Dalam cerita bajak laut, kesetiaan merupakan salah satu hal yang sangat luar biasa. Setia pada satu kru bajak laut menjadi sebuah kewajiban bagi seorang bajak laut. Karena kesetiaan itulah yang menjadi “tolak ukur” seorang bajak laut di mata orang lain. Semakin setia seorang bajak laut terhadap satu kru, maka akan semakin dihormati pula sosok bajak laut tersebut.

Namun, terkadang ada sebuah alasan khusus mengapa seorang bajak laut akhirnya memutuskan pindah ke kru bajak laut lainnya. Misalnya demi membantu kru bajak laut lainnya, atau ada alasan lain seperti kapten kapalnya berhasil dikalahkan dan mereka tidak lagi terikat dalam kru bajak laut. Dan berikut adalah berbagai karakter yang pernah bergabung lebih dari satu kru bajak laut.

X Drake (Angkatan Laut, Bajak Laut Drake dan Bajak Laut Beast)

Drake merupakan anak dari seorang mantan angkatan laut yang kemudian berubah menjadi seorang bajak laut, Diez Barrells. Ketika masih muda, Drake sering dipanggil Dory. Ketika bajak laut Donquixote menyerang tempat persembunyian Barrells pada 13 tahun yang lalu, Drake kemudian pergi meninggalkan kru bajak laut tersebut karena posisi mereka yang terjebak dan kemungkinan selamatnya kecil.

Drake kemudian tumbuh menjadi anggota angkatan laut dan memiliki pangkat Rear Admiral. Tapi, kemudian dia memutuskan untuk menjadi seorang bajak laut dan menjadi kapten Bajak Laut Drake. Yang menarik adalah Drake ternyata merupakan pemimpin dari organisasi rahasia milik angkatan laut, SWORD, dan menjadi salah satu Flying Six, kelompok terkuat dibawah kepemimpinan Kaido.

Buggy (Bajak Laut Buggy dan Bajak Laut Roger)

Buggy si badut merupakan karakter yang dianggap “cukup aneh” dibandingkan dengan karakter lainnya, berdasarkan pendapat para fans. Buggy terkadang merasa dirinya kurang percaya diri, padahal dia pernah menjadi bagian dari kru bajak laut Roger. Meskipun begitu, Buggy terkadang menikmati pujian dan sanjungan yang dia terima karena pernah menjadi kru Roger.

Setelah Roger membubarkan krunya, kita tidak mengetahui bagaimana petualangan Buggy. Saat pertama kali dia muncul, Buggy sudah memiliki krunya sendiri. Meskipun pada awalnya kru Buggy tidak terlalu besar, tapi pasca dia kabur dari penjara Impel Down dan memiliki banyak “pengikut” kekuatan bajak laut Buggy sekarang menjadi besar.

Jinbei (Bajak Laut Matahari dan Topi Jerami)

Ksatria lautan, Jinbe, merupakan salah satu “veteran” bajak laut yang sudah memiliki banyak pengalaman mengenai laut. Dia memulai karirnya sebagai bajak laut bersama rekan-rekannya sesama manusia ikan, di kru bajak laut Matahari. Setelah kematian sang kapten, Fisher Tiger, Jinbe sempat menjadi pemimpin kelompok bajak laut tersebut.

Namun, pasca dia bertemu dengan Luffy dan bertarung bersama di beberapa arc, akhirnya Jinbe memutuskan untuk bergabung bersama denagn Luffy. Dia seolah menemukan sebuah pengalaman baru, arti yang baru, ketika bertemu dan bergabung dengan Luffy. Jinbe sangat ahli dalam mengemudikan kapal, dan dia juga sangat ahli dalam bertarung.

Nekomamushi dan Inuarashi (Bajak Laut Whitebeard dan Roger)

Duke Inuarashi merupakan salah satu dari dua pemimpin Mokomo Dukedom, dan disebut sebagai “pemimpin siang” karena memimpin kerajaannya dari pukul 6 pagi sampai pukul 6 malam. Tapi, sebelum menjadi pemimpin Suku Mink, Inuarashi pernah bergabung dengan bajak laut Whitebeard mengikuti jejak Kozuki Oden. Dan ketika Oden bergabung dengan kru Roger, Inuarashi pun ikut pindah.

Master Nekomamushi merupakan pelindung Whale Forest atau hutan paus yang ada di Zunesha. Selain itu, bersama dengan Inuarashi dia menjadi pemimpin Mokomo Dukedom dan menjadi “Ruler of Night” karena dia mulai berkuasa pada pukul 6 malam sampai pukul 6 pagi. Bersama Inuarashi, Nekomamushi menjadi anggota Red Scabbards yang melayani Kozuki Oden. Selain itu, bersama Inuarashi juga dia pernah bergabung dengan Whitebeard dan Roger.

Kozuki Oden (Bajak Laut Whitebeard dan Roger)

Kozuki Oden adalah sebuah karakter yang sangat luar biasa, dari segi perjuangannya melawan Kaido dan Orochi juga bagaimana ceritanya di masa lalu. Dengan karakternya tersebut, Oden menjadi salah satu karakter favorit dari pada fans dan juga menjadi salah satu kru Whitebeard yang disenangi oleh seluruh krunya.

Kozuki Oden adalah satu-satunya alasan mengapa Nekomamushi dan Inuarashi memiliki pengalaman untuk menjadi bajak laut. Bukan hanya dia pernah berlayar bersama Whitebeard dan Roger, tapi juga Oden menjadi penentu kesuksesan Roger untuk bisa pergi ke pulau terakhir. Oden merupakan orang yang bisa membaca Poneglyph dan mengarahkan Roger untuk akhirnya bisa tiba di Laugh Tale dan menemukan One Piece.

Portgas D. Ace (Bajak Laut Spades dan Whitebeard)

Portgas D. Ace merupakan anak dari raja bajak laut, Gol D. Roger dan Portgas D. Rogue. Dia merupakan komandan divisi 2 dari kru bajak laut Whitebeard. Tapi, jauh sebelum bergabung dengan bajak laut Whitebeard, Ace pernah bergabung dengan bajak laut Spade dan menjadi kaptennya. Namun, bajak laut Spades harus hancur akibat pasukan salah satu Yonko.

Diburu karena merupakan keturunan Roger, akhirnya Ace berhasil ditangkap dan dieksekusi oleh angkatan laut setelah Blackbeard berhasil mengalahkannya. Eksekusi Ace, merupakan pemicu perang besar di Marineford. Sayangnya, ketika Ace berhasil bebas, dia mengorbankan diri untuk melindungi Luffy dari serangan Sakazuki.
L
&nbsp

BERSAMBUNG KE HALAMAN 2

1
2
Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.