Odin, sang All-father, tidak diragukan lagi adalah karakter paling kuat di seluruh Marvel Cinematic Universe. Tapi, semenjak diperkenalkannya Ancient One dalam film Doctor Strange posisi Odin mulai “goyang”. Lalu, siapakah diantara kedua karakter “klasik” ini yang paling kuat? Di Phase I MCU, kita disuguhkan oleh berbagai fakta bahwa universe MCU dipenuhi oleh berbagai karakter kuat dan dahsyat.

Dalam film Thor pertama diperlihatkan bahwa sang dewa Nordik, Odin, merupakan sosok yang berpengaruh dan juga sangat kuat. Odin berencana untuk menyerahkan tampuk kekuasaanya kepada sang anak, Thor. Namun, tentu saja tidak ada yang mudah dalam hidup Thor, dimana dia harus menghadapi Frost Giant, dia harus diusir dari Asgard demi bisa belajar tentang arti hidup, dan juga yang paling epik adalah perselisihannya dengan sang adik, Loki.

Namun, Odin bukanlah satu-satunya karakter yang memiliki kekuatan mistis. The Ancient One merupakan master dalam seni mystic yang memimpin para ahli sihir terhebat di seluruh dunia. Dijuluki sebagai “penyihir agung”, Ancient One merupakan yang terkuat dan paling bijak diantara yang lain. Sayangnya, tidak ada yang menyangka jika keabadian dalam hidupnya ternyata berasal dari kekuatan kegelapan. Meskipun begitu, Ancient One bersama Ego the Living Planet, merupakan pelindung bumi dan alam semesta ini.

Jika berbicara mengenai kekuatan supranatural, Ancient One memang ahlinya. Dia yang terhebat. Tapi, kemampuannya tidak lebih hebat jika dibandingkan dengan sosok Odin. Sebagai sang All-Father, Odin memang sudah kuat sejak dahulu. Dia tidak membutuhkan kemampuan atau kekuatan kegelapan apapun untuk membantunya hidup abadi. Odin juga sudah ribuan – mungkin jutaan – tahun melindungi bumi. Dan tidak lupa juga, Odin pun memiliki kemampuan sihir.

Odin pernah menghadapi King Laufey dan pasukan Frost Giants sendirian, menghukum Hela dengan mengusirnya dari Asgard, dan juga menghancurkan sang iblis api raksasa Surtur, sehingga dia mencegah kehancuran Asgard. Semuanya dia lakukan sendiri tanpa bantuan siapapun. Jika kemudian Ancient One harus bertarung melawan Odin di masa jayanya dulu, rasanya sang penyihir agung tidak akan pernah memiliki kesempatan menang.

Yang paling jelas adalah dia bahkan gagal untuk mengalahkan mantan muridnya sendiri, Kaecillius, dalam sebuah pertarungan satu lawan satu. Tapi, tentunya bukan berarti Ancient One tidak memiliki keunggulan sama sekali. Pemahaman dan pengetahuan mengenai ilmu sihir yang kompleks, juga kemampuan untuk berpindah dari satu dimensi ke dimensi yang lain menjadi beberapa kelebihan Ancient One.

Berbeda dengan Odin, Ancient One bisa melihat ke masa depan, dibuktikan dengan dia sudah mengetahui bahwa lima tahun dari tahun 2012 (saat peristiwa penyerangan Chitauri ke New York) sosok Stephen Strange akan muncul dihadapannya dan menjadi seorang penyihir agung terhebat.

Ancient One memang tidak akan pernah bisa menghadapi Sleipnir, kuda berkaki delapan milik Odin, atau tongkat andalannya Gugnir dalam pertempuran. Tapi, Ancient One bisa membuat sosok astral Odin keluar dari tubuhnya, atau membuat tanah dia berpijak menjadi berubah. Hal tersebut akan memberikan masalah serius bagi Odin.

Para penduduk Asgard memang selalu membanggakan kekuatan fisik dan juga kemampuan para dewa mereka. Tapi, memang jika mereka harus berhadapan dengan sosok yang memiliki kemampuan sihir yang luar biasa, seperti Ancient One, mungkin mereka perlu mempertimbangkan taktik dan strategi perang yang jitu sebelum bertarung.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.