Six Paths adalah sebuah kemampuan yang spesial dalam dunia naruto, yang sering kali dikaitkan dengan kekuatan seorang dewa. Hagoromo Otsutsuki adalah sosok yang menciptakan kemampuan spesial ini. Hagoromo merupakan anak dari Kaguya Otsutsuki, dan menjadi anak dari Kaguya, Hagoromo memiliki chakra yang dikenal seperti chakra Six Paths. Chakra ini tentunya sangatlah dahsyat dan tidak bisa dipandang sembarangan.

Karena kedahsyatan chakra ini, banyak karakter yang berusaha untuk memilikinya. Meskipun arti sebenarnya dari kekuatan tersebut masih belum dijelaskan secara rinci dan gamblang, banyak karakter yang memiliki kemampuan ini menunjukan peningkatan kekuatan yang signifikan. Dan diantara mereka ada yang dianggap memiliki kemampuan yang setara dengan para dewa. Berikut adalah para karakter di seri Naruto yang memiliki kemampuan Six Paths terkuat.

Nagato Uzumaki

Nagato Uzumaki atau yang biasa dikenal sebagai Third Six Paths merupakan salah satu karakter yang paling mengerikan dan ditakuti di series Naruto. Hal tersebut dikarenakan kemampuan Doujutsu Rinnegan yang dia miliki. Rinnegan yang dimiliki oleh karakter yang menggunakan nama samaran Pein ini diberikan oleh Madara Uchiha.

Nagato merupakan pengguna pertama dari kekuatan Six Paths yang diperkenalkan kepada para fans di seriesnya. Dia adalah sosok yang memimpin Akatsuki setelah kematian Yahiko, teman baiknya. Kemampan Six Paths Nagato sendiri diakibatkan oleh Rinnegan yang dia miliki. Dan berkat jutsu Six Paths ini, Nagato mampu mengendalikan gravitasi sampai mengembalikan mereka yang sudah tewas.

Uchiha Obito

Penerus dari Infinite Tsukoyomi Madara ini merupakan salah satu anggota Akatsuki dan juga merupakan salah satu karakter antagonis dalam series Naruto. Setelah kematian Nagato, Obito kemudian mengambil Rinnegan milik Nagato dan berkat hal itu Obito kemudian memiliki kemampuan untuk mengakses jutsu Six Paths.

Meskipun Obito tidak sepandai dan semahir Nagato dalam menggunakan kekuatan besar dari Rinnegan, dia berhasil menciptakan Six Paths miliknya sendiri, yang mana hal tersebut sempat membuat Naruto kerepotan. Sebagai Jinchuuriki dari ekor sepuluh, Obito tumbuh dengan sangat kuat bahkan kekuatannya hanya bisa ditandingi oleh Naruto dan Sasuke.

Asura Otsutsuki

Asura merupakan adik termuda dari Indra dan merupakan seseorang yang disebut-sebut lahir tanpa memiliki kemampuan apapun. Tapi, seiring berjalannya waktu, Asura berubah menjadi sosok yang kuat berkat kerja kerasnya. Asura bahkan kemudian dipilih menjadi penerus Hagoromo dan karena hal ini, Hagoromo pun memberikan sebagian kekuatannya kepada Asura.

Dan dengan memiliki kemampuan Hagoromo, Asura pun mampu mengakses kekuatan Six Paths. Berkat kekuatannya yang terus meningkat, serta dikombinasikan dengan kemampuan Six Paths, Asura cukup kuat untuk bisa menghadapi Indra dalam sebuah pertarungan. Bahkan, Asura berhasil mengalahkannya dalam pertarungan itu.

Madara Uchiha

Salah satu karakter populer di series Naruto, Madara berhasil membangkitkan Rinnegan miliknya sendiri tanpa bantuan apapun. Dengan memasukan kekuatan dari Ashura dan juga kekuatan Indra, Madara kemudian akhirnya memiliki akses kepada Rinnegan serta jurus Six Paths, yang mana dia bisa menggunakannya secara maksimal sama seperti Nagato.

Sebagai jinchuuriki sempurna ekor sepuluh, Madara hampir memiliki level yang sama dengan Hagoromo, yang mengindikasikan sebarapa kuat seorang Madara Uchiha apalagi dia memiliki kemampuan jutsu Six Paths. Setelah menyerap God Tree, Madara bahkan semakin kuat dengan kekuatan Rinne-Sharingan.

BERSAMBUNG KE HALAMAN 2

1
2
Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.