Kreator dari One-Punch Man dan juga Mob Psycho 100 memiliki nama panggung yaitu ONE. Sayangnya, selama ini tidak banyak yang diketahui tentang sosok ONE ini. Meskipun One menyembunyikan nama aslinya dari pihak publik, nyatanya ada beberapa fakta yang muncul tentang dirinya dan juga karyanya. Apa saja?

Data Lengkap ONE

ONE lahir di Niigata pada 29 Oktober 1986. Tapi, dia menghabiskan masa kecilnya sampai dia dewasa di wilayah Konosu, Saitama. Nama karakter utama OPM, Saitama, sebenarnya terinspirasi dari tempat tinggalnya dulu. Dan sepertinya saat ini, ONE sudah tidak lagi tinggal di wilayah Saitama. Pada 2017, ONE diketahui merupakan penduduk wilayah Okinawa.

Meskipun dia tidak pernah berbicara banyak mengenai kehidupan pribadinya, dia menyebutkan bahwa dia pernah bermain tenis saat duduk di bangku SMP dan SMA. Tapi, tentunya hobi dari ONE yang sebenarnya adalah menggambar manga dan berbagai karakter manga. Dalam sebuah wawancara di Nico Nico Live Show, ONE berbicara sedikit tentang apa yang menginspirasinya untuk menggambar.

Dan pada saat ini pula, ONE yang jarang diketahui wajah aslinya, mau menunjukannya. Dia menyebutkan bahwa sedari kecil, dia banyak membaca komik Crayon Shin-chan. Dan menurutnya manga itulah yang menginspirasinya untuk mulai menggambar. Secara khusus, ONE menyebutkan jika dia menyenangi manga bergenre komedi dan format multi panel.

Namun, dia menyembunyikan keinginannya untuk menjadi seorang seniman manga. Dia tidak ingin mengejar karir yang akan mengecewakan keluarganya. Dia juga sempat merasa malu karena di waktu senggangnya, dia justru menggambar berbagai karakter kartun dan juga membuat sketsa komedi. ONE juga mengakui bahwa ada kesamaan antara Mob dan dirinya, salah satunya adalah jarang menunjukan reaksi terhadap sesuatu. Pada saat dia mulai masuk kuliah, ONE mulai mengenal situs bagi para mangaka amatir dan dia pun mulai memasukan karyanya kesana.

Membuat Web Comic

ONE kemudian menemukan sebuah website bernama NEETsha, yang bisa diartikan sebagai perusahaan NEET. Selain menjadi situs pertama dari ONE, situs ini juga menjadi situs pertama yang memamerkan karya dari Sui Ishida yang merupakan kreator dari Tokyo Ghoul. One sendiri sempat mencoba untuk memperlihatkan karyanya kepada Shonen Jump, namun karyanya ditolak.

Pada 2016, One-Punch Man memenangkan penghargaan Sugoi Japan untuk kategori manga, dan pada 2017 Mob Psycho 100 memenangkan penghargaan Shogakukan Manga Award untuk kategori Shonen. Karyanya yang paling baru, yang merupakan spinoff dari Mob Psycho 100, Reigen, bahkan sekarang tersedia dalam bahasa Inggris berkat kerja samanya dengan Dark Horse Comics.

Pengaruh di Masa Depan

Gaya art yang unik dari ONE sebenarnya tidak dia pelajari dari siapa-siapa. ONE tidak pernah bekerja sebagai asisten seorang mangaka atau apapun. Dia mempelajarinya secara otodidak. Dalam sebuah wawancara dengan Tokyo Reimei Note, ONE mengakui bahwa dia pernah mengisi sekitar 50 buku hanya dengan coretan-coretan komiknya.

Sempat Hiataus selama beberapa waktu, ONE kemudian mendapatkan tawaran kerja sama dari Yusuke Murata. Murata tertarik untuk menggambar kembali cerita OPM dalam versi dan gambar yang lebih baik. Dan Murata pula yang menjadi jembatan bagi ONE untuk kemudian bisa diterima di Shonen Jump.

ONE sampai sekarang masih sering mengunggah berbagai karyanya di situs peribadinya, yang bahkan sekarang sudah melampaui kepopuleran NEETsha. Dia juga memiliki situs yang menghadirkan berbagai hal yang terjadi di balik pembuatan karyanya. ONE sendiri banyak dianggap sebagai perwujudan dari sosok seniman yang memang memiliki passion dan kreativitas yang dipadukan dengan konsistensi, dan hasilnya adalah sebuah kesuksesan besar.

One juga membuktikan bahwa di era digital seperti sekarang ini, menciptakan konten yang mudah untuk diakses, terutama dalam bentuk daring, bisa menjadi metode yang efektif untuk menarik para calon pembaca atau calon fans.

 

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.