GREENSCENE.CO.ID – Film Star Wars: The Rise of Skywalker memiliki tugas yang sangat berat untuk bisa menutup seluruh cerita dari sembilan film Star Wars yang dimulai dari dekade 1970an. Hal itu pula yang menjadi tugas berat seorang J.J. Abrams, untuk bisa “memuaskan” para pecinta Star Wars. Tapi, bisa dipahami jika ada beberapa hal yang “terlewat” dari J.J. Abrams dan Chris Terrio sebagai penulis skenario, dengan tugas sebesar itu.

Salah satu hal yang menimbulkan perdebatan di kalangan para fans adalah tentang apa yang akan Finn katakan kepada Rey, ketika mereka berpikir jika mereka akan mati di sebuah pasir hisap di planet Pasaana. Pemeran Finn, John Boyega, sempat dibuat penasaran ketika dia mengatakan bahwa Finn tidak berniat untuk mengatakan “I Love You” kepada Rey pada saat itu.

Sekarang, J.J. Abrams mencoba untuk menjelaskan tentang apa yang terjadi sebenarnya dalam adegan tersebut dan apa yang sebenarnya akan diucapkan oleh Finn kepada Rey. Abrams mengungkapkan hal tersebut kepada seorang fans yang bertanya, setelah diputarnya film The Rise of Skywalker di The Academy of Motion Picture Arts.

Menurut salah seorang pengunjung acara tersebut, ketika ada seorang fans bertanya tentang apa yang sebenarnya  diungkapkan Finn kepada Rey, Abrams kemudian menjawab bila Finn ingin mengatakan bahwa dia force sensitive. Hal tersebut rasanya masuk akal. Selama Sekuel Trilogi Star Wars berlangsung,  Finn dan rey tidak pernah menghadirkan percakapan tersebut secara onscreen atau muncul di filmnya.

Finn sedang dalam keadaan koma setelah film The Force Awakens, yang mana hal itu memberikan petunjuk kepada kita bahwa dia memang Force Sensitive. The Last Jedi sedikit banyaknya mengabaikan mengenai hal tersebut, dan The Rise of Skywalker tidak terlalu banyak menyebutkan hal itu. Dengan tidak adanya kejelasan tersebut, wajar jika para fans kemudian penasaran dengan apa yang sebenarnya dikatakan Finn kepada Rey.

Force Sensitive yang dimiliki oleh Finn tidak pernah memberikan peran yang signifikan terhadap cerita di Star Wars atau terhadap kelompok Resistance. Tapi, pada akhirnya pembahasan mengenai apa yang diungkapkan Finn kepada Rey menjadi salah satu dari beberapa hal yang menjadi perbincangan para fans tentang Sekuel Trilogi.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.