan nama Sabo.

Bisa jadi Luffy dan Ace saat itu percaya bahwa Sabo sudah tewas, meskipun pada kenyataannya dia masih hidup dan menjadi bagian dari Pasukan Revolusi. Kita baru mengetahui tentang masa lalu dari Luffy, pasca kejadian besar di Marineford melalui sebuah adegan flashback. Dalam adegan tersebut kita mengetahui bahwa Luffy, Ace, dan Sabo bertukar gelas yang mana menjadikan mereka sebagai saudara.

Berapa Lama Luffy Mempelajari Gear 2?

Gear merupakan salah satu form andalan Luffy yang digunakan untuk melawan musuh. Sebelum kemudian dia menggunakan Gear 3 – yang saat itu menjadi puncak kekuatannya – Gear 2 selalu menjadi andalan Luffy. Tapi, pertanyaanya kemudian kapan dia mempelajari Gear 2 tersebut? apakah saat melawan Blueno? Atau muncul begitu saja? Ada banyak sekali peristiwa yang terjadi antara arc Water 7 dan Ennies Lobby, yang mana membuat Luffy rasanya mustahil untuk melakukan latihan.

BERSAMBUNG KE HALAMAN 2

1
2
Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.