Terkoneksi Dengan Pengguna

Sama seperti Lightsaber, Darksaber memiliki koneksi yang kuat dengan kekuatan the Force. Itulah sebabnya sering digunakan oleh mereka yang bisa merasakan energi yang kuat di galaksi. Namun, itu tak secara esklusif digunakan oleh pengguna kekuatan the Force, dan tak seperti Lightsaber yang hampir selalu digunakan oleh Sith ataupun Jedi. Namun, hubungan Darksaber dengan the Force memiliki konsekuensi fisik. Senjata itu dapat memiliki respons emosional terhadap pengguna senjata itu. Ketika pengguna menjadi lebih marah atau ganas, cahaya dari Darksaber ini akan terlihat lebih bergerigi atau lebih tidak stabil.

Korban Darksaber

Duchess Satine Kryze adalah pemimpin Mandalore selama beberapa waktu. Namun, seperti halnya masa kepemimpinan lainnya, biasanya ada sebuah hal yang mengerikan ketika seseorang ingin merebut kekuasaan orang lain. Sayangnya untuk Satine, dia adalah salah satu karakter yang harus mati dengan tragis di tangan pengguna Darksaber. Satine terperangkap dalam konflik yang sedang berlangsung dan tertusuk oleh Darksaber yang saat itu digunakan oleh Darth Maul. Padahal Satine merupakan sosok yang Obi Wan Kenobi cintai.

Para Pengguna Darksaber

Senjata ini telah memiliki sejumlah pengguna selama bertahun-tahun. Dan sebelumnya kita pernah menyebutkan beberapa nama termasuk sang pencipta aslinya yaitu Tarre Vizsla, Pre vizsla, Moff Gideon, dan Darth Maul. Yang menarik adalah bahwa karakter bernama Sabine dari Star Wars: Rebels juga pernah belajar bagaimana menggunakan Darksaber, meskipun kepemilikannya terhadap Darksaber membuatnya kembali ke masa di mana ia menggunakan kekuatan the Force untuk kebaikan, daripada kejahatan yang telah ia lakukan selama beberapa waktu.

Simbol dari Kekuasaan

Warna dari Lightsaber sebenarnya dapat ditentukan oleh sang pembuat pedang tersebut. Ketika seorang Jedi akan membuat sebuah pedang berdasarkan kepribadian dan emosi dalam diri mereka sendiri, warnanya akan mencerminkan hal ini. Oleh karena itu, Darksaber mewakili sesuatu yang sangat berbeda dari Jedi konvensional. Darksaber menandakan akan cerminan dari kekuasaan dan keegoisan yang tidak biasa di antara Jedi. Itu juga mewakili seseorang yang hanya menginginkan sebuah kekuasaan.

Kemunculan di Star Wars Universe

Sejarah Darksaber telah ditunjukan di universe Star Wars yang lebih besar. Seperti yang kita sebutkan diatas bahwa Darksaber pernah ditampilkan dalam dua serial animasi utama yang diproduksi oleh Lucasfilm yaitu Star Wars: Rebels dan Clone Wars. Namun pedang ini juga diceritakan dalam versi novel dan komiknya. Sementara itu tidak ada tanda-tanda bahwa Darksaber muncul dalam film apapun di universe Star Wars. Oleh karena itu serial Mandalorian menjadi sebuah live-action pertama yang menunjukan Darksaber

1
2
Restu
https://www.greenscene.co.id/author/restuprawira/