Di Marvel Universe, Thor adalah salah satu superhero populer yang terkenal karena kekuatan dewanya. Sebagai salah satu pendiri Avengers dan penerus All-Father Odin di Nine Realm, dia telah berhasil melalui berbagai ujian sekaligus membuktikan kelayakannya. Di mana hal tersebut dia capai dengan menghalau segala macam ancaman dan mengalahkan berbagai supervillain mengerikan. Menariknya, dari sekian banyak villain yang pernah merasakan kekuatannya, ternyata beberapa di antaranya terkenal sebagai musuh yang paling kuat. Berikut sepuluh villain terkuat yang pernah berhasil Thor kalahkan!

BACA JUGA: Marvel: 5 Anak Odin Paling Kuat!

Apocalypse

Karakter yang mempunyai nama asli En Sabah Nur ini adalah salah satu mutan terkuat dalam sejarah Bumi. Di komik Uncanny Avengers #6 (2013), Apocalypse pernah terbukti berhasil membuat sang God of Thunder kewalahan, karena ternyata senjata Jarbjorn miliknya sama sekali tidak bisa menembus armor Celestial milik raja Mesir Kuno tersebut. Untungnya, Thor tidak pernah menyerah, dia kembali ke Asgard hanya untuk melapisi Jarnbjorn dengan darahnya. Pada pertarungan keduanya, Thor akhirnya berhasil membelah bahu Apocalypse setelah menembus armornya dengan Jarnbjorn.

Bor

Jika Odin lebih kuat dari sang God of Thunder, bisa kita bayangkan betapa kuatnya kakek Thor yang bernama Bor. Dalam sejarah Asgardian, Bor adalah penguasa Asgard pertama yang terkenal mempunyai kekuatan fisik yang jauh lebih tangguh dari Odin. Sialnya, Thor ternyata harus berhadapan dengan kakeknya ini di komik Thor #600 (2009). Di mana Loki membebaskannya dari es abadi dan membuatnya mengamuk dengan sihir berserk. Setelah sempat kewalahan, Thor akhirnya terpaksa membunuh Bor dengan segenap kekuatannya, sampai menghancurkan Mjolnir.

BACA JUGA: 10 Karakter yang Pernah Membunuh Superman!

Hela

Dari sekian banyak musuh, Hela adalah salah satunya yang mampu menyiksa Thor dalam berbagai kesempatan. Sang Goddess of Death ini pernah mengutuknya agar tidak bisa pulih dari luka-lukanya. Dan yang lebih parahnya lagi di komik Thor #361 (1985), Hela pernah menyiksanya saat mengunjungi Hel. Berbagai cara Hela lakukan untuk membuat Thor meminta ampun kepadanya. Namun, pada akhirnya sang God of Thunder justru mengancam akan menghancurkan jubah Hela, di mana hal tersebut justru membuat Hela mengakui kekalahannya dan bahkan bersedia untuk membebaskan teman-teman Thor dari Hel.

Surtur

Sementara Thor terkenal sebagai God of Thunder, Surtur adalah raksasa api yang mendapatkan julukan sebagai God of Flame. Dia adalah karakter kunci yang akan menyebabkan kiamat Ragnarok di Asgard. Di komik Mighty Thor #21, Surtur pernah mendeklarasikan perang dengan Nine Realm, di mana hal tersebut membuat Thor bersumpah untuk mengalahkannya. Ketika mereka akhirnya bertemu, sang God of Thunder berhasil menggabungkan kekuatan Mjolnir dan senjata Surtur, Twilight Sword, untuk menusuk rahang bawah Surtur dan membunuhnya.

BACA JUGA: Sony Umumkan Jadwal Rilis Sekuel Ghostbusters: Afterlife!

Midgard Serpent

Midgard Serpent yang mempunyai nama asli Jörmungandr adalah ular raksasa yang konon panjang dan besar tubuhnya mampu meremukan Bumi hanya dalam dua detik. Untuk menghentikan kiamat Bumi tersebut, God of thunder mau tidak mau harus berhadapan dengannya di komik Thor #380 (1987). Meskipun ramalan Asgard menyatakan bahwa dia akan mati saat betarung dengan Jörmungandr, Thor memutuskan untuk tetap pergi mengalahkannya. Pada akhirnya petirnya berhasil merangsek masuk ke tengkorak Jörmungandr dan membunuhnya. Sedangkan sang God of Thunder sendiri harus mati setelah terkena racun Jörmungandr.

1
2