Spectral Super Saiyan

Form Super Saiyan ini bergantung sepenuhnya kepada bagaimana seorang Saiyan mengendalikan Ki dalam dirinya. Ketika penggunanya kehilangan kendali atas kekuatan fisik mereka, mereka akan mendapatkan akses menuju kekuatan Ki. Ketika seseorang sudah pandai mengendalikan kekuatan Ki dalam dirinya, dia bisa menggunakannya untuk berbagai macam hal seperti meningkatkan kecepatan dan efektivitas serangan mereka.

Sejauh ini satu-satunya  Saiyan yang mampu menggunakan atau mencapai form legendaris ini adalah Vegito, yang merupakan penggabungan dua karakter Goku dan Vegeta. Masih belum diketahui apakah Gogeta juga bisa meraih atau menggunakan form ini dan juga karena form ini benar-benar menguras tenaga, mungkin juga dia enggan untuk menggunakannya.

Super Saiyan 9

Form ini disebut-sebut lebih seimbang dibandingkan form Super Saiyan yang lain ketika berhasil diraih. Ketika seorang saiyan mampu mencapai form Super Saiyan 7 dan mengalahkan musuh yang lebih kuat dari mereka maka mereka akan mampu menggunakan dua form selanjutnya yaitu Super Saiyan 9. Goku merupakan Saiyan pertama yang menggunakan kekuatan ini setelah mengalahkan Majin Shenron.

Form Super Saiyan 9 juga digunakan untuk menghentikan Gohan yang diluar kendali ketika mengakses Super Saiyan 8. Vegeta kemudian diketahui menjadi orang selanjutnya yang mampu mencapai form ini setelah dia berhasil mengalahkan Majin Porunga.

Super Saiyan 10

Sama seperti form Super Saiyan 5, desain dari Super Saiyan 10 kurang begitu diminati oleh para fans. Mereka menanggapi dengan dingin dan bahkan menganggap jika form ini terlalu jelas buatan fans.  Meskipun begitu, form Super Saiyan 10 tetap muncul dalam berbagai cerita Dragon Ball buatan fans. Super Saiyan 10 hanya bisa diraih ketika seorang Saiyan mampu mengakses dan melampaui Super Saiyan 9.

Meskipun rambut dari form Super Saiyan 10 lebih pendek dari form Super Saiayan sebelumnya, namun masih lebih panjang dibandingkan form Super Saiayan 1 dan 2. Di form ini pun penggunanya mengalami peningkatan massa tubuh dan bentuk tubuhnya pun berubah menjadi lebih berisi. Dan masih belum diketahui mengapa pengguna form ini akan ditutupi oleh rambut berwarna abu-abu.

Zeno Goku

Zeno Goku merupakan sebuah transformasi permanen dari Goku. Dia mencapai form baru ini bersama Zeno. Pada saat sesi latihan dilakukan Goku muncul dengan sesuatu bernama “Zeno’s Enlightment” yang mana memperkuat siapapun yang terkena hal tersebut. Dalam kasus Goku, dengan motivasinya untuk melindungi planet bumi dan yang dia cintai membuat Goku akhirnya mampu mengakses form ini. Ketika Goku berhasil mencapai form ini, kekuatan Ki dewa milik Goku menghilang namun sebagai gantinya dia memiliki Ki dari Zeno, yang mana membuatnya sejajar dengan para dewa lainnya.

Ultra Mastered Super Saiyan

Form Ultra Mastered Super Saiyan merupakan salah satu transformasi terbaru yang dibuat oleh para penggemar seri Dragon Ball. Form ini bisa diraih ketika seorang Saiyan sudah berhasil mencapai form Super Saiyan 4 dan Super Saiyan God dan memadukan mereka yang kemudian menghadirkan form terbaru ini. Transformasi ini juga disebut sebagai Saiyan Mastery.

Desain dari Form Saiyan Mastery ini mirip dengan form Super Saiyan 4 yang dimiliki Goku dan Vegeta, hanya saja tidak ada ekor dan rambut tambahan di tubuh mereka. Pakaian mereka akan tetap rusak ketika mengakses form ini. Keduanya mengakses form ini ketika bertarung melawan Golden Cell dan juga ketika mengajari Gohan, Trunks, dan Future Goten.

1
2
Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.