Seri Dragon Ball bukan hanya kaya akan cerita yang berasal dari ide sang kreator yaitu Akira Toriyama, tapi juga banyak pengaruh lainnya yang berasal dari para fans dan juga hal lainnya. Tidak jarang, akibat kecintaannya pada seri ini para fans bahkan sampai menciptakan sesuatu yang bahkan kemudian menginspirasi terciptanya sebuah seri baru, seperti Dragon Ball Super.

Super Saiyan merupakan form favorit para fans dari para karakter Saiyan. Dengan banyaknya form Super Saiyan, wajar jika para fans juga kemudian membukan Super Saiyan versinya sendiri. Berikut adalah beberapa form Super Saiyan  versi para fans.

Super Saiyan 5

Transformasi Super Saiayan 5 merupakan transformasi Super Saiyan buatan fans yang paling populer dalam sejarah Dragon Ball, berkat kemunculannya dalam sebuah series Dragon Ball buatan fans yaitu Dragon Ball AF. Super Saiyan 5 merupakan form yang digunakan oleh para karakter Saiyan yang ada di series tersebut, dan merupakan daya tarik utama dari seri Dragon Ball AF.

Form dari Super Saiyan 5 ini juga kemungkinan menginspirasi form Super Saiyan dalam cerita canonnya, yaitu Ultra Instinct. Awalnya form ini didapatkan oleh Goku ketika dia sedang berlatih bersama Pikkon. Dalam latihan tersebut, diungkapkan bahwa tidak mungkin untuk bisa menggunakan dan mengendalikan form ini sesuka hati. Anaknya, Zaiko, juga ternyata memiliki kemampuan ini.

Super Saiyan Purple

Sangat sulit untuk melacak darimana asal dari form Super Saiyan Purple ini atau dari series buatan fan yang mana. Berbeda dengan form Super Saiyan 5 yang diketahui asal usulnya, yaitu seri fanmade Dragon Ball AF. Meskipun begitu, Super Saiyan ungu ini tetap menjadi salah satu form Super Saiayan buatan fans yang menarik untuk disimak. Lagipula, form ini terhitung baru.

Transformasi Super Saiyan ungu atau Purple ini pernah digunakan oleh Vegeta, Goku, Bardock, dan Z (karakter Saiyan ciptaan para fans). Form ini terbentuk dari perpaduan beberapa form Super Saiyan, seperti Super Saiyan 4, Super Saiyan God, Kaioken times 50, dan Unmastered Ultra Instinct. Level kekuatannya sendiri setara dengan Mastered Ultra Instinct.

Ultimate God

Form ini merupakan salah satu form buat para fans yang khusus diciptakan untuk karakter Gohan. Setelah berhasil mencapai form Super Saiyan God dan berhasil membuat Old Kai membuka kembali kemampuan form Mystic/Ultimate miliknya, Gohan kemudian berubah menjadi Ultimate God Gohan. Dengan form ini, Gohan mampu bertarung bahkan mengalahkan para dewa-dewa sekalipun.

Dengan mengakses form ini, Gohan seakan-akan mampu melewati kekuatan dari sang ayah, Goku, dan juga Vegeta. Form Ultimate God Gohan juga bisa dengan mudah mengalahkan Super Buu meskipun dia seblumnya sudah menyerap kekuatan Super Vegito.

Divine Super Saiyan

Sama seperti form Ultimate God yang hanya bisa diakses oleh Gohan, form Divine Super Saiyan ini hanya bisa diakses oleh satu-satunya karakter protagonis yaitu Goku.  Form ini terbentuk setelah memadukan kekuatan yang diadaptkan dari Supreme Kai dan juga Super Saiyan. Goku sendiri mampu menguasai form ini dengan cepat berkat pengalamannya  dengan God Ki atau Ki para dewa.

Hal inilah yang kemudian membuat Goku mengganti form Super Saiyan God Blue miliknya menjadi form Divone Super Saiyan. Form ini sepertinya dia dapatkan setelah cerita Galactic Patrol. Form ini bahkan mampu membangkitkan kembali mereka yang sudah mati.

Super Saiyan 6

Super Saiyan 6 atau yang disebut juga Ultimate Super Saiyan form, merupakan penerus dari Super Saiyan 5. Form ini disebutkan bisa didapatkan ketika seorang Saiyan sudah berhasil mendapatkan form Super Saiyan God sebelumnya. Ketika mengakses kekuatan Super Saiyan God, mereka akan melepaskan kemarahan mereka yang kemudian memberikan para Saiyan kesempatan untuk memperlihatkan kekuatan aslinya.

Kekuatan dari form ini membuat para Saiyan dapat dengan mudah mengalahkan para dewa, seperti Lord Beerus. Form ini memiliki penampilan yang sekilas sama dengan Super Saiyan 4 dan 5 tapi di bagian rambutnya form ini mengadopsi warna emas yang berasal dari Super Saiyan 1.

BERSAMBUNG KE HALAMAN 2