Siapa yang tidak kenal dengan sosok Darth Vader, seorang Sith Lord dari cerita Star Wars yang paling populer. Saking populernya, bukan hanya para penggemar Star Wars saja yang mengenal sosok ini. Mereka yang bukan fans pun tahu tentang sosok Darth Vader. Dibalik topeng tersebut adalah sosok Anakin Skywalker, yang kemudian memilih dark side sebagai pegangan hidupnya.

Darth Vader, muncul pertama kali dalam film Star Wars: A New Hope dan merupakan karakter pertama yang diperkenalkan dalam franchise ini dengan titel “Darth.” Dia menjadi satu-satunya karakter yang memiliki titel Darth di namanya. Sehingga, wajar jika kemudian banyak para fans yang menyangka awalnya bahwa “Darth” merupakan nama depannya.

Namun, para fans mulai sadar bahwa itu merupakan sebuah titel ketika sosok Darth Maul muncul pertama kali di film Star Wars: Episode 1 – The Phantom Menace. Bukan nama asli, melainkan karakter tersebut menggunakan “Darth” sebagai titel. Dan kemudian terungkap bahwa ada banyak Sith yang muncul di franchise Star Wars.

Hal ini diketahui setelah Star Wars merilis canon terbaru, yang mulai muncul pasca Disney membeli hak cipta Star Wars. Dan memang dari sebagian banyak Darth yang ada dalam cerita, hanya sebagian saja yang kemudian muncul di film layar lebar. Sebagian mereka sebelumnya muncul di Expanded Universe (yang sekarang dikenal sebagai Legends).

Berbicara mengenai titel Darth, memang ada banyak karakter yang muncul dengan menggunakan titel tersebut, dengan Darth Vader dan Maul menjadi yang terpopuler. Tapi, sebenarnya siapa sosok yang pertama kali memegang titel Darth? Sampai sekarang masih belum diketahui secara jelas siapa yang pertama kali mendapatkan titel Darth, namun karakter bernama Darth Andeddu dipercaya sebagai yang pertama.

Karakternya sendiri pertama kali muncul Expanded Universe lama (Legends), dan nama Andeddu sendiri disebutkan dalam komik Star Wars Adventures: Return to Vader’s Castle 2. Dalam ceritanya terdapat sebuah api, yang kemudian disebut sebagai “Andeddu’s flame” atau api Andeddu. Dia juga merupakan salah satu dari sekian banyak Sith Lords yang disebutkan dalam Star Wars: The Rise of Skywalker Visual Dictionary.

Dalam Legends, Andeddu merupakan seorang Dark Lord of the Sith yang hidup ribuan tahun sebelum peristiwa Skywalker Saga dimulai. Andeddu, yang juga dikenal dengan nama the Immortal God-King of Prakith, kemungkinan mulai muncul sebagai Dark Lord setelah terbentuknya Sith itu sendiri dan menjadi yang terkuat diantara mereka, yang mana kemudian menjadi awal mula lahirnya gelar Darth.

Hal tersebut setidaknya berdasarkan holocron dari Jedi Master Asli Krimsan, yang sejauh ini memang diketahui dialah yang pertama kali menggunakan julukan atau sebutan Darth. Selain Andeddu, ada juga seorang Sith Lord bernama Naga Sadow yang dipercaya menjadi pemilik titel pertama Darth. Sama seperti Andeddu, Naga Sadow juga berkuasa ribuan tahun sebelum cerita utama di filmnya mulai.

Namun, sayangnya pada saat dia berkuasa sebagai Dark Lord, belum lahir titel Darth meskipun ada kemungkinan juga jika dia memiliki titel tersebut. Karakter lainnya yang juga dipercaya menjadi yang pertama adalah Darth Atrius. Namanya sendiri sempat disebutkan dalam Star Wars Annual 4. Atrius sendiri mendapatkan titel sebagai Sith ketika mulai banyak bermunculan para Sith.

Dia juga ada sebelum Rule of Two terbentuk, yang menyebutkan bahwa selalu ada seorang master atau guru dan juga penerusnya. Sama seperti Kylo Ren, Atrius memiliki lightsaber yang berbentuk crossguard yang mana baru ditemukan setelah dia tewas selama ribuan tahun. Lightsaber tersebut kemudian dihancurkan oleh Luke Skywalker dan Darth Vader.

Apa Arti Darth?

Lalu, apa sebenarnya arti dari Darth? Menurut George Lucas, kata “Darth” sendiri merupakan sebuah variasi dari kata “dark”, meskipun dia juga kemudian menyebutkan bahwa ada kata lain yang menginspirasi Darth, yaitu kata “death” dan “invader”. Apakah Darth merupakan sebuah kata yang memiliki arti di dunia nyata? Lucas menjelaskan bahwa tidak ada arti apapun dari kata tersebut di dunia nyata.

Kata Darth sendiri hanya menjelaskan tentang sebuah titel seorang Sith, dan hanya berlaku di universe tersebut saja. Sama seperti hal lainnya yang ada di franchise ini, “Darth” sudah memiliki berbagai arti yang berbeda. Namun, intinya adalah itu merupakan titel yang berhubungan dengan dark side dari the Force.

Jadi, siapa sebenarnya pemilik pertama dari titel Darth? Semuanya kembali ke cerita mana yang Geeks ikuti. Masing-masing cerita – baik non canon ataupun canon – memiliki “versinya” sendiri. Dengan banyaknya komik, novel, dan berbagai cerita tie-in lainnya yang terus berlanjut mengeksplor tentang masa lalu Star Wars, mungkin suatu saat kita akan mengetahui secara pasti siapa pemegang titel Darth pertama.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.