GREENSCENE.CO.ID – Perkembangan karakter dari Monkey D. Luffy dalam cerita One Piece telah membuat kapten dari bajak laut topi jerami tersebut menjadi salah satu bajak laut yang paling mengerikan di lautan. Berkat kekuatan dari Gomu Gomi no Mi yang dia miliki, Luffy juga berhasil menguasai berbagai gear yang menjadi salah satu senjata andalannya ketika bertarung melawan musuh.

Saat ini, gear yang paling kuat yang dimiliki oleh Luffy adalah gear 4. Gear tersebut berhasil mengalahkan berbagai karakter-karakter kuat di One Piece seperti Doflamingo, Charlotte Cracker, bahkan Charlotte Katakuri, yang dikenal tidak pernah kalah sebelumnya. Tapi, mungkin ada diantara yang belum mengetahui beberapa hal di bawah ini yang berkaitan dengan gear 4 Luffy. Apa saja?

Perkembangannya

Monkey D. Luffy mendapatkan gear 4 setelah dia melakukan latihan yang berat selama dua tahun lamanya di Ruskaina, sebuah pulau yang memiliki 48 musim. Sama seperti pulau-pulau asing lainnya dalam cerita One Piece, Ruksaina juga dipenuhi oleh berbagai hewan buas yang tentunya sangat sulit untuk ditaklukan. Tapi, berkat perkembangan gear 4 yang dia miliki Luffy akhirnya mampu menjadi penguasa pulau tersebut.

Seiring berjalannya waktu, gear 4 Luffy juga semakin meningkat kekuatannya. Bahkan, Luffy sekarang mampu menggunakan banyak kekuatan yang sebelumnya tidak dia kuasai. Dan bisa dipastikan juga, gear 4 Luffy akan semakin kuat lagi seiring berjalannya waktu, terutama dengan adanya ancaman Kaido dan Big Mom di depan mata.

Sistem Kerjanya

Setiap gear yang Luffy lakukan dalam sebuah pertarungan terlihat memiliki peran signifikan dari kekuatan buah Gomu Gomu. Untuk gear 4 sendiri, Luffy benar-benar bergantu pada kekuatan elastisitas dan juga tekanan dari buah Gomu Gomu. Setelah meniupkan angin yang dialirkan ke ototnya, Luffy sekarang mampu untuk menekan kekuatannya tersebut dengan menggunakan Haki Busoshoku.

Hal tersebut memberikan Luffy efek lainnya yaitu tingkat elastisitas yang sangat tinggi dan juga memberikannya kecepatan yang lebih tinggi, lebih gesit, dan juga kekuatan yang lebih besar. Menurut Rayleigh, hal itu meruapakan cara cerdas untuk digunakan melawan musuh dan gear 4 tersebut juga mampu membuat Luffy terbar, yang mana ha tersebut merupakan kelebihan atau keuntungan dari gear 4.

Munculnya Tato di Badan Luffy

Dengan penggunaan Armament Haki dengan jumlah yang besar yang dialirkan kepada tubuhnya demi menghasilkan gear 4, membuat munculnya tato berbentuk tribal atau ukiran di tubuh Luffy. Selain Luffy, beberapa karakter seperti Charlotte Katakuri dan Big Mom juga diperlihatkan memiliki kemampuan untuk mengeluarkan haki tersebut dan terlihat mengeluarkan tato tribal yang sama dengan Luffy.

Meskipun masih belum diketahui apa kekuatan signifikan dari tato tersebut, bisa jadi hal tersebut ada kaitannya dengan kekuatan dari Haki dan buah iblis yang disatukan, atau bisa jadi juga pertanda dimana kekuatan haki melapisi tubuh si penggunanya. Hal tersebut bisa menjelaskan bagaimana tubuh Luffy tetap bisa elastis ketika menggunakan gear 4 terlepas dari dia sudah menggunakan Armament Haki.

Tinggi Gear 4

Ketika menggunakan kekuatan gear 4, hal tersebut juga berpengaruh kepada tinggi badan Luffy. Ketika Luffy berusia 17 tahun, Luffy memiliki tinggi badan sekitar 172 cm. Setelah time-skip, tinggi Luffy diperkirakan naik sekitar 2 cm menjadi 174. Namun, ketika Luffy menggunakan gear 4 tinggi badannya akan sangat berubah dengan pesar, bahkan Luffy terlihat seperti raksasa.

Berdasarkan dari apa yang diperlihatkan di manganya, ketika Luffy menggunakan gear 4 tinggi badannya tumbuh dua kali dari tinggi normalnya, dalam artian tinggi badannya ketika menggunakan gear 4 bisa mencapai kurang lebih 4 meter.

Sistem Metabolismenya

Meskipun untuk masalah metabolisme ini tidak diperlihatkan baik dalam manga ataupun seri animenya, kekuatan buah iblis Gomu Gomu benar-benar menguras kekuatan dalam diri Luffy, dan dengan besarnya kekuatan yang dikeluarkan oleh Luffy artinya ada banyak sekali energi yang dibakar dengan sangat cepat. Sama seperti gear 2, gear 4 membuat Luffy harus membakar banyak energi dalam waktu singkat, seperti terlihat ketika dia bertarung melawan Cracker.

Meskipun Luffy sudah memakan banyak sekali biskuit sampai-sampai dia kewalahan, dengan menggunakan formasi Tankman hal tersebut bisa diserap dengan mudah dan langsung dicerna dalam hitungan menit. Bahkan, Nami pun terkejut melihat bagaimana sistem pencernaan Luffy bisa begitu luar biasa setelah menggunakan kekuatan tersebut.

Kelemahannya

Gear 4 memberikan Luffy kekuatan dan kecepatan yang sangat luar biasa, berkat kompresi atau tekanan dari buah iblis yang dia miliki. Sayangnya, ada kelemehan dari kemampuyan tersebut, terutama ketika Luffy sedang menggunakan form Boundman. Jarak jangkauan Luffy menjadi menurut karena pusat serangannya lebih kepada kekuatan ototnya dibandingkan kelenturan.

Tapi, Luffy tentunya memiliki jawaban dari masalah tersebut dengan form lainnya di gear 4 yaitu Snakeman. Dengan menggunakan form tersebut, Luffy mampu menutupi kekurangan dari form Boundman. Namun, tentu saja Snakeman juga memiliki kelemahan yaitu kekuatan yang tidak sebesar formasi Boundman.

Warnanya

Formasi Boundman memperlihatkan tubuh Luffy yang dilapisi oleh Haki Armament, yang mana hal tersebut membuat tubuh Luffy dilapisi oleh sesuatu berwarna hitam di area yang akan dia gunakan untuk menyerang. Dalam versi animenya, warna hitam dari Haki tersebut diberikan pula sebuah lapisan yang menyala di luarnya. Pada awalnya, Oda sensei memberikan warna yang berbeda dari gear 4 Luffy antara anime dan manganya. Namun, Oda kemudian mengikuti warna dari animenya.

Dalam gambar sampul di Volume 89 manga One Piece, bentuk formasi Snakeman memiliki warna yang sama dengan gear 4 yang ditampilkan di animenya. Masih belum diketahui apakah Boundman juga memiliki warna yang sama di manganya dengan versi anime atau tidak.

Berbagai Formasi

Berbeda dengan gear lainnya yang dimiliki Luffy, gear 4 memiliki beberapa bentuk  yang bisa digunakan dalam berbagai form. Contohnya ketika Luffy bertarung melawan Donquixote Doflamingo, Luffy memperlihatkan salah satu form dari gear 4 yaitu Boundman. Pada awalnya, para fans percaya bahwa Boundman merupakan satu-satunya hal yang bisa dilakukan oleh gear 4.

Namun, hal tersebut kemudian terbukti salah ketika Luffy menggunakan form lainnya ketika menggunakan gear 4 yaitu Tankman ketika dia bertarung menggunakan Charlotte Cracker. Ketika Luffy bertarung melawan Charlotte Katakuri, Luffy menggunakan form baru lainnya dari gear 4 yaitu Snakeman.

Inspirasinya

Menurut Oda Sensei dalam SBS Volume 79 dalam komik One Piece, Gear 4 sendiri terinspirasi dari seorang sosok penjaga dalam ajaran agama Buddha yaitu Nio. Menurut Oda, Luffy mencoba untuk melindungi berbagai hal yang sangat berharga baginya, dan itulah yang menginspirasi Oda untuk membuat Gear 4 berdasarkan sosok penjaga dalam ajaran Buddha.

Sebenarnya, dalam bentuk aslinya Nio menggunakan sebuah benda yang mirip pita yang melingkat di belakang kepalanya, dan hal tersebut juga sepertinya yang menginspirasi Oda untuk menggambar uap yang ada di tubuh Luffy ketika mengakses gear 4. Dari apa yang diperlihatkan, uap yang dikeluarkan ketika Luffy mengakses gear 4 memiliki bentuk yang sama yang melingkar di tubuh Luffy.

Memiliki Soundtrack Sendiri

Luffy mungkin sudah memiliki berbagai form dari tiga gear sebelumnya di series One Piece, namun form yang ada di gear 4 menjadi satu-satunya gear yang memiliki sountrack orisinalnya sendiri yang dikerjakan oleh tim kreatif yang mengerjakan animenya. Nama lagunya sendiri menggambarkan dari form tersebut yaitu ‘Gear Fourth’. Lagu tersebut juga menjadi bagian dari One Piece New World Original Soundtrack.

Sedikit perbedaan versi dari temanya juga ditampilkan ketika Luffy mengakses form Snakeman, saat Luffy bertarung melawan Charlotte katakuri di akhir arc Whole Cake Island. Bisa dibilang bahwa kedua soundtrack original gear 4 tersebut benar-benar sangat luar biasa bagus.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.