GREENCENE.CO.ID – Serial Mandalorian telah menyelesaikan musim pertamanya di Disney+. Easter Egg utama di akhir serial ini adalah saat Moff Gideon selamat dari puing-puing pesawatnya, setelah terjadi sebuah pertarungan yang sengit antara Gideon dan Mando. Yang menarik bahwa Gideon menggunakan sebuah Darksaber untuk memotong bagian kapal yang hancur. Dengan diperlihatkannya sebuah Darksaber tentu itu menandai bahwa senjata legendaris ini akan berdampak besar di Star Wars univers, dan sekarang kita akan membahas tentang segala hal yang harus kalian ketahui tentang senjata ikonik tersebut.

Dibuat oleh Mandalorian

Darksaber sendiri sebenarnya diciptakan oleh seorang Mandalorian. Sosok Mandalorian yang dimaksud adalah Tarre Vizsla. Bagi para penggemar The Clone Wars, nama Vizsla mungkin sudah tak asing lagi di telinga kalian karena John Favreau sendiri pernah menjadi pengisi suara karakter Pre Vizsla yang merupakan keturunan dari Tarre Vizsla. Tarre Vizsla sendiri menciptakan Darksaber sebagai senjata utamanya dalam setiap pertempuran, dan pedang tersebut dibuat ketika Tarre bergabung dengan Jedi. Bahkan, Tarre merupakan seorang Mandalorian pertama yang bergabung dengan Jedi dan pedang tersebut menandai bergabungnya ia dengan Jedi. Oleh karena itu pedang Darksaber dianggapp penting bagi Mandalorian dan Jedi karena digunakan juga sebagai simbol perdamaian (karena sebelumnya Mandalorian dan Jedi adalah musuh bebuyutan).

Sebuah Warisan Yang Penting

Asal-usul senjata ini sangat penting, apalagi dengan nilai historis yang dimiliki. Namun, nama baik dari pedang ini telah ternodai oleh banyak penggunanya sejak dibuat. Tidak hanya unik karena desain pegangan yang lebih pendek dan komponen yang lebih mirip seperti pisau dibandingkan dengan lightsaber konvensional, tetapi juga karena Darksaber merupakan bagian penting dari keluarga Vizsla. Bilah dari pedang tersebut telah dihormati dengan diwariskan secara turun-temurun mewakili hebatnya klan Vizsla.

Cara Mengerikan Untuk Dapatkan Darksaber

Tentu saja sejumlah karakter lain juga pernah menggunakan senjata ini. Baru-baru ini kita telah melihat Darksaber berada di tangan Moff Gideon, dan itu merupakan sesuatu yang mengejutkan bagi para penggemar Star Wars. Tetapi sejumlah karakter terkenal lainnya juga pernah menggunakan Darksaber. Bagian unik dari sebuah Darksaber adalah fakta bahwa Darksaber dapat dimiliki melalui sebuah pertempuran atau duel, dan siapa pemenangnya maka ia akan memiliki Darksaber tersebut. Oleh karena itu, pedang ini menjadi saksi dari sejarah yang penuh darah di mana beberapa pejuang paling kejam di galaksi pernah berusaha untuk mendapatkan pedang ini.

Dapat Memimpin Mandalore

Tentu saja ada keistimewaan besar lainnya bagi sang pengguna Darksaber. Karena nilai historis dari pedang yang semakin meningkat seiring berjalannya waktu, Darksaber sebenarnya dapat digunakan untuk mengendalikan salah satu klan terbesar di seluruh Mandalore, yang juga memegang kesetiaan mereka pada Vizslas. Karena ini adalah salah satu bagian terbesar dari masyarakat mereka, pedang ini dapat digunakan untuk mengontrol penuh atas planet yang diisi oleh orang-orang Mandalorian. Hal tersebut juga diceritakan dalam Clone Wars ketika Pra Vizsla dan pasukan Death Watch-nya berjuang untuk mendapatkan kekuasaan tertinggi.

Berbeda dari Lightsaber

Lightsaber konvensional dibuat menggunakan kristal Kyber. Kristal-kristal ini sangat terkait erat dengan pengguna the Force dan pedang tersebut merupakan bagian yang tak terpisahkan dari perjalanan seorang Jedi. Namun warna konvensional dari Lightsaber Jedi adalah warna hijau atau biru, dengan warna ungu atau kuning yang dapat kita temui sesekali. Sementara Darksaber terlihat sangat berbeda dengan warna hitam dan cahaya putih disisi sekitar bilahnya. Terlepas dari fakta bahwa Darksaber berbeda, tetapi Darksaber juga menggunakan kristal Kyber untuk membuatnya menyala.

BERSAMBUNG KE HALAMAN 2