Ada juga teori lainnya yang menyebutkan jika kerajaan kuno merupakan sebuah kerajaan yang seluruh masyarakatnya adalah seorang bajak laut, arti kata lainnya adalah sebuah kerajaan bajak laut. Mereka menyebar ke seluruh dunia untuk menjelajah dan menyebarkan  “ideologi” dari kerajaan tersebut tentang kebebasan dan persamaan kepada seluruh ras yang ada di seluruh dunia.

Hal itulah yang kemudian masuk akal jika mereka menjalin banyak kerja sama, contohnya dengan para manusia ikan atau dengan suku Minks. Apa yang dilakukan oleh para penduduk kerajaan kuno sama dengan yang dilakukan oleh Luffy, dengan membangun banyak sekutu di sepanjang cerita One Piece berlangsung. Banyak cara Luffy untuk membangun kerja sama tersebut, mulai dari membebaskan tahanan, membebaskan sebuah negara dari serangan kelompok jahat (Alabasta), dan masih banyak lainnya.

Tidak heran jika kemudian kebebasan menjadi salah satu tema yang paling sering digaungkan dalam cerita One Piece. Bahan, Dragon dengan pasukan revolusinya pun bertujuan untuk menciptakan kebebasan di sebuah negara dengan menggulingkan kekuasaan yang ada. Bisa diasumsikan bahwa kerajaan kuno adalah Laugh Tale itu sendiri atau berada di pulau tersebut.

Asumsi tersebut didukung oleh pernyataan Roger yang memberi nama pulau itu, yang artinya Laugh Tale sebenarnya bukanlah nama asli dari pulau/kerajaan yang ada disana. Professor Clover sempat hampir menjelaskan tentang kerajaan kuno, sebelum akhirnya dia ditembak ketika akan menyelesaikan kalimatnya.

Apa yang terjadi kepada Professor Clover bisa diartikan bahwa kerajaan kuno adalah sebuah nama yang sangat signifikan, bukan hanya bagi para karakter di dalamnya tertapi juga bagi kita para pembaca. Selama bertahun-tahun, kita sudah sering berspekulasi tentang nama pulau tersebut dan seluruh yang berkaitan dengan kerajaan kuno. Dan untuk sementara jawabannya adalah: One Piece merupakan kerajaan kuno (the Ancient Kingdom).

Siapapun yang bisa menemukan One Piece akan menjadi raja bajak laut, dan jika kerajaan kuno adalah sebuah kerajaan bajak laut, maka hal tersebut dirasa masuk akal. Hal tersebut menjelaskan mengapa Clover ditembak sebelum dia menyebutkan nama kerajaan tersebut, karena hal itu akan mengungkapkan semuanya.

Siapapun yang menemukan kerajaan kuno tersebut akan menjadi rajanya, dan ketika orang tersebut sudah berhasil mengumpulkan ketiga senjata kuno dan mengumpulkan para sekutu yang ada mereka bisa mulai menghancurkan pemerintah dunia dan menciptakan sebuah era yang baru. Era tersebut akan kembali menghadirkan kerajaan yang dulu sempat berkuasa dan seluruh ras di dunia akan menjadi bagian dari kerajaan tersebut.

Persatuan dan kesatuan dari seluruh negara, pulau, dan kerajaan yang ada kemudin akan membentuk satu dunia, One Piece. Luffy sendiri sebenarnya bukan sebuah karakter yang senang untuk menaklukan apapun dengan gelar “raja bajak laut” yang mungkin dia terima suatu hari nanti. Jadi, menarik untuk dinantikan dan disimak apa yang akan dia lakukan setelah berhasil menemukan One Piece dan menjadi raja bajak laut.