Meskipun film Venom 2 akan berada di universe yang dibangun oleh Sony, filmnya sendiri bisa saja terhubung dengan Marvel Cinematic Universe dan, secara khusus, universe dari Spider-Man versi Tom Holland. Pertama kali dirilis pada 2018 silam, film Venom yang dibintangi oleh Tom Hardy ini ternyata sangat sukses di pasaran meskipun sempat menuai banyak kritik dari berbagai pihak.

Dengan kesuksesan tersebut, wajar jika Sony kemudian berencana membuat film sekuelnya. Sejak akhir 2019 kemarin, film Venom 2 sudah mulai melakukan proses pengambilan gambar dan diperkirakan filmnya akan dirilis pada Oktober 2020. Yang menariknya adalah film ini akan dirilis beberapa bulan setelah film Morbius. Hal itu membuka kesempatan Venom 2 juga bisa terhubung ke MCU. Berikut adalah beberapa caranya.

Venom 2 Berada di Universe Yang Sama Dengan Morbius

Venom 2, memang berada di universe milik Sony. Meskipun pihak studio sebelumnya mencoba untuk membangun sebuah universe melalui proyek film The Amazing Spider-Man, namun kegagalan yang diraih filmnya membuat Sony akhirnya menunda rencana tersebut, dan memulai ulang dengan film Venom pada 2018 kemarin.

Film selanjutnya yang akan dirilis oleh Sony adalah Morbius The Living Vampire. Dan Venom akan berada di universe yang sama dengan Morbius. Artinya secara teknis universe yang di Venom 2 tersebut juga terhubung dengan MCU. Hal ini bisa dilihat dari trailer Morbius, yang menampilkan the Vulture dan juga Spider-Man versi Tom Holland. Jadi, kemungkinan untuk menampilkan Spider-Man, Venom, dan Morbius bukan sesuatu yang mustahil.

Michael Keaton Bisa Muncul di Venom 2

Dengan Morbius yang kini sudah jelas menjadi bagian MCU, artinya kemungkinan yang bisa dibangun oleh kedua studio ini untuk masa depan karakter mereka sangat tidak terbatas. The Vulture sudah diperlihatkan muncul di trailer film Morbius, yang masih belum diketahui apa tujuannya. Bisa jadi, hal ini ada kaitannya dengan teori dan spekulasi yang beredar, yaitu pembentukan kelompok Sinister Six.

Dengan Venom dan Morbius berada di universe yang sama, artinya kemungkinan the Vulture untuk menemui Venom pun sangat besar. Lagipula, dia sepertinya masih memiliki dendam kepada Spidey dan oleh karena itu, dia kemudian membentuk Sinister Six. Tapi, perdebatan di kalangan fans juga tidak kalah hangat yaitu apakah Sinister Six merupakan villain, karena sedari awal Venom diperkenalkan sebagai karakter anti-hero dan juga sepertinya Morbius akan mendapatkan treatment yang sama. Bisa jadi, Venom akan menolak tawaran Vulture dan bergabung dengan Spidey melawan Sinister Six bentukan the Vulture.

Eddie Brock Bekerja Untuk Daily Bugle di Venom 2

Sesuai dengan versi komiknya, dalam film Venom Eddie Brock digambarkan merupakan seorang jurnalis investigasi. Namun, dia kemudian dipecat setelah Eddie mengangkat cerita tentang Life Foundation, perusahaan multinasional yang pertama kali membawa symbiote ke wilayah kota. Di akhir filmnya, Brock kembali mendapatkan pekerjaannya dan dia pun mewawancarai Cletus Kasady.

Meskipun dalam komiknya dia bekerja untuk The Daily Globe, tapi bisa saja kemudian dia bekerja untuk The Daily Bugle. Dalam versi MCU, The Daily Bugle bukanlah koran harian melainkan sebuah situs di internet yang lebih banyak mengangkat isu-isu konspirasi, seperti yang diperlihatkan di akhir film Spider-Man: far From Home. Setelah mengangkat tentang Spidey, bisa saja dia kemudian fokus tentang konspirasi kaburnya Cletus Kasady dan kemunculan Carnage di tengah kota. Hal itu bisa membangun cerita bahwa Brock bekerja untuk The Daily Bugle, sebelum akhirnya Peter muncul.

BERSAMBUNG KE HALAMAN 2