Sudah lebih dari dua dekade kemunculan Joker di Industri buku komik. sejak pertama kali diperkenalkan pada era 1930an, Joker terus berkembang mulai dari seorang kriminal biasa, psikopat sampai menjadi musuh abadi Batman. selama 80 tahun terakhir ini, sudah ada banyak iterasi dari berbagai penulis tentang siapa sosok Joker dan bagaimana cerita awal mulanya.

Tapi, dalam komik Batman #90 yang ditulis oleh James Tynion IV kita disuguhkan sesuatu yang lain. Dalam komik ini, kita diperlihatkan bahwa Gotham memang sudah sejak lama diincar oleh para villain untuk dihancurkan, untuk membuat kekacauan terjadi di sana. Selain itu, di komik ini akhirnya kita tahu siapa yang membuat Joker yang awalnya hanya seorang badut kriminal biasa menjadi musuh abadi Batman.

Kisah tentang masa lalu Joker tersebut diungkapkan oleh Selina Kyle kepada Batman. Menurutnya, kekacauan yang terjadi di kota Gotham sudah sejak lama direncanakan. Catwoman, the Penguin, The Riddler, dan Joker berkumpul untuk mendiskusikan hal tersebut. Mereka kemudian pergi ke rumah sosok misterius bernama the Dseigner. Designer merupakan sosok misterius yang sudah pernah mengalahkan musuh yang kuat, dan bahkan hampir tidak terkalahkan seperti Batman.

Designers sendiri paham pola pikir orang seperti Bruce Wayne, dimana setiap mereka mengambil satu langkah di depan maka musuhnya akan mengambil dua langkah didepan. Hal inilah yang coba ditawarkan kepada mereka berempat oleh Designer. Mereka semua berdiskusi satu persatu dengan the Designer tentang rencana jahat mereka.

Bagi Oswald, Edward, dan Selina membuat sebuah rencana untuk mengalahkan Batman merupakan sebuah tujuan utama. Tapi, bagi Joker dia memiliki rencananya sendiri. Hal inilah yang membuat suasana makan malam pada saat itu menjadi menegangkan, karena diantara mereka berempat hanya Joker yang menghabiskan berjam-jam berbicara dengan Designer.

Meskipun masih belum diketahui apa yang dibicrakan oleh Joker dan Designer dalam ruangan tersebut, ketika dia keluar dari ruangan tersebut Joker menjadi sosok yang “baru” dengan perintah pertamanya kepada anak buahnya adalah membunuh semua orang. Menurut Selina, malam itu menjadi malam awal dimana Joker berubah. Dia menjadi sosok yang misterius dan jauh lebih mengerikan. Joker yang “baru” tersebut sudah memfokuskan diri kepada kota Gotham dan juga Bat-Signals. Singkatnya, pada malam itulah Joker mulai menjadi mimpi buruk bagi Bat-Family.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.