Naruto adalah judul komik terkenal yang diciptakan oleh Masashi Kishimoto. Komik Naruto melakukan debut pada tahun 1999 dan berakhir pada tahun 2014. Komiknya menceritakan kisah tentang protagonis utama bernama Naruto yang harus menghentikan lawan-lawannya untuk menyelamatkan dunia. Namun setelah komiknya selesai, perjalanan Naruto kembali dilanjutkan oleh Boruto pada tahun 2016. Boruto merupakan putra Naruto yang sama-sama memiliki kemampuan luar biasa.

Spinoff yang berjudul Boruto: Naruto Next Generations, berfokus pada Boruto yang menjadi protagonis utama. Dalam komik Boruto: Naruto Next Generations, kita diperkenalkan kekuatan baru yang disebut Karma. Karma adalah segel khusus yang  digunakan klan Otsutsuki, sebuah klan yang sangat kuat. Walau sangat kuat, tetapi salah satu anggota klan ini, Kaguya, pernah dikalahkan Naruto dengan bantuan karakter lainnya di perang ninja keempat. Pertarungan tersebut dianggap sebagai akhir pertempuran dari komik Naruto.

Kini, Boruto menghadapi musuh baru yaitu Momoshiki Otsutsuki. Momoshiki saat ini bersemayam dalam tubuh Boruto setelah Momoshiki berhasil dikalahkan. Tetapi sebelum mati, Momoshiki berhasil menyegel tubuh Boruto dengan Karma, sehingga Boruto kini mejadi wadah bagi Momoshiki. Saat anggota Otsutsuki terbunuh, mereka dapat mentrasfer data mereka ke dalam wadahnya, sehingga nantinya Otsutsuki yang terbunuh tersebut dapat dilahirkan kembali dengan mengambil alih tubuh wadahnya. Itulah yang akan terjadi dengan Boruto saat ini.

Sebenarnya saat itu, target asli Momoshiki adalah Naruto. Namun karena Boruto berhasil “menyelamatkan” Naruto dengan cara membunuh Momoshiki, maka kemudian Momoshiki menempatkan segel Karma pada Boruto. Artinya suatu saat nanti, Momoshiki akan mencoba untuk bangkit kembali melalui Boruto dan mengejar target aslinya yaitu Naruto. Jika Momoshiki berhasil bangkit dari tubuh Boruto, maka Boruto yang menjadi wadah akan mati. Namun karena Boruto adalah karakter utama, sangat tidak mungkin ia mati lebih dulu.

Dalam komik Boruto: Naruto Next Generations, dapat diceritakan saat Naruto mengorbankan dirinya. Naruto dapat mencari cara memindahkan Momoshiki dari tubuh Boruto ke tubuh lain. Tetapi, kita tahu bahwa Naruto tidak akan mengorbankan orang lain. Mungkin jika Naruto sudah mendapatkan cara memindahkan Momoshiki dari tubuh Boruto, maka Naruto akan memindahkan Momoshiki ke tubuhnya sendiri. Atau skenario kedua adalah Naruto meminta Boruto untuk memindahkan Momoshiki ke tubuh Naruto.

Bagaimanapun caranya, Naruto tentunya akan berkorban demi Boruto. Mungkin cara itulah yang akan diceritakan dalam komik Boruto: Naruto Next Generations. Mengingat tema pengorbanan adalah sesuatu yang ditonjolkan dalam seri Naruto, maka masuk akal jika cerita tersebut dihadirkan. Ayah Naruto, Minato, sebelumnya juga pernah melakukan hal yang sama terhadap Naruto, di mana Minato rela mengorbankan dirinya demi melindungi Naruto yang baru lahir. Oleh sebab itu kematian Naruto sepertinya akan terjadi dalam Boruto: Naruto Next Generations. Namun masih belum diketahui secara pasti bagaimana dan kapan hal tersebut akan terjadi.

Restu
https://www.greenscene.co.id/author/restuprawira/