Setelah sekian lama para fans dari franchise Fast & Furious mengkampanyekan “keadilan” untuk karakter Han, akhirnya Han benar-benar kembali muncul di film Fast & Furious 9 nanti. Hal ini tentunya menjadi kejutan besar bagi penggemar franchisenya, karena sosok Han adalah salah satu karakter yang populer dan menjadi favorit para fans selain Dominic Toretto dan Brian O’Connor.

Kembalinya Han ke franchise Fast & Furious tidak diragukan adalah kabar yang positif, tapi tentunya pihak Universal dan Vin Diesel sebagai produser filmnya, perlu belajar banyak dari apa yang pernah terjadi sebelumnya. Mereka perlu memberikan penjelasan yang baik bagaimana Han bisa kembali ke filmnya.

Kemunculan Kembali Letty Ortiz di Fast 6

Salah satu kejutan yang pernah terjadi di cerita Fast & Furious, sebelum munculnya kembali Han, adalah kematian Letty Ortiz di film keempat. Awalnya kematian Letty tidak diperlihatkan, sampai kemudian Dom mengunjungi lokasi kejadian Letty saat mengalami kecelakaan dan kita bisa melihat bagaimana “seharusnya” Letty tewas akibat ledakan mobilnya sendiri.

Namun, di post-credit scene Fast Five kemudian diperlihatkan bahwa Letty sebenarnya masih hidup. Sayangnya, bagaimana filmnya menjelaskan tentang apa yang terjadi saat malam kejadian sampai kemudian Letty diceritakan masih hidup dan mengalami amnesia, semuanya dirasa kurang menarik. Seolah banyak plothole yang tentunya menjadi pertanyaan banyak fans.

Berdasarkan kesimpulan tersebut, banyak yang kemudian menyayangkan sikap Universal dan tim produksi yang terkesan sembrono dan asal untuk kembali menghadirkan Letty. Mereka mungkin hanya memiliki satu tujuan, yaitu menghadirkan kembali Letty ke dalam cerita, entah bagaimanapun caranya. Hal ini tentunya berakibat buruk di mata fans.

Kemunculan Han Perlu penjelasan Yang Lebih Baik

Dan sekarang Han akan kembali muncul di F9, franchisenya harus melakukan sesuatu yang lebih baik dari sebelumnya. Mereka harus belajar dari kesalahan ketika menghadirkan kembali Letty dalam cerita. Sebenarnya, film Fast & Furious: Tokyo Drift seharusnya muncul di awal. Namun, kemudian filmnya diganti karena menampilkan kematian Han. Mereka berusaha untuk tetap menghadirkan Han di film keempat, kelima, dan keenam.

Di film Fast & Furious 6 terungkap bahwa Deckard Shaw adalah orang yang bertanggung jawab atas kematian Han, dialah yang menabrak Han dari samping. Hal inilah yang kemudian menjadikan Shaw menjadi villain di Furious 7. Tapi, yang membuat fans bertanya-tanya adalah bagaimana Dom dan timnya bisa begitu cepat “melupakan” apa yang terjadi sebelumnya dan kemudian bekerja sama di film The Fate of the Furious.

Inilah yang kemudian memancing perdebatan di kalangan para fans, dan bahkan inilah yang kemudian menjadi pemicu dari kampanye #JusticeForHan. Kembalinya Han di film F9, adalah jawaban dari keadilan yang diinginkan para fans, yang mana hal ini juga menjadi sebuah beban yang berat dimana filmnya harus bisa memberikan penjelasan yang berarti mengapa dia bisa kembali ke dalam cerita.

Franchisenya perlu sebuah penjelasan yang rinci dan tepat mengapa dia masih hidup dan bagaimana kemudian dia masih hidup.  Jangan sampai hal ini kembali menjadi blunder bagi semuanya. Dan bukan tidak mungkin film ini akan menjadi flop, dan para penonton akan memberikan kritik dan ulasan yang buruk.

Teori Bagaimana Han Masih hidup di Film Fast 9

Seperti yang disebutkan di atas, filmnya tidak boleh mengulang kesalahan yang sama. Mereka juga tidak boleh memilih jalan termudah dan terkesan “murahan” di mata penonton. Lalu, bagaimana caranya untuk menjelaskan kembalinya sosok Han ke dalam cerita? Salah satu teori yang cukup populer di kalangan para fans tentang kembalinya Hans, ada kaitannya dengan spinoff Hobbs & Shaw.

Dalam film tersebut diperlihatkan bahwa ada sebuah teknologi yang sangat canggih, yang bisa membangkitkan kembali sosok Broxton dari kematiannya setelah dia ditembak di kepala oleh Deckard Shaw. Teknologi inilah yang kemudian digunakan untuk membangkitkan kembali korban dari Deckard Shaw, salah satunya adalah Han. Meskipun cerita ini menarik, tentunya ini bukan cerita yang sempurna.

Teori lainnya juga ada yang menyebutkan bahwa sebenarnya Han adalah otak dibalik semua teknologi tersebut dan dialah sosok dibalik perusahaan pemilik teknologinya, Eteon. Namun, rasanya ini ”terlalu banyak” untuk cerita kembalinya Han. Intinya adalah F9 akan memiliki pekerjaan rumah yang sangat berat untuk merumuskan bagaimana Han bisa kembali hidup.

Namun, ada kemungkinan juga para penonton tidak akan peduli bagaimana dan apa penjelasan filmnya terkait kembalinya Han. Selama Han ikut bergabung dalam cerita, ikut dalam berbagai aksi berbahaya, terlibat dalam berbagai adegan aksi, para fans akan senang. Dan hal ini mungkin akan dirasa pas untuk “membayar” kampanye mereka selama ini terhadap sosok Han.