Dalam cerita Star Wars: Attack of the Clones, Anakin Skywalker mencoba untuk meninggalkan misinya dan lebih memilih untuk menyelamatkan Padme Amidala dan Obi-Wan. Akibat hal itu, Anakin diancam bahwa dia akan dikeluarkan dari Jedi Order. Dan ternyata beberapa tahun kemudian murid dari Anakin, Ahsoka Tano, juga mengikuti jejak Anakin untuk pergi meninggalkan Jedi Order.

Tapi, perlu diingat ya Geeks, jika Ahsoka tidak berubah atau menyebrang ke Dark Side. Dia hanya memutuskan untuk berhenti sebagai Jedi. Sebagian fans mungkin ada yang belum tahu bahwa seorang jedi bisa mundur dari “tugasnya” tersebut, seperti Trace Martez dan Rafa di musim ketujuh yang kaget dengan apa yang dilakukan oleh Tano. Dan dalam universe Star Wars, Ahsoka Tano bukan orang pertama yang mundur dari tugasnya sebagai seorang Jedi. Berikut adalah beberapa karakter yang pernah memutuskan keluar dari Jedi.

Asajj Ventress

Geeks pasti berpikir bahwa Asajj Ventress adalah seorang jedi yang kemudian memutuskan untuk menyebrang ke Dark Side, seperti anakin atau Ben Solo. Tapi, sebenarnya apa yang terjadi kepada Ventress tidak seperti itu. Setelah melalui latihan berat sebagai seorang Jedi, dan kemudian menjadi pembunuh bayaran bagi Count Dooku, Ventress sebenarnya menolak untuk menjadi seorang Jedi atau Sith.

Dia lebih memilh untuk bekerja sendiri, mungkin lebih tepatnya sebagai seorang bounty hunter. Dengan Ventress yang menjadi hubungan dengan Quinlan Vos, Ventress kemudian kembali menjadi seorang Jedi, tapi di akhir hidupnya dia tidak 100 persen seorang Jedi juga bukan seorang Sith. Berbeda dengan Ahsoka, Ventress tidak berhasil bertahan hidup dalam peristiwa Clone Wars.

Count Dooku

Sama seperti Ventress, mungkin banyak diantara Geeks yang berpikir bahwa Count Dooku mundur sebagai seorang Jedi untuk kemudian bekerja bagi Dark Side. Tapi, hal tersebut tidaklah akurat. Dalam sebuah deleted scenes dari Attack of the Clones, kita akan mengetahui bahwa Count Dooku merupakan salah satu dari 20 Jedi yang memutuskan untuk mundur sebagai Jedi secara sukarela.

Alasan utama dia mundur sebagai seorang Jedi adalah karena dia meyakini jika pihak Republik sangatlah korup. Dan para Jedi, yang bekerja untuk Republik, menjadi bentuk perwujudan korupsi tersebut. Dua karakter lainnya dari 20 Jedi yang mundur secara sukarela selain Count Dooku adalah Radaki dan Trennis.

Sebagian ada yang kemudian menyebrang ke Dark Side, tapi sebagian lainnya tidak diketahui nasibnya. Dalam buku dan komik Star Wars: The High Republic yang akan dirilis, ada sosok Jedi baru bernama Keeve Trennis. Masih belum diketahui apakah dia termasuk ke dalam 20 Jedi yang mengundurkan diri tersebut.

Kirak Infil’a

Dalam sebuah cerita komik canon Star Wars yang diproduksi oleh Marvel Comics, yaitu Darth Vader: Dark Lord of the Sith, kita diberi tahu tentang sesuatu yang disebut Barash vow atau sumpah Barash. Sumpah tersebut meminta kepada para Jedi untuk dengan sukarela meninggalkan semuanya yang berkaitan dengan Jedi Order. Berdasarkan ceritanya, sudah ada sekitar 14.000 lebih Jedi yang melakukan hal tersebut.

Salah seorang Jedi bernama Kirak Infil’a kemudian mengikuti sumpah tersebut dan akhirnya dia melepaskan diri dari segala hal yang berkaitan dengan Jedi Order. Meskipun Kirak tidak lagi menjadi seorang Jedi, hal itu tidak menghentikan fakta bahwa dia tetap diburu dan dibunuh oleh Darth Vader.

Luke Skywalker

Luke Skywalker memutuskan untuk berhenti menjadi seorang Jedi dalam film The Force Awakens dan The Last Jedi. Masih belum diketahui secara jelas apakah Luke juga mengambil sumpah Barash seperti yang dilakukan oleh 14.000 Jedi lainnya. Yang pasti dia memutuskan koneksinya dengan the Force merupakan sesuatu yang sangat “luar biasa.”

Luke memang kemudian kembali berperan sebagai jedi di akhir sekuel trilogi, tapi masih menjadi perdebatan apakah Luke yang kembali muncul tersebut masih dianggap bagian dari Jedi Order atau tidak. Melalui the Force kemudian Luke melatih Rey untuk menjadi seorang Jedi yang handal dan tangguh.

Obi-Wan Kenobi

Apakah Obi-Wan memang benar-benar bukan seorang Jedi dalam film A New hope? Obi-Wan pernah mengatakan kepada Luke, “ I was once a Jedi Knight the same as your father (aku dulu pernah menjadi seorang ksatria Jedi seperti ayahmu).” Hal tersebut secara kuat memberikan petunjuk bahwa Obi-Wan tidak ingin dirinya dianggap sebagai seorang Jedi lagi. Mungkin juga dia menganggap bahwa dirinya bukan seorang “ksatria Jedi” lagi.

Series Kenobi yang direncanakan akan tayang di Disney Plus bisa memberikan penjelasan mengenai hal tersebut. tapi, ada kemungkinan bahwa seperti Luke dalam film The Last Jedi, Obi-Wan menghabiskan masa pengasingannya di Tatooine dan memutuskan hubungannya dengan the Force.

Leia Organa

Selain Ahsoka Tano, karakter yang populer karena mundur dari tugasnya sebagai seorang Jedi adalah Leia Organa. Leia memang memiliki kemampuan untuk menggunakan the Force, dan di film The Last Jedi dia menggunakan the Force untuk terbang ke tempat yang lain. Bahkan, dia menggunakan the Force untuk bisa bertemu dengan anaknya, Ben Solo, dalam cerita The Rise of Skywalker.

Tapi, berbeda dengan mereka yang ada di daftar ini, ketika Leia memutuskan untuk berhenti menjadi Jedi dia benar-benar berhenti. Dia tidak pernah lagi menggunakan lightsabernya. Alasan Leia untuk tidak menjadi seorang jedi setelah dia melakukan latihan sangatlah unik. Alasan utamanya mundur sebagai Jedi adalah demi melindungi keluarganya.

Leia tidak pernah tertarik untuk ikut bergabung dengan Dark Side ataupun bersembunyi ketika dia sudah memutuskan untuk berhenti menjadi Jedi. Mungkin inilah rahasia terbesar yang ada di film The Rise of Skywalker. Seorang Jedi yang paling kuat dalam cerita Star Wars adalah orang yang juga menciptakan perdamaian. Mantan putri dari Aldeeran, yang kemudian rela melakukan apapun demi mengembalikan kebebasan di galaksi.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.